Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruEksterior Rumah Scandinavian, Pilihan Hunian Unik dan Nyaman

Eksterior Rumah Scandinavian, Pilihan Hunian Unik dan Nyaman

Eksterior rumah scandinavian sebagai desain yang dapat memberikan kesan berbeda. Hal itu karena konsepnya yang tampak simpel. Namun memiliki kejutan dan keunikannya tersendiri. 

Meskipun mempunyai banyak kesamaan dengan konsep dari desain minimalis. Kemudian, desain hunian scandinavian ini sebenarnya mempunyai gaya yang unik tersendiri. Selanjutnya, konsep desain scandinavian ini berasal dari Nordik atau Eropa Timur.

Selain itu juga berasal dari Atlantik Utara pertengahan 1950-an. Lalu, desain scandinavian akan terus berkembang sampai saat ini. Tentunya jadi salah satu dari konsep yang paling banyak peminatnya di dunia.

Memilih Eksterior Rumah Scandinavian

Banyak alasan yang membuat desain scandinavian digemari oleh berbagai kalangan. Untuk itu menjadikan eksterior scandinavian sebagai pilihan hunian. Hunian yang memiliki desain yang unik dan tetap nyaman berikut ini.

Baca Juga: Eksterior Rumah Industrial, Pilihan Hunian Unik dan Menarik

Menghadirkan Kesan Dingin Namun Tetap Hangat

Berasal dari negara-negara dingin seperti negara Swedia, Denmark, dan Norwegia. Kesan dingin menjadikan salah satu ciri dari desain scandinavian. Untuk mewakili rasa dingin tersebut, muncul melalui penggunaan catnya.

Cat yang didominasi dengan warna putih pada bagian dindingnya. Selain itu juga bagian bingkai jendela, pintu, juga furniture scandinavian. Akan tetapi, demi mengurangi dari  kesan dingin yang nantinya akan menjadikan penghuni kurang nyaman.

Maka bisa memberikan sentuhan warna-warna yang lainnya. Seperti warna navy, kuning mustard, dusty pink, dan mint. Kemudian menambahkannya untuk memberikan kesan yang lebih hangat.

Baca Juga: Rumah Minimalis Atap Miring Membuat Eskterior Semakin Sempurna

Desain yang Dapat Mengurangi Stress

Melihat dari penggunaan warnanya yang aman dan nyaman. Dengan pemilihan warna netral dan muted. Eksterior rumah scandinavian dirancang dengan memiliki tujuan. Untuk mengurangi stres penghuni rumahnya. Setelah lelah menjalankan aktivitas di luar rumah.

Warna-warna lembut dan monokrom pada konsep desain scandinavian. Tentunya yang secara psikologis dapat memberikan sinyal. Untuk bisa menghadirkan ketenangan, kepada siapapun yang berada di rumah.

Memilih desain furniture scandinavian dengan tampilan yang sederhana. Dengan demikian tidak membuat mata lelah saat melihatnya. Tampilan kesederhanaan yang melalui berbagai unsur dengan kenyamanan.

Baca Juga: Model Plafon Teras Rumah Bervariasi Membuat Santai Semakin Happy

Sarat Akan Unsur Alam 

Penggunaan unsur alam yang seimbang dan tentunya yang tidak berlebihan. Hal itu salah satu yang menarik dari desain rumah scandinavian. Penggunaan unsur alam yang banyak di antaranya kayu dan batu. Kayu digunakan sebagai material untuk bagian lantainya. Selain itu juga bagian bingkai jendela, pintu, meja, kursi, dan dekorasi ruangan.

Pemanfaatan unsur alam lebih sebagai unsur penyeimbangnya eksterior rumah scandinavian. Meskipun banyak penggunaannya di beberapa bagian ruang. Pengaplikasian unsur kayu dan batu cenderung dengan desain agar tidak terlalu mencolok.

Tentunya yang sering memadukannya dengan material lain dengan porsi yang sesuai. Keberadaan unsur alam pada desain scandinavian ini membuat ruang yang lebih hangat. 

Lebih Ramah Lingkungan

Hubungan dari desain rumah Scandinavian dengan rasa cinta pada lingkungan dan bumi. Hal itu yang bisa terbilang cukup kuat. Desain hunian scandinavian umumnya memakai jendela-jendela yang besar. Bahkan penggunaan bagian pintu kaca pada banyak ruangan.

Hal tersebut untuk memberikan akses sinar matahari untuk masuk ke dalam ruangannya. Ini berarti penggunaan lampu di siang hari dapat seminimal mungkin. Hal tersebut akan memberikan dampak penghematan energinya yang besar. Apabila melakukannya secara rutin atau bahkan bertahun-tahun. Selama sang penghuni rumahnya menempati rumah tersebut. 

Tidak hanya itu, ada satu lagi unsur dekorasi yang tepat eksterior rumah scandinavian. Keberadaan tanaman yang akan menjadi penyegar saat sedang penat. Selain itu juga memberikan penghijauan untuk area tempat tinggal masa kini.

Memiliki Sentuhan Warna-Warna yang Nyaman

Serupa dengan konsep rumah minimalis yang menggunakan palet warna netral. Untuk hampir keseluruhan bagian ruang desain rumah scandinavian. Tentunya yang juga mendominasi oleh penggunaan warna-warna netral. Seperti putih, abu-abu, tan, dan krem

Uniknya, ada penggunaan beberapa warnanya pada desain ini. Namun yang tidak akan menemukan pada konsep desain minimalis. Desain scandinavian lebih berani menggunakan warnanya. Tidak hanya memilih warna-warna netral, namun tetap bermain aman. 

Eksterior rumah scandinavian yang bisa menjadikan pilihan hunian Anda. Untuk memberikan kesan berbeda dengan konsepnya yang tampak simpel. Hunian yang memiliki desain unik dan tetap nyaman. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img