Fitur Digital Wellbeing Android, Ketahui Manfaat dan Cara Pakainya!

Fitur Digital Wellbeing Android
Ilustrasi Fitur Digital Wellbeing Android . Foto: Ist/Net

Fitur Digital Wellbeing Android merupakan fitur kesehatan digital buatan Google. Digital Wellbeing dapat Anda temukan pada smartphone dengan Android Pie atau yang lebih baru. Fitur ini memiliki beragam manfaat dalam penggunaannya.

Pada umumnya, fitur ini akan menampilkan data grafik mengenai aplikasi yang paling lama Anda pergunakan, jumlah notifikasi yang telah Anda terima, dan beberapa kali Anda membuka perangkat.

Fitur menarik ini adalah proyek yang dikembangkan oleh Google bersama dengan para pengembang aplikasi. Keduanya menciptakan ide serta alat yang membantu seseorang dalam menemukan keseimbangan yang lebih baik saat menggunakan teknologi.

Dengan kata lain, berbagai produk eksperimen tersebut memungkinkan untuk mengontrol penggunaan gawai. Lalu membatasi para penggunanya supaya tidak adiktif atau kecanduan dalam menggunakan gawai.

Mengenal Fitur Digital Wellbeing Android

Smartphone serta berbagai jenis gadget lainnya secara tidak langsung telah mengubah cara hidup seseorang. Perangkat tersebut dapat memberikan dampak positif dan negatif.

Terdapat banyak sekali dampak negatif dari penggunaan smartphone yang salah. Hal inilah yang mendasari Google dalam menghadirkan fitur kesehatan digital pada sistem operasi Android.

Google melalui Android 9.0 Pie ingin mengubah adanya diksi yang membayangi para pengguna. Dengan meluncurkan fitur ini, untuk menyeimbangkan aktivitas smartphone dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu seperti apakah fitur Digital Wellbeing serta bagaimana implementasinya pada Android 9.0 Pie? Berikut ini penjelasan singkat mengenai beberapa produk dari Digital Wellbeing Android, antara lain:

Memperkaya Fitur Tanpa Tambahan Distraksi

Hadirnya Android 9.0 Pie adalah awal dari penerapan Digital Wellbeing Android yang mengiringi beragam deretan pembaharuan lainnya.

Dalam hal ini, Google menyebut fitur Digital Wellbeing Android sebagai penyeimbang dari distraksi. Tak bisa Anda pungkiri bahwa memang sering datang dari smartphone serta ragam aplikasinya. Tak lain, dengan menaruh pengukur durasi penggunaan aplikasi secara individual.

Screen Time

Fitur Digital Wellbeing Android selanjutnya adalah Screen Time. Melalui fitur lanjutan tersebut, para pengguna akan dapat melihat lamanya waktu pemakaian aplikasi tertentu.

Melalui data yang telah tampil, maka Anda akan mengetahui aplikasi mana yang banyak menyita waktu. Lamanya penggunaan aplikasi tertentu akan memberikan dampak yang cukup beragam bagi pengguna.

Sebagai contoh, dengan menatap layar smartphone yang terlalu lama, maka pengguna akan merasa pusing atau pandangan kabur. Bersama fitur ini, pengguna juga dapat mengatur waktu maksimal Screen Time dari penggunaan ponsel.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengetuk Screen Time Goal, kemudian menentukan lama waktu penggunaan ponsel secara aktif. Waktu yang Anda masukkan adalah waktu akumulasinya untuk penggunaan sekitar satu hari penuh.

Kemudian melalui Fitur Digital Wellbeing Android ini, apabila waktu tersebut sudah tercapai, maka pengguna akan memperoleh notifikasi yang berupa perintah untuk istirahat sementara dari penggunaan ponsel tersebut.

Screen Unlock

Selain dapat mengatur lamanya layar ponsel menyala, pengguna juga bisa atur dari sisi banyaknya ponsel yang terbuka. Hal ini menjadi lebih sederhana daripada mengatur lamanya waktu layar menyala.

Selain itu, pengguna juga dapat mengatur banyaknya membuka smartphone dalam setiap harinya. Selanjutnya perintah lainnya akan sama seperti keterangan pada fitur sebelumnya.

Memahami Kebiasaan Smartphone yang Digunakan

Fitur yang terdapat pada Android 9.0 Pie menghadirkan adanya satu laman pada Setting yang melampirkan adanya informasi lengkap mengenai kebiasaan smartphone yang Anda gunakan.

Hal ini meliputi penggunaan aplikasi secara individual, jumlah total notifikasi yang hadir dalam satu hari, serta beberapa kali smartphone unlock.

Fitur Digital Wellbeing Android selanjutnya akan berintegrasi dengan beragam aplikasi Google serta aplikasi pihak ketiga. Hal ini untuk melakukan estimasi waktu yang telah pengguna habiskan. Lalu memberi opsi pembatasan akses yang dapat mereka setel melalui Dashboard pada fitur.

App Timer

Secara lebih lanjut, fitur ini juga mengatur secara spesifik waktu untuk mengakses aplikasi tertentu. Setelah terdapat laporan pada pembukaan fitur, maka pengguna dapat mengatur untuk membatasi aplikasi mana yang perlu pembatasan dalam proses aksesnya.

Fitur lain yang melengkapi fitur Digital Wellbeing Android antara lain Focus Mode yang terdiri dari Work Time serta Me Time. Ada juga fitur Wind Down dalam mengatur penyesuaian HP menuju waktu tidur penggunanya.