Fitur Flash Call WhatsApp, Simak Cara Kerja dan Fungsinya

Fitur Flash Call WhatsApp, Simak Cara Kerja dan Fungsinya
Ilustrasi Fitur Flash Call WhatsApp. Foto: Ist/Net

Fitur Flash Call WhatsApp dapat membantu para pengguna untuk masuk ke dalam akun mereka secara lebih cepat. Pada saat pengguna coba masuk ke WhatsApp, maka kode 6 digit akan terkirim ke ponsel mereka dalam proses verifikasi.

Dalam hal ini, terdapat metode alternatif terbaru yang nantinya WhatsApp akan menelepon secara langsung para pengguna untuk melakukan verifikasi. Melalui fitur ini, memungkinkan para pengguna untuk masuk secara lebih cepat daripada melalui proses verifikasi SMS.

Fitur terbaru WhatsApp ini hadir dengan memperoleh dukungan multi-device, di mana pengguna dapat masuk secara bersamaan.

Baca Juga: Cara Menyadap Whatsapp Tanpa Meminjam HP

Apa Itu Fitur Flash Call WhatsApp?

Aplikasi WhatsApp memang tidak pernah ada hentinya dalam memberikan pembaharuan baru para penggunanya. Menurut info terbaru, aplikasi ini tengah mengembangkan adanya fitur baru yang bernama Flash Call.

Flash Call WhatsApp merupakan fitur keamanan baru yang hadir untuk mengidentifikasi nomor telepon para pengguna aplikasi ini. Dengan Flash Call, memungkinkan pengguna untuk verifikasi nomor telepon dengan otomatis pada saat mencoba masuk ke aplikasi WhatsApp. 

Melalui proses pengembangan fitur terbaru ini, WhatsApp akan melakukan panggilan secara kilat kepada pengguna sebagai tujuan verifikasi.

Cara Kerja Fitur Flash Call WhatsApp

Sesuai dengan laporan WABetaInfo yang menyatakan bahwa WhatsApp dengan Flash Call telah melakukan uji coba pada versibeta 2.21.11.7. Cara kerja dari fitur ini adalah WhatsApp akan minta izin baru bagi para pengguna untuk akses log panggilan ponsel.

Tips ini pada umumnya merupakan notifikasi serta pengguna menjawab dengan ketikkan nomor telepon yang mereka gunakan. Dengan menggunakan fitur terbaru dari aplikasi besutan WhatsApp ini, akan memanggil nomor telepon pengguna. Secara otomatis akan mengakhirinya, memeriksa apakah terdapat pada log panggilan.

Selanjutnya akan memverifikasi bahwa nomor telepon terakhir pada log telepon sama dengan nomor yang memberi pengguna kode 6 digit tersebut.

Seperti yang nampak pada tangkapan layar yang beredar, WhatsApp hanya mengunakan izin ini satu kali untuk proses konfirmasi bahwa pengguna telah menerima panggilan. Hal ini tidak akan mereka gunakan untuk tujuan lain serta merupakan fitur opsional.

Bahkan pengguna juga bisa memutuskan untuk tak menggunakan panggilan kilat serta menjawab panggilan verifikasi tersebut secara normal. Hal ini dapat mereka lakukan dengan memilih “Jangan Sekarang”.

Nomor telepon yang digunakan pun selalu berbeda, maka tidak ada cara untuk menipu melalui metode ini. Pihak WhatsApp pun memastikan pengalaman ini cukup aman bagi para pengguna. Dalam hal ini, WhatsApp tidak akan mengunakan riwayat panggilan Anda untuk tujuan lain.

Baca Juga: Mode Menghilang untuk Ponsel Akan Rilis, Terobosan Baru dari WhatsApp

Adanya Fitur Flash Call WhatsApp Bisa Cegah Peretasan Akun

Fitur terbaru WhatsApp ini bekerja dengan cara memverifikasi nomor telepon pengguna apabila pihak pengguna akan login ke aplikasi. Akan tetapi, pengguna harus mengizinkan aplikasi untuk mengakses log telepon mereka.

Selanjutnya, WhatsApp secara otomatis akan memverifikasi apabila mereka telah menerima pengguna untuk memberikan akses ke akun sendiri. Sesuai dengan rumor yang beredar, fitur Flash Call WhatsApp akan tersedia dalam bentuk opsional.

Artinya, para pengguna memilih apakah akan mengaktifkan Flash Call dengan mengizinkan aplikasi untuk mengakses log panggilan atau tidak sama sekali. Seperti yang kita ketahui, akun WhatsApp dapat dibobol dengan cara menuliskan verifikasi enam digit yang telah pengguna terima sebelumnya.

Akan tetapi dari beberapa kasus bobol akun dapat terjadi melalui seseorang yang hubungi pengguna asli untuk minta nomor OTP serta mengaku dari pihak perusahaan.

Parahnya lagi, pembobol akan mengancam pengguna asli agar memberikan kode OTP ini dengan dalih akunnya akan terhapus apabila tidak mereka serahkan. Maka dengan hadirnya fitur Flash Call WhatsApp ini, membuat aplikasinya lebih aman karena diverifikasi melalui telepon langsung dari perusahaan.

Penting untuk Anda ingat, apabila pengguna akan menggunakannya, maka akan memberikan izin kepada WhatsApp untuk dapat membawa riwayat panggilan yang terdapat pada perangkat Anda.

Hingga saat ini, fitur Flash Call WhatsApp ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga masih memerlukan waktu untuk mencapai versi Vinal WhatsApp. Metode ini tentunya lebih nyaman dan lebih cepat daripada menggunakan verifikasi lewat pesan SMS. (R10/HR Online)

Editor: Jujang