Efek Klep Bocor pada Motor Picu Performa Mesin Menjadi Lemah

Efek Klep Bocor pada Motor Picu Performa Mesin Menjadi Lemah
Ilustrasi Efek Klep Bocor pada Motor. Foto: Ist/Net

Efek klep bocor pada motor akan berpengaruh terhadap kondisi mesin dan menjadikan kendaraan tidak bertenaga. Banyak yang mengartikan klep motor ini sebagai pengaman mesin kendaraan karena perannya yang penting dalam mendukung performa mesin.

Namun komponen ini sepertinya tidak tersedia di setiap jenis motor. Karena ada yang berpendapat jika klep hanya ada di jenis motor 4 tak.

Katup (valve) atau klep adalah tempat gas baru untuk masuk ke ruang bakar atau katup hisap. Lalu juga sebagai tempat keluarnya gas hasil pembakaran dari katup buang.

Nah, agar performa mesin kendaraan tetap prima, maka kerapatan klep ini harus benar-benar terjamin. Karena jika kepala klep tidak rapat dengan dudukannya, bisa berpotensi menimbulkan masalah pada mesin.

Baca Juga : Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Sendiri di Rumah

Salah satu efek yang sering terjadi karena klep pada motor bocor yaitu mesin menjadi tidak bertenaga atau tak berstamina. Hal ini menjadikan tarikan kendaraan menjadi loyo hingga tarikan gas terasa berat. Selain itu, mesin kendaraan juga tidak normal atau lebih panas dari biasanya.

Waspadai Efek Klep Bocor pada Motor

Semakin bertambahnya usia dan seringnya penggunaan kendaraan, sangat mungkin timbul berbagai gejala kerusakan. Entah itu kerusakan yang kecil maupun besar, namun salah satu yang paling sering terjadi adalah bocornya klep mesin. Kebocoran klep pun beragam, ada yang bocor pada bagian klep exhaust ataupun intake, bahkan ausnya ring piston.

Efek dari kerusakan atau kebocoran pada klep motor ini menjadikan mesin semakin tidak bertenaga hingga borosnya penggunaan bahan bakar.

Guna mengetahui kebocoran pada klep mesin motor, biasanya membutuhkan alat compression gauge atau alat untuk mengukur kompresi. Jika setelah pengecekan ternyata klep atau kompresi pada mesin motor mengalami kebocoran, maka harus melepas cylinder head.

Baca Juga : Oli Mesin Motor Bercampur Air, Ini Tanda, Bahaya dan Penanganannya

Pada langkah ini biasanya pihak bengkel akan melakukan skir klep agar rapat kembali dengan dudukannya. Dengan menyekir klep, kompresi pada mesin akan normal lagi serta tarikannya ringan pada mesin. Lalu apa saja kira-kira efek yang bisa kita rasakan saat klep pada motor bocor?

Bocornya Kompresi Mesin

Efek langsung yang bisa kalian rasakan ketika klep pada motor bocor adalah kebocoran yang terjadi pada kompresi mesin. Akibatnya, percampuran antara udara dan bensin tidak optimal hingga menjadikan kendaraan lemah atau tidak bertenaga. Bahkan lebih parahnya, kebocoran ini bisa mengakibatkan motor kalian sama sekali tidak bisa hidup.

Merembesnya Oli Hingga Ke Luar Mesin

Kondisi lain yang menjadi efek dari klep bocor pada motor yaitu oli bisa merembes keluar melalui lubang yang bocor. Akibatnya kuantitas oli pada sebuah mesin semakin berkurang.

Baca Juga : Ciri Kompresi Mesin Motor Bocor dan Cara Pengecekannya

Kondisi seperti bisa menimbulkan terjadinya aus, bahkan lengket pada komponen mesin. Tentu saja permasalahan seperti ini mengakibatkan mesin kendaraan tidak bisa berfungsi dengan optimal, baik keseluruhan atau sebagian.

Busi Cepat Mati dari Sebelumnya

Meskipun busi termasuk salah satu komponen yang sering kalian ganti, namun jika klep pada motor telah bocor, maka efeknya bisa menjadikan busi lebih cepat mati.

Kondisi semacam ini akibat tidak optimalnya percampuran udara dengan bensin di ruang bakar. Sehingga busi sulit mematik gas bakar, akibatnya busi menjadi basah karena terkena campuran bensin yang tidak terbakar.

Permukaan Piston dan Ruang Bakar yang Cepat Kotor

Kondisi klep pada motor yang telah bocor memiliki efek kurang bagus bagi ruang pembakaran. Karena ruang pembakaran ini bisa lebih cepat kotor akibat udara tidak terkontrol hingga mempengaruhi performa mesin pada kendaraan. Tak hanya itu saja, kebocoran ini berpotensi membuat komponen mesin yang lain juga menjadi kotor.

Keluar Asap Putih dari Knalpot

Munculnya asap putih ini bisa terjadi karena oli ikut terbakar saat pembakaran mesin. Hal ini akibat kurang rapatnya kondisi klep dengan dudukannya hingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Apabila kondisi seperti ini tidak segera kalian atasi dengan membawanya ke bengkel, maka bisa mengakibatkan polusi udara.

Untuk itu, demi memastikan kondisi mesin tetap prima, sebaiknya pemilik kendaraan selalu menjaga kerapatan klep. Kalian bisa melakukan tes kompresi untuk mendeteksi klep yang tidak rapat ini. Hal ini penting untuk kalian lakukan mengingat efek yang timbul karena klep pada motor bocor sangat fatal. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto