Google Photo Tak Lagi Gratis Untuk Pengguna

Google Photo Tak Lagi Gratis Untuk Pengguna
Google Photo Tak Lagi Gratis Untuk Pengguna

Google Photo merupakan salah satu fitur yang kerap pengguna ponsel pintar gunakan. Tentu saja akan ada banyak kegunaan fitur ini untuk para pengguna.

Khususnya untuk anda yang mempunyai banyak kenangan dan mengenangnya dalam bentuk foto. Fitur dari Google ini memungkinan user menyimpan banyak foto tanpa khawatir kehilangan kenangan mereka. Pada awalnya fitur ini tersemat di setiap ponsel pengguna dapat mereka akses secara gratis.

Sehingga tak heran banyak orang menggunakan fitur tersebut untuk berbagai keperluan. Akan tetapi mulai hari ini tanggal 1 Juni 2021 fitur Google photo tak lagi gratis alias mulai berbayar. Untuk informasi selengkapnya mengenai peraturan baru tersebut bisa anda simak di bawah ini.

Apa Itu Google Photo?

Konferensi yang Google lakukan pada tahun 2015 silam, merupakan ajang perkenalan versi android terbaru yakni M. Namun kala itu, mereka tak hanya memperkenalkan versi terbaru namun juga perkenalan fitur Google Photo.

Adapun Google Photo ini merupakan sebuah aplikasi penyimpanan secara daring. Basis dalam aplikasi ini merupakan awan atau terkenal dengan cloud. Hal yang menarik, aplikasi besutan Google itu menawarkan bermacam fungsi dengan penggunannya mudah. Sehingga membuat layanan tersebut bak tersedia apa pun.

Tiap foto yang pengguna simpan dalam ponsel pintar, secara otomatis pindah ke cloud. Tak hanya itu, pengguna langsung dapat mengaksesnya lewat berbagai gadget. Asalkan menggunakan akun sama setelah aplikasi ini terpasang dalam ponsel.

Pengguna pun tidak perlu mengkhawatirkan mengenai kapasitas untuk memuat semua foto di dalamnya. Sebab Google memberikan bentuk kapasitas yang tiada ada batasan. Tetapi terdapat syarat mengenai unggahan dalam Google Photos.

Yakni tiap foto yang pengguna unggah dalam aplikasi ini harus mempunyai resolusi maksimal 16 megapikse. Tak hanya foto saja, pengguna juga bisa memasukan video. Akan tetapi video tersebut harus bereolusi 1080 piksel.

Selain melakukan penyimpanan foto, pengguna juga bisa membuat album, kisah maupun film sampai edit di Google Photo. Fitur editing di dalamnya dapat pengguna gunakan guna membuat film sederhana dan lagu pada latar belakang.

Menggunakan Fitur Foto Di Google

Bagi sejumlah pengguna ponsel pintar android pasti tidak asing lagi dengan aplikasi bawaan bernama Google Photo. Namun faktanya masih banyak orang belum mengetahui fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut.

Berbeda dengan aplikasi bernama Gallery yang tersemat fitur rata-rata, rupanya layanan milik Google ini terdapat fitur mengesankan. Pertama adalah keberadaan layanan unlimited backup. Salah satu permasalahan jika kamera dalam ponsel tergolong canggih yaitu ukurannya kian besar.

Dampaknya berupa memori di dalamnya kian cepat habis. Akan tetapi hal ini tidak akan dijumpai dalam fitur milik google. Pengguna bisa memilih opsi sinkronisasi atau backup ke cloud. Kalau memilih ukuran asli, foto pun masuk ke perhitungan penyimpanan Google Drive.

Fitur selanjutnya dalam aplikasi bawaan Google ini adalah membagikan album sekaligus. Layanan ini bernama Album Sharing. Untuk menggunakannya cukup sederhana. Anda tinggal memilih foto yang hendak dibagikan.

Kemudian buatkah sharing link dan mulai mengirimkan kepada tujuan. Fitur keren yang ada dalam aplikasi foto milik Google ini yaitu pencarian. Pengguna bisa mudah mencari banyak foto yang sebelumnya sudah terbackup berdasarkan keyword sesuai.

Meskipun pada dasarnya adalah aplikasi galeri, layanan ini mempunyai alat untuk edit foto berfitur cukup lengkap. Pengguna bisa menambah filter, pengaturan cahaya juga warna ataupun rotate serta cropping.

Masih ada banyak lagi  fitur menarik dalam Google Photo yang bisa anda temukan kala membukanya secara langsung.

Menyembunyikan Foto Kenangan Dalam Fitur Google

Terkadang pengguna hendak menyembunyikan foto kenangan lama mereka dalam aplikasi. Nah apakah mereka bisa menyembunyikannya di Google Photo?

Kini, Google sudah menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menghapus kenangan foto mereka dari penyimpanan. Sebab tak jarang pengguna mempunyai kenangan menyakitkan dalam foto tersebut.

Untuk anda yang hendak menyembunyikan kenangan dalam aplikasi google terdapat cara tersendiri. Pertama buka aplikasi foto bawaan google. Di bagian atas fitur Above Photo View, pengguna akan mendapati kreasi bergaya story. Misalnya saja recent, spotlight, one year ago dan banyak lainnya.

Saat pengguna menekan salah satunya, terdapat opsi di bagian kanan bawah. Tujuannya menentukan favorit pada gambar, membagikan atau melakukan interaksi lebih lanjut lewat pengaturan. Tekanlah menu Settings.

Pilih opsi memories settings yang ada dalam menu. Di sana pengguna dapat melihat secara spesifik mengenai gambar yang ingin maupun tak mau anda lihat. Guna menyembunyikan baik orang maupun hewan, penguna dapat memilih opsi People and Pets.

Nantinya Google Photo akan menampilkan berbentuk kisi pilihan people and pets. Sedangkan untuk apapun yang tidak ingin anda lihat, ketuk gambar maupun ikon tersembunyi di bagian atasnya.

Fitur Penyimpanan Kini Tak Lagi Gratis

Aplikasi penyimpanan gambar milik Google Photo mulai memberlakukan kebijakan mereka. Kebijakan baru ini mengenai batasan penyimpnaan di galeri dalam platform. Sebelum ada pembaruan tersebut, pengguna bisa memanfaatkan fitur secara gratis.

Sayangnya kini fasilitas itu tak lagi bisa pengguna nikmati. Khususnya jiga penyimpanan melebihi 15 HB5. Aplikasi Google Photo akan mengenakan tarif kalau penyimpanan file maupun foto sudah melebihi kapasitas 15 GB.

Sebelum hal ini, Google mengumumkan jika ruang penyimpanan gratis dalam aplikasi mereka paling besar yaitu 15 GB. Terhitung mulai hari ini atau 1 Juni 2021, untuk penguna yang hendak menggunakan kapasitas lebih besar harus membayar.

Biaya yang Google berlakukan adalah sebesar 1,99 dollar AS untuk tiap bulanynya. Foto yang pengguna simpan dalam aplikasi ini jika lebih dari kapasitas tidak akan masuk perhitungan. Perwakilan dari aplikasi menyatakan jika keputusan tersebut ada untuk memberikan layanan lebih baik. Juga untuk keberlangsungan fitur dalam pemenuhan kebutuhan serta keinginan pelangan.

Sejak peluncurannya di bulan Mei 2015 silam, sudah 6 tahun lamanya google memberikan layanan gratis untuk penyimpanan file pengguna. Hingga akhirnya kini sudah bergeser kea rah monetisasi bidang bisnis.

Menurut catatan milik Google, lebih dari 4 triliun foto yang tersimpan dalam aplikasi Google Photo. Bahkan sebanyak 29 miliar foto juga video baru yang pengguna unggah di tiap minggunya. Maklum, seiring banyaknya produk di suatu ponsel pintar, akan meningkat juga penyimpanan file dalam Google pada bawaan smartphone.

Berdasarkan riset, sebanyak 80 persen pengguna harus mempunyai tambahan ruang penyimpanan pada kurun waktu tiga tahun. Hal ini karena pembatasan ruang gratis yang hanya sebesar 15 GB saja. Perubahan ini juga membuat pihak Google melihat sebuah potensi bisnis dari aplikasi dengan penerapan sistem cloud.

Bagi pengguna yang kerap menyimpan file dalam aplikasi Google Photo, sebaiknya cek kapasitas penyimpanan foto terlebih dahulu. Jika sudah lebih dari 15 GB, hapus file yang anda rasa tidak begitu penting.