Doa Bangun Tidur Mudah Dihafalkan untuk Amal Kebaikan

Doa Bangun Tidur Mudah Dihafalkan untuk Amal Kebaikan & Kesyukuran
Ilustrasi Doa Bangun Tidur. Foto: Ist/Net

Doa bangun tidur merupakan suatu amal kebaikan yang masih sering kita lupakan. Padahal bisa bangun dari tidur kembali itu merupakan sebuah nikmat yang masih Allah SWT berikan. Oleh karena itu, mengapa kita harus berdoa? Karena itu juga bisa menjadi suatu tanda syukur kita kepada Allah SWT.

Mengapa demikian? Alasannya ya, kehidupan kita ini hanya milik Allah. Kepada-Nya nantinya kita akan kembali, pasti itu. Percaya ataupun tidak, kematian adalah hal yang paling dekat dengan manusia.

Bahkan bisa mengalahkan siapa saja yang Anda cintai di dunia ini. Membaca doa setelah bangun tidur, juga merupakan amal kebaikan yang Rasulullah Muhammad ajarkan.

baca juga: Doa Menghilangkan Penyakit Hati yang Haqiqi Lengkap dengan Arti

Bacaan Doa Bangun Tidur yang Benar dan Bisa Anda Hafalkan

Nyatanya juga meski itu menjadi amal kebaikan yang Baginda Nabi contohkan, akan tetapi masih banyak juga yang lupa ataupun meremehkan.

Padahal doanya juga sangat mudah untuk dihafalkan. Bagi Anda yang masih belum hafal akan tetapi ingin mengamalkan amalan baik ini, berikut ini doa-doanya.

Oh iya, sebelumnya perlu Anda ketahui juga bahwa terdapat beberapa doa yang bisa Anda hafalkan setelah bangun tidur. Akan tetapi, kebanyakan orang menggunakan doa setelah tidur yang pendek dan pastinya mudah untuk Anda bisa menghafalkannya.

baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Arti

Lafadz Doa Setelah Bangun Tidur

Begini doanya:

Doa singkat tersebut biasanya juga sering diajarkan atau biasa Anda dapatkan ketika Anda memasuki usia TPQ.

baca juga: Doa Malam Lailatul Qadr Beserta Arti dan Keutamaan Berdasar Islam

Mengapa Lepas Tidur Harus Berdoa?

Kerap kali pertanyaan mengapa setelah bangun tidur kita harus berdoa? Tidak tahukah apa jawabannya? Astaghfirullah, bukan hanya sebuah rasa syukur, akan tetapi kewajiban.

Doa itu menjadi senjata kuat bagi kaum mukmin atau muslim. Kekuatannya juga mampu menembus Langit ke tujuh untuk sampai kepada Allah.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi doa juga merupakan Awwalul Qiblati Muslimin, sebagaimana dalam QS. Al-Mu’min ayat 60:

Pasalnya, ketika kita tidur itu, kita seperti orang yang mati. Kita tanpa ada sebuah kesadaran dan kita juga tidak tahu kemana perginya ruh yang ada dalam diri kita.

Bukan hal yang aneh juga jika ruh kita itu tidak kembali kepada kita. Hal tersebut terjadi karena ruh yang sudah pergi meninggalkan tubuh itu tidak tahu siapa pemiliknya. Selain menjadi sebuah rasa syukur, doa bangun tidur juga menumbuhkan rasa positif ketika pagi hari.

Sudahkah anda siap untuk menghadap Allah? Pastinya semua orang yang ada di dunia tak pernah ada yang menjawab siap untuk mati.

Nah, dengan kita membaca doa bangun tidur juga bisa mendobrak semangat untuk kita. Semangat untuk melakukan amal kebaikan yang nantinya bisa menjadi bekal ketika di akhirat kelak. Aamiin.

Anjuran Setelah Bangun Tidur

Sebenarnya terdapat beberapa anjuran lain yang bisa kita lakukan dengan hal tersebut juga bernilai pahala. Tidak hanya membaca doa bangun tidur saja, akan tetapi juga ada berdzikir dan memuji Allah serta Rasul.

Dalam agama Islam sendiri, dzikir pada waktu pagi itu juga bisa menjadi amalan rutinan yang menguntungkan. Ada dzikir pagi juga petang, shalawat kepada Nabi dan memuji Allah dengan Asmaul Husna, atau yang lainnya.

Dengan kita bisa rutin mengamalkan untuk membaca doa setelah bangun tidur dan amalan kebaikan lainnya, maka In Syaa Allah, Sang Penentu segala kehidupan hamba manusia akan memberikan kita kemudahan dan selalu menuntut untuk berbuat kebaikan.

Ingat juga ketika hendak tidur jangan lupa untuk melakukan amal kebaikan yang Baginda Nabi Muhammad SAW ajarkan. Mudah bukan untuk menuju ke surganya Allah Ta’alla itu? Namun, bodohnya manusia terkadang memilih yang menyusahkan juga menyesatkan dirinya sendiri. Naudzubillah Mindzalik.

Semoga dengan adanya doa bangun tidur, arti, dan juga keutamaannya tersebut kita semakin dekat dengan Allah dan menjadi hamba yang taat. Allahumma Aamiin. (Muhafid/R6/HR-Online)