Ganti Launcher HP Android, Beri Tampilan Home Screen Lebih Menarik

ganti launcher HP Android
Ilustrasi ganti launcher HP Android. Foto: Ist/Net

Ganti launcher HP Android dapat menjadi solusi bagi para pengguna Android yang merasa bosan dengan tampilan bawaan smartphone miliknya.

Sebenarnya banyak alasan mengapa pengguna Android ingin mengganti launcher. Bosan serta kurang nyaman karena launcher default (bawaan) HP Android dapat menjadi alasan utama.

Peluncur atau launcher secara umum merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan home screen atau halaman depan perangkat Android. Lalu sekumpulan ikon yang terdapat di dalam halaman menu aplikasi (apps drawer) pada sebuah perangkat Android.

Launcher adalah salah satu bagian dari User Interface perangkat Android yang menjadikan tampilan HP lebih menarik dengan beragam fitur yang dimiliki.

Baca Juga: Aplikasi Cleaner Android Terbaik Tanpa Iklan, Berikut Rekomendasinya!

Cara Ganti Launcher HP Android

Launcher merupakan salah satu aplikasi Android yang menyediakan beragam efek perubah tampilan serta menu. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengubah tampilan serta menu Android sesuai dengan yang diinginkan.

Selain itu, launcher sendiri tidak hanya berhubungan dengan keindahan saja, tetapi juga dapat menambah fungsionalitas dari home screen serta halaman menu aplikasi.

Oleh karena itu, masing-masing launcher mempunyai fitur yang cukup berbeda. Sebagai contoh kemampuan menyembunyikan serta mengunci aplikasi. Lalu ada kemampuan untuk menginstall icon pack dari pihak ketiga.

Dengan menggunakan launcher, para pengguna Android dapat memiliki smartphone yang sangat mirip dengan Evie Launcher, Microsoft Launcher, atau yang lainnya. Akan tetapi untuk dapat mengganti launcher tersebut, maka pengguna terlebih dahulu harus mendownload launcher tersebut.

Berikut ini beberapa cara ganti peluncur HP Android, antara lain:

Cara Ganti Launcher Bawaan pada HP Android

  1. Langkah pertama, Anda harus download terlebih dulu launcher yang Anda inginkan pada Playstore.
  2. Selanjutnya masuk ke pengaturan pada Android yang Anda gunakan
  3. Pilih pada menu Aplikasi Terinstall lalu klik ikon 3 titik pada kanan atas, kemudian pilih aplikasi awal. Masing-masing Android letak pengaturannya berbeda-beda.
  4. Pada layar tampilan berikutnya, klik menu Peluncur kemudian pilih peluncur/launcher yang telah Anda download sebelumnya di Playstore.

Cara ganti peluncur HP Android dengan langkah-langkah ini pun selesai, Anda telah berhasil mengganti launcher atau peluncur pada HP Android yang Anda miliki.

Cara Ganti Launcher HP Android dengan Aplikasi Microsoft Launcher

  1. Langkah pertama download aplikasi Microsoft Launcher
  2. Kemudian setelah membuka aplikasi Microsoft Launcher, pilih wallpaper yang Anda inginkan.
  3. Berikutnya, apabila Anda telah memilih wallpaper yang Anda inginkan, maka sekarang Anda perlu memasukkan akun Microsoft pada kolom yang telah tersedia.
  4. Langkah berikutnya untuk ganti launcher HP Android dengan aplikasi Microsoft Launcher adalah Anda dapat memilih aplikasi yang Anda inginkan untuk masuk ke halaman home screen.
  5. Apabila telah mengikuti beberapa arahan di atas, maka sekarang launcher bawaan Anda terganti menjadi Microsoft Launcher.

Ganti Launcher dari Halaman Setting HP

Cara selanjutnya untuk ganti launcher HP adalah melalui halaman settings HP. Akan tetapi jika Anda akan menggunakan cara satu ini, untuk masing-masing merek HP memiliki langkah-langkah yang berbeda sesuai dengan HP yang Anda miliki.

Baca Juga: Aplikasi Video Apple Face Time Hadir dengan Beragam Fitur Menarik

Cara Setup Launcher HP Android

Seperti yang telah terungkap sebelumnya bahwa setiap launcher mempunyai fitur masing-masing. Setelah mengetahui cara ganti launcher HP Android, tentu Anda juga ingin mengetahui beragam fitur yang ada pada launcher tersebut. Adapun langkah untuk melihat fitur apa saja dan bagaimana cara menerapkannya antara lain:

  1. Pada halaman layar beranda atau home screen, tekan agak lama lama hingga muncul jendela “Settings atau Home Settings”.
  2. Berikutnya klik setting atau home screen Setting untuk masuk ke halaman Setting dari launcher yang baru Anda gunakan.
  3. Kemudian pilih opsi Pengaturan Launcher untuk menerapkan berbagai fitur yang ada dalam launcher tersebut.

Setelah Anda berhasil mengganti peluncurnya atau launcher dalam HP Android, namun Anda masih kurang nyaman serta ingin mengganti ke peluncur bawaan, maka Anda cukup mengulang langkah-langkah di atas. Pilih launcher sistem atau bawaan. Selanjutnya launcher akan kembali seperti semula.

Beberapa cara ganti launcher HP Android di atas dapat Anda ikuti. Dengan demikian, Anda pun dapat menampilkan berbagai icon aplikasi lain sesuai dengan yang Anda inginkan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang