Hakikat Shalat 5 Waktu yang Harus Diketahui, Berikut Penjelasannya

Hakikat Shalat 5 Waktu yang Harus Diketahui, Berikut Penjelasannya
Ilustrasi Hakikat Shalat 5 Waktu. Foto: Ist/Net

Hakikat shalat 5 waktu merupakan menghadapkan hati juga jiwa kepada Allah SWT dengan menggunakan cara yang dapat mendatangkan perasaan takut dan cinta.

Sebagai ciptaan Allah memberikan tugas kepada hamba-Nya dengan mengandung hikmah juga khasiat demi kebaikan makhluk-Nya. Allah telah mewajibkan kita untuk melaksanakan shalat fardhu yang di dalamnya terdapat banyak rahasia.

Shalat sendiri memiliki banyak faedah dan keutamaan. Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa shalat itu dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.

Sebagai tempat bermunajat yang paling baik, penyucian hati dari kotoran dosa. Shalat sendiri merupakan rukun Islam yang kedua. Amal baik ini juga menjadi tiang agama dan kelak akan ditimbang pertama kali ketika di akhir zaman.

baca juga: Berbaik Sangka Kepada Allah Menjadi Kewajiban untuk Umat Manusia

Ketahui Hakikat Shalat 5 Waktu

Perintah untuk shalat juga ada ketika Baginda Nabi Muhammad SAW Isra Mi’raj. Dengan awal mula perintah shalat sebanyak 50 kali sampai 5 kali dalam satu hari. Perlu sekali untuk Anda mengetahui apa saja hakikat shalat 5 waktu itu. Berikut ini penjelasan lebih detailnya untuk Anda.

baca juga: Syarat Sah Shalat Jumat yang Benar Sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah

Hakikat Shalat Shubuh

Dalam shalat shubuh terdapat hakikat shalat 5 waktu berupa petunjuk rohullah yang akan keluar dari ubun-ubun dengan memiliki warna merah dan bintangnya qomar.

Pada waktu ini juga sebagai turunnya wahyu, shalat detak dada, Nabi Adam AS. Shalat dua rakaat menjadi kumpulnya roh juga jasad.

Pada intinya, shalat shubuh dua rakaat ini juga memberikan isyarat kepada umat manusia dengan adanya dua unsur yang akan terdapat dalam diri. Dua unsur tersebut adalah roh juga jasad.

baca juga: Sunnah Memakai Celak untuk Kaum Hawa dan Adam Berdasarkan Islam

Hakikat Waktu Shalat Dzuhur

Dalam waktu dzuhur terdapat hakikat shalat 5 waktu yakni sebagai petunjuk dari otak yang akan keluar dari telinga kita. Pemilik shalat tersebut adalah Nabi Ibrahim Alaihissalam, bintangnya jauhar dan akunya rupa. Sembahyangnya juga berada di detak hati kita sebanyak empat rakaat.

Akan tetapi, inti dari hakikat shalat dzuhur tersebut yakni menjabarkan tentang adanya wadah pelengkap kesempurnaan yang berupa kepala, tangan, kaki, juga badan. Tetapi yang nyata adalah dua mata dan dua telinga.

Hakikat Ketika Shalat Ashar

Waktu ashar terdapat hakikat shalat 5 waktu yakni terdapat petunjuk di limpa yang akan keluar melalui hidung, memiliki warna yang putih, dan pemilik dari bintang ini adalah samsi. Pemilik dari shalat ini adalah Nabi Yunus Alaihissalam.

Sembahyangnya berada di dekat detak pusat sebanyak empat rakaat. Pada kenyataannya juga berada di dalam dada dan punggung pada lambung kiri juga kanan.

Pada intinya, hakikat shalat ashar ini adalah menjabarkan perihal adanya empat dimensi wujud yang terdapat dalam diri kita. Dimensi wujud tersebut adalah belakang, depan, kanan, juga kiri.

Hakikat Waktu Shalat Maghrib

Ketika waktu maghrib terdapat hakikat shalat 5 waktu yakni keluarnya petunjuk yang berada pada tubuh. Mempunyai warna yang hijau karena memang bersifat hidup.

Taqarrub yang menjadi bintang pada shalat ini, shalatnya juga terdapat ada detak leher. Nabi Isa Alaihissalam yang mempunyai shalat tiga rakaat ini.

Hal ini nyata terdapat pada bagian hidung juga mulut. Akan tetapi, intinya adalah shalat ini mengajarkan tentang adanya tiga alat inti tentang kehidupan yang terdapat pada diri manusia. Apa saja? Akal, budi, juga nafsu. Adapun hal yang paling nyata adalah 1 lubang pada mulut dan dua lubang hidung.

Hakikat Saat Waktu Isya

Hakikat shalat 5 waktu saat isya ini terdapat petunjuk yang akan keluar dari tulang punggung, tidak ada yang menjadi sebab juga mengenai keberadaannya.

Memiliki warna hitam dan juhra yang menjadi bintangnya. Kenyataannya juga berada di kiyal. Letak dari shalat dengan jumlah empat rakaat ini berada di detak lekuk pada bagian dadu.

Nabi Musa Alahissalam yang mempunyai shalat isya ini. Hal tersebut juga menjadi perwujudan dari dua tangan beserta kaki. Pokoknya inti dari hakikat ini adalah tentang adanya empat alat hidup yang memiliki fungsi sebagai penggerak. Adapun yang nyata tersebut adalah dua tangan juga dua kaki.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui hakikat shalat 5 waktu yang sebenarnya, penjelasan tersebut semoga bisa membantu Anda untuk lebih paham lagi. (Muhafid/R6/HR-Online)