Gangguan pada Ginjal Akan Picu Penyakit Berbahaya, Waspadalah!

gangguan pada ginjal
Ragam bentuk gangguan pada ginjal. Foto: Ist/Net

Gangguan pada ginjal akan menyebabkan banyak fungsinya yang penting dala tubuh akan ikut terganggu. Kondisi ini tidak saja akan menyebabkan terganggunya organ tubuh lainnya namun juga bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Ginjal adalah salah satu organ yang sangat vital dalam tubuh. Organ yang berbentuk seperti kacang ini, menurut Wikipedia, memiliki tugas dalam proses ekskresi yang sangat penting.

Fungsi ginjal antara lain untuk menyaring darah, produk limbah, mengatur kadar pH, garam serta kalium dalam tubuh.

Beberapa akibat yang mungkin timbul akibat tidak optimalnya ginjal antara lain tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk dipompa ke paru – paru dan seluruh tubuh lainnya.

Penyakit Akibat Gangguan pada Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting karena berpengaruh terhadap fungsi organ tubuh lainnya. Terganggunya fungsi ginjal akan memicu berbagai penyakit sehingga mudah muncul.

Ada banyak jenis gangguan atau penyakit yang menyerang ginjal. Berikut kami uraikan beberapa penyakit yang bisa terjadi akibat gangguan pada ginjal. Mengenal gangguan ini penting untuk mencegahan dan penanganan yang tepat.

Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu jenis penyakit ginjal yang terjadi ketika mineral dan zat lain di dalam darah mengalami penumpukan atau pengkristalan sehingga akan terbentuk massa seperti batuan di  dalam organ ginjal.

Biasanya batu ginjal ditandai dengan gejala sakit pada bagian punggung atau pinggang, kencing yang terasa sakit dan tertekan, air kencing yang berwarna keruh atau bahkan berdarah.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi batu ginjal adalah ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy. ESWL adalah suatu proses pemecahan batu ginjal dengan memanfaatkan gelombang suara yang memiliki frekuensi tinggi.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih juga merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat gangguan pada ginjal. Penyakit ini timbul ketika organ dalam sistem kemih (ginjal, ureter, uretra dan kandung kemih) mengalami infeksi.

Infeksi saluran kemih lebih sering menyerang wanita ketimbang pria. Ketika ISK terjadi, ada beberapa gejala yang biasanya muncul seperti nyeri panggul atau nyeri ketika sedang buang air kecil, demam, mual dan sakit punggung.

Kondisi infeksi saluran kemih bisa terjadi karena infeksi bakteri yang menyerang sistem saluran kemih. Namun tenang saja karena kondisi ini biasanya tidak berlangsung lama dan tidak menimbulkan dampak lanjutan pada penderita.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menangani kondisi infeksi saluran kemih adalah dengan mengonsumsi obat antibiotik dengan resep dari dokter.

Penyakit Ginjal Kronis

Ketika ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, lama kelamaan penyakit ginjal kronis akan terjadi. Mereka yang mengalami tekanan darah tinggi dalam jangka waktu yang lama sangat berpotensi mengalami penyakit gangguan pada ginjal ini.

Hal tersebut terjadi karena tekanan darah tinggi atau hipertensi beresiko terhadap meningkatnya tekanan pada glomeruli. Glomeruli sendiri merupakan pembuluh darah kecil yang terdapat di organ ginjal yang fungsinya untuk membersihkan darah.

Ketika glomeruli mengalami tekanan berlebih, maka fungsi ginjal akan terganggu dan lama kelamaan akan semakin buruk sehingga ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya. Jika kondisi ini terjadi, dialisis perlu kita lakukan sebagai salah satu cara mengatasinya.

Dialisis adalah suatu proses difusi atau perpindahan molekul terlarut dari suatu larutan pada membrane semi permeable. Namun proses dialisis untuk mengatasi penyakit ginjal kronis merupakan metode pengobatan yang hanya dapat meringankan namun tidak menyembuhkan.

Kelainan Genetik Polikistik

Jenis gangguan pada ginjal lainnya adalah berupa kelainan genetik polikistik. Kelainan genetik ini merupakan suatu kondisi serius yang dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Seseorang yang mengalami polikistik, bentuk dan ukuran ginjalnya akan berubah. Hal inilah yang menyebabakan fungsi organ vital ini pun akan bermasalah.

Beberapa tanda seseorang yang mengalami kelainan genetik polikistik adalah kesulitan buang air kecil, sering terjadi bengkak pada perut, perut sering terasa begah, dan kram otot.

Jika terjadi tanda  atau gejala semacam ini yang timbul atau anda rasakan berulang-ulang, sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

Itulah beberapa jenis gangguan pada ginjal yang harus kita ketahui dan waspadai. Jika anda merasakan gejalanya, segera dapatkan penanganan secara tepat sesegera mungkin dan pastikan untuk selalu menjaga kesehatan Anda.