Doa Qunut Pendek Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Penjelasan

Doa Qunut Pendek Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Penjelasan
Ilustrasi Doa Qunut Pendek. Foto: Ist/Net

Doa qunut pendek merupakan sebuah amalan yang bisa mendatangkan banyak kebaikan. Pada dasarnya, bacaan doa qunut tidak hanya bisa kita baca ketika sholat Shubuh.

Tetapi juga sering dibaca ketika sholat Witir. Membaca doa qunut pendek ketika sholat Shubuh juga merupakan amalan yang Baginda Nabi Muhammad ajarkan.

Mengenai hal tersebut, terdapat pula Hadits Riwayat Ahmad yang artinya bahwa “Baginda Rasul Muhammad selalu melakukan qunut ketika sholat Subuh sampai beliau meninggal dunia” (HR. Ahmad).

Maa Syaa Allah, sudah kita selalu istiqomah dalam menjalankan suatu amal ibadah? Sungguh, jawabannya hanya ada pada diri kita masing-masing.

baca juga: Doa Menghilangkan Penyakit Hati yang Haqiqi Lengkap dengan Arti

Adakah Doa Qunut Pendek?

Kerap kali pernyataan tersebut menjadi sebuah pertanyaan yang besar. Seperti penjelasan yang terdapat pada bagian awal bahwa pada dasarnya qunut itu tidak hanya berlaku saat kita sholat Shubuh. Akan tetapi, doanya juga sering dibaca ketika sholat Witir.

Selain itu, mengenai bentuk bacaannya juga tidak begitu jauh berbeda. Hal yang menjadi pembeda antara bacaan doa tersebut adalah lafadz ketika melaksanakan munfarid atau berjamaah.

Misalnya begini, saat seseorang itu melaksanakan sholat Shubuh di masjid, sudah pasti ia akan membaca doa qunut pendek dan berkata aamiin, padahal doa ini secara keseluruhan akan dibaca oleh sang imam.

Berbeda dengan ketika kita melaksanakan sholat sendirian, justru kita yang akan membaca lafadz doa tersebut dari awal sampai akhir.

Dengan demikian, doa qunut terkesan mempunyai bacaan yang pendek untuk mereka yang melaksanakan sholat berjamaah dan mempunyai bacaan panjang ketika seseorang melaksanakan sholat munfarid. Sudah jelas bukan mengenai bagaimana penjelasannya?

baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud Mudah untuk Dihafalkan Lengkap dengan Arti

Lafadz Doa Qunut Munfarid

Bagi Anda yang belum hafal dengan lafadz doa qunut pendek, maka mari kita simak dan hafalkan bersama. Supaya kita juga mendapatkan limpahan pahala dari Allah SWT. Allahumma Aamiin.

baca juga: Doa Bangun Tidur Mudah Dihafalkan untuk Amal Kebaikan

Arti Dari Doa Qunut

Arti dari doa qunut pendek tersebut adalah: “Wahai Allah tunjukkanlah kepadaku sebagaimana Engkau telah menunjukkan kepada mereka. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana Engkau memberikan kesehatan kepada mereka. Peliharalah diriku sebagaimana Engkau telah pelihara mereka. Berikanlah keberkahan terhadap semua yang telah Engkau karuniakan. Selamatkanlah aku dari bahaya yang telah Engkau tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang memberi hukuman bukan yang kena hukuman. Sungguh tidak hina bagi orang-orang yang Engkau pimpin. Tidak mulia juga orang-orang yang memusuhi-Mu. Maha Suci wahai Tuhan yang Maha Tinggi. Segala Puji hanya untuk Engkau yang memberi hukuman. Mohon ampun dan bertaubat hanya kepada Engkau. Hanya Engkaulah yang mencurahkan rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, sahabat juga keluarga”.

Kapan Membaca Doa Qunut

Umumnya membaca doa qunut pendek ini setelah kita melakukan gerakan i’tidal ba’da ruku. Selanjutnya menengadahkan tangan ke atas sebelum kita melakukan gerakan sujud.

Perlu Anda ketahui bahwa doa pendek ini para ulama mengatakan memiliki hukum sunnah muakad. Maka dari itu, lebih baik kita kerjakan baik ketika sholat jamaah maupun munfarid.

Makna yang Terdapat dalam Doa

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja makna yang terkandung dalam doa tersebut, berikut ini penjelasannya. Dalam doa tersebut terdapat makna untuk memohon petunjuk kepada Allah atas semua kebaikan juga hidayah. Kemudian mohon untuk diberikan rezeki. Hal ini bisa berupa kesehatan dan perlindungan.

Bukan hanya itu saja, tetapi juga memohon mendapatkan keberkahan hidup, terhindar dari hal-hal yang buruk. Memohon untuk dihindarkan dari berbagai macam penyakit yang jahat.

Bagi Anda yang belum hafal tetapi ingin melakukan amal kebaikan tersebut, semoga penjelasan mengenai doa qunut pendek ini bermanfaat dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)