Ducati Diavel 1260 S Resmi Meluncur, Tema Hitam Menjadi Andalan

Ducati Diavel 1260 S Resmi Meluncur, Tema Hitam Menjadi Andalan
Ilustrasi Ducati Diavel 1260 S. Foto: Ist/Net

Ducati Diavel 1260 S Black and Steel kini telah resmi meluncur. Ducati menambahkan keluarga 1260 untuk tahun 2022 dengan menghadirkan 1260 S 2021 Black and Steel yang baru.

Setelah meluncurkan versinya yang khusus Lamborghini 1260 pada November 2020, ternyata kerja sama dengan perusahaan mobil Sant’Agata Bolognese. Kini Ducati pun memperluas keluarga 1260. Kedatangan sepeda motor baru ini terinspirasi dengan konsep Materico.

Hadirnya Ducati Diavel 1260 S

Motor sport cruiser dengan mesin besar menampilkan livery baru yang tampak mewah. Ducati terinspirasi konsep Materico untuk mengaplikasikannya untuk varian terbaru ini.

Baca Juga : Ducati Multistrada V4, Motor Pertama dengan Teknologi Radar

Model ini telah terpresentasikan pada 2019 pada saat acara “Beautiful Boldness / Visionary Design” selama Milan Design Week. Model ini juga hadir dalam MOARD (Motorcycle Art dan Design). Sebuah pameran yang berlangsung untuk desain kendaraan roda dua.

Desain

Livery Diavel 1260 S Black and Steel menandainya dengan pilihan grafis asimetris dan halus. Livery ini menggabungkan warna abu-abu mengkilap. Tampak warna hitam matt sebagai warna utamanya. Kemudian penambahan sentuhan sporty pada warna kuning untuk rangka sasis.

Selain itu, juga pada bagian buritan dan beberapa bagian motornya. Keluarga Ducati 1260 memang identik dengan inovasi, gaya, dan kinerja. Ducati telah memenangkan ajang penghargaan desain bergengsi internasional. Seperti Red Dot Award serta Good Design Award.

Baca Juga : Ducati Multistrada 950 S Edisi 2020 Hadir dengan Warna Livery Terbaru

Sehingga sangat senang menunjukkan versi baru tersebut ke Milan. Kota ini selalu menjadikan tolok ukur dunia dalam sektor tersebut.

Ducati Diavel 1260 S ciamik. Varian ini merupakan sepeda motor yang tak luput dari perhatian. Ducati telah merancangnya untuk meningkatkan kekuatan, desain, dan sporty.

Mesin

1260 S ini menggabungkan kinerja maxi-naked dengan ergonomi dan kenyamanan penjelajah otot. Basis utamanya motor edisi spesial ini tentunya adalah 1260 S 2021. Jantung motor sport cruiser ini menggunakan mesin Testastretta DVT 1262 cc. Sehingga akan menghasilkan tenaga yang lumayan.

Ducati Diavel 1260 S ini menghasilkan tenaga maksimum mencapai 162 HP pada 9.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimum mencapai 129 Nm pada 7.500 rpm. Motor ini masih menggunakan power train yang tersedia.

Testastretta DVT dual-silinder L-Twin 1.262cc berpendingin cairan. Selain itu, juga menggunakan 4-katup per silinder, termasuk dua busi per silinder. Transmisi 1260 S dengan kopling manual 6-percepatan.

Ban

Motor Ducati ini menggunakan single mono arm dengan ban belakang 240 mm yang khas. Konfigurasi dari Ducati ini menjamin tingkat penanganan.

Pada sudut kemiringan dari Ducati Diavel 1260 S menarik. Pasalnya, sesuai bagi pengendara dan mengkombinasikan dengan tingkat kenyamanan yang baik saat mengaspal. Perjalanan tentu saja akan terasa menyenangkan.

Warna abu-abu dan matte black (hitam kusam) menjadi pilihan warna dominan. Dengan adanya aksen kuning yang menonjol pada bagian rangka motor. Selain itu, juga bagian bawah ekor belakang, pelek, tangki, kowl mesin, dan sadel.

Baca Juga : Lifan Hunter 125, Motor Asal China yang Tiru Desain Ducati Scrambler

Warna kuning pada motor Ducati Diavel 1260 S mengingatkan pada warna model tahun 90-an, 748 SP. Warna tersebut bertujuan untuk membangkitkan gaya sporty dari Ducati ini. Sistem suspensinya menggunakan unit ohlins untuk garpu belakang 48mm.

Sistem ini memperoleh penyetelan sepenuhnya (USD) pada bagian depan. Untuk bagian monoshock pada sisi belakang juga dapat menyesuaikan. Dengan tidak adanya penyetelan baru pada sistem suspensinya dan profil ban.

Tinggi sadel 1260 S menjadi 780mm, sedangkan kapasitas tangkinya 17 liter. Bagian rodanya menggunakan sistem rem cakram lebar 320mm pada sisi depannya. Sedangkan cakram tunggal 265mm belakangnya dengan kaliper Brembo monoblock M50.

Fitur

Selanjutnya, sistem pencahayaan Ducati Diavel 1260 S. Bagian depan dan belakang menggunakan teknologi LED. Bahkan juga memadukannya dengan Daytime Running Lights (DRL). Ducati memiliki fitur kopling anti-selip Assist & Slipper (A&S) dan penggerak rantai.

Hadir secara khusus untuk tenaga akselerasi dalam putaran rendah yang tepat. Penggunaannya untuk perjalanan harian ataupun lakukan sesi jelajah. Sistem Ride-by-Wire mencocokkan tiga mode berkendara, untuk mode naik dan mode daya.

1260 S 2021 Black and Steel bergabung dengan versi S. Hadir dengan warna Thrilling Black & Dark Stealth. Warna ini memiliki tampilan dengan rangka sasisnya merah dan roda hitam. Versi standar juga menyediakan warnanya Dark Stealth dengan rangka sasis dan roda hitam.

Kini Ducati Diavel 1260 S telah resmi meluncur. Motor sport cruiser dengan mesin besar ini menampilkan livery baru yang mewah. Menggabungkan abu-abu mengkilap dan hitam matt sebagai warna utamanya. Tentu penampilannya sangat memanjakan mata. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto