Gejala Awal Tumor Otak, Waspadai Sebelum Menjadi Kanker

gejala awal tumor otak
Deteksi dini gejala awal tumor otak sangat penting. Foto: Ist/Net

Mengenal gejala awal tumor otak sangat penting. Terganggunya fungsi otak bisa menimbulkan dampak yang sangat fatal karena bisa merusak saraf otak. Namun, tak jarang kanker otak sering kita anggap sakit kepala biasa.

Tumor otak, mengutip dari laman Smarter Health, tumbuhnya sel-sel yang tidak normal dalam jaringan otak. Namun, ada tumor jenis yang jinak maupun yang ganas. Jenis tumor ganas inilah yang bisa menyebabkan kanker otak.

Untuk jenis kanker otak merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang sangat mematikan. Hal ini karena gangguan ini dapat menggerogoti otak dan menjalar ke seluruh tubuh.

Sehingga tak heran jika jenis penyakit ini bisa mengancam nyawa, meskipun bermula hanya dari gejala biasa yang bersifat umum. Mendeteksi lebih awal dapat meningkatkan efektivitas penanganan terhadap potensi kanker otak.

Penanganan yang cepat sejak dini penting agar tidak berkembang menjadi lebih parah atau menjadi penyakit yang lebih serius.

Adapun cara terbaik menangani tumor adalah dengan melakukan pencegahan sejak dini. Baik terhadap penyakit yang telah terjadi maupun yang mungkin berkembang dalam tubuh.

Baca Juga : Makanan Penyebab Tumor Otak Ini Perlu Anda Waspadai!

Kenali Gejala Awal Tumor Otak

Tidak mudah mengenali gejala awal serangan tumor jenis ini. Dalam banyak kasus, tanda yang ada sering lebih mirip dengan sakit kepala yang memang sering kita alami.

Meskipun demikian, sebagian besar gejala kanker dapat bersifat sukar kita deteksi. Karena itulah, luangkan waktu untuk memeriksakan gejala-gejala yang ada. Nah, inilah beberapa gejala awal tumor otak yang perlu anda waspadai.

Kelelahan yang Tidak Kunjung Reda

Mungkin anda selalu merasa lelah meskipun sudah beristirahat secukupnya. Gejala ini juga bisa merupakan gejala kanker. Terutama jika disertai gejala lain seperti keluarnya darah pada tinja.

Kelelahan yang muncul tak kunjung reda dapat menjadi tanda bahwa kanker sedang berkembang. Sebaiknya rasa lelah tersebut harus segera anda atasi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Setidaknya ini akan menumbuhkan energi dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Sarang Semut yang Ampuh Hancurkan Tumor

Rasa Sakit pada Bagian Tubuh Tertentu

Rasa nyeri pada tubuh lain dapat menjadi pertanda bahwa kanker telah menyebar ke bagian lain tubuh. Adapun sakit kepala yang terjadi secara terus menerus dapat menjadi salah satu gejala awal tumor otak.

Apalagi adanya rasa sakit yang sangat hebat pada bagian kepala. Kondisi sakit kepala ini merupakan salah satu keluhan dengan rasa sakit yang sangat. Selain itu, intensitasnya juga sangat sering, dan biasanya merupakan salah satu jenis sakit kepala yang berkelanjutan.

Jika anda mengalami sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Sementara itu jika timbul nyeri pada bagian punggung bisa merupakan gejala kanker ovarium, kanker usus, atau kanker dubur. Namun nyeri sendi atau otot yang tidak kunjung hilang juga perlu anda waspadai.

Berat Badan Turun Drastis

Penurunan berat badan hingga 4,5 kilogram atau lebih dalam waktu singkat juga perlu kita waspadai. Apalagi jika hal ini tanpa sebab yang jelas sehingga dapat menjadi indikasi salah satu pertanda adanya penyakit yang berbahaya.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Meningitis, Gejala, Cara Mencegah dan Mengatasinya

Gejala awal tumor otak biasanya akan menimbulkan penurunan berat badan secara drastis tanpa usaha apapun. Hal semacam ini berlaku juga pada penderita kanker pankreas, kanker perut, dan kanker paru-paru.

Mengalami Kejang-kejang

Aktivitas motorik otak yang tidak normal juga bisa merupakan tanda adanya risiko serangan kanker otak ini. Ini merupakan salah satu yang bisa menyebabkan anda akan kerap mengalami kejang-kejang hingga tidak sadarkan diri.

Setelah mengalami kondisi kejang-kejang, anda biasanya akan merasakan beberapa gejala lanjutan. Seperti timbulnya sakit kepala, hingga rasa nyeri pada bagian otot-ototnya.

Perubahan pada Kulit

Gejala awal tumor otak selanjutnya adalah perubahan pada warna, ukuran dan bentuk tahi lalat. Bisa juga berupa adanya perubahan pada permukaan kulit pada bagian tubuh lainnya.

Sejumlah perubahan tersebut bisa berupa tumbuhnya rambut secara berlebihan. Kemudian, warna kulit jadi terlihat lebih gelap atau hiperpigmentasi, mata dan kulit menjadi kekuningan, sampai gatal-gatal.

Benjolan pada kulit yang tidak kunjung hilang juga harus kita waspadai. Perubahan pada kelenjar getah bening yang disertai adanya benjolan, juga hal yang umum saat terjadinya infeksi.

Berbagai perubahan tersebut dapat menjadi indikasi awal adanya limfoma ataupun leukemia. Namun, untuk memastikannya sebaiknya segera memeriksakan ke dokter.

Itulah beberapa gejala awal tumor otak yang perlu kita kenali dan waspadai. Deteksi sejak awal gangguan ini bisa membantu mencegah dampak penyakit menjadi lebih serius. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikannya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah