Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita TerbaruHeboh Bunga Edelweis yang Diposting Atta, Ini Daftar Bunga Langka Lainnya

Heboh Bunga Edelweis yang Diposting Atta, Ini Daftar Bunga Langka Lainnya

Heboh bunga Edelweis kembali meramaikan dunia maya karena postingan selebriti yang baru menikah. Postingan yang awalnya sekedar memperlihatkan rasa kasih sayang justru berujung kritikan.

Bunga Edelweis sejak dahulu selalu menarik perhatian banyak orang karena keindahan pada bagian kelopaknya. Terlihat sangat cantik dan mampu bertahan untuk waktu yang cukup lama.

Bunga yang banyak terdapat pada gunung – gunung di Indonesia dan termasuk jenis yang langka. Merupakan salah satu bunga yang masuk dalam daftar bunga langka serta konservasi.

Hal itulah yang menyebabkan postingan tersebut menuai banyak kritik dari para netizen. Meskipun ada bunga Edelweis yang dapat Anda beli, akan tetapi itu merupakan hasil budidaya.

Tentunya tak banyak orang yang mengetahui perbedaan antar yang tumbuh asli dan liar di sekitar pegunungan serta budi daya. Semua terpesona karena keindahan yang ada pada bunga abadi ini.

Heboh bunga Edelweis kembali mengingatkan banyak orang akan kelangkaan serta hampir punahnya. Bukan hanya Edelwies saja, masih ada beberapa bunga lainnya yang merupakan langka dan hampir punah.

Bunga ini bukan hanya terdapat di pulau Jawa saja, sehingga dinamai Edelweis jawa. Ada pula di Eropa dengan terdapat perbedaan, akan tetapi ciri dasarnya tak jauh berbeda.

Bunga yang mendapat panggilan bunga abadi ini tak pernah berhenti menyebar pesona. Terutama bagi para pendaki gunung di Pulau Jawa seperti Gunung Gede, Gunung Lawu, Gunung Semeru dan lainnya.

Anda pasti ingin memiliki bunga ini saat menemukan hamparan yang tersebar di gunung-gunung tersebut. Edelweis yang memiliki bunga dengan kemampuan tak pernah layu untuk waktu yang sangat lama.

Apa Sih Bunga Edelweis Itu?

Bunga yang kembali mendapat perhatian karena postingan salah seorang selebriti wanita. Kini banyak orang yang kembali mengingat bungan cantik nan mempesona.

Bunga yang menjadi pemberitaan termasuk pada jenis  dengan sebutan Edelweis Jawa. Terdapat jenis lainnya yaitu yang berada di sepanjang pegunungan Alpen serta Gunung Semeru.

Heboh bunga Edelweis menjadi menambah rasa ingin tahu banyak orang mengenainya. Bunga yang memiliki banyak fakta unik yang tak banyak orang mengetahuinya.

Memiliki nama latin Anaphalis Javanica dan merupakan hasil penemuan dari seorang Ilmuwan asal Jerman. Caspar Georg Carl Reinwardt menemukan dan berlanjut dengan penelitian pada tahun 1819 oleh Carl Heinrich Schultz.

Nama Edelweis memiliki arti mulia dari kata edel dan putih dari kata weiss sesuai dengan penampilan putih beludrunya. Sedangkan jenis lainnya memiliki nama latin Leontopodium Alpinum.

Alasan Bunga Edelweis Dilindungi

Ada beberapa alasan kenapa bunga abadi ini mendapat tempat khusus pada kawasan konservasi serta tercantum dalam undang-undang. Menjadi identitas dan akrab dengan para pendaki terutama di pulau Jawa.

Menjadi bunga yang terkenal karena kecantikan serta keindahan bagi setiap mata yang memandangnya. Termasuk dlaam daftar bunga langka dan mendapat perlindungan dalam kawasan konservasi.

Masih ada beberapa lasan kenapa bunga ini begitu menuai kritik serta kehebohan tatkala masuk dalam sebuah postingan. Heboh bunga Edelweis menguak fakta  unik yaitu :

1. Usia Serta Ketinggian Tertentu

Pernah terdapat bunga Edelweis dengan ketinggian 8 meter serta lubang diameter 15 cm di gunung Sumbing, Jawa Tengah. Usia bunga tersebut telah mencapai 100 tahun lebih.

2. Banyak tumbuh pada kawasan gunung yang menjadi tujuan banyak pendaki serta termasuk konservasi. Menjadikan bunga ini identik dengan para pendaki gunung di seluruh Indonesia.

Anda bisa menemukan heboh bunga Edelweis di Gunung Gede Pangrango, Gunung Lawu di Dieng, Gunung Merbabu. Juga di Gunung Semeru, akan tetapi jenis yang berbeda dari lainnya.

Bunga ini memiliki akar yang berkembang secara horizontal, karena mengandung mikohiza yang menyukai lapisan tanah. Terutama lapisan yang berdekatan dengan permukaan tanah karena membutuhkan oksigen.

3. Mendapat julukan abadi karena memiliki waktu mekar yang sangat lama. Waktu mekarnya adalah hingga 10 tahun dan karena inilah sebutan abadi muncul.

Terdapat hormon etilen yang memiliki kemampuan unik, mencegah kerontokan pada kelopak bunga untuk waktu yang sangat lama. Anda dapat melihat bunga edelweis  mekar pada  saat musim penghujan berakhir.

Antara bulan April hingga Agustus merupakan waktunya bunga abadi ini mekar.  Karena pancaran matahari sangat penting dalam mekarnya bunga nan cantik ini.

Daftar Bunga Langka Lainnya

Selain heboh bunga Edelweis memunculkan kembali ingatan mengenai hal lainnya. Terdapat beberapa bunga langka lainnya yang ada di Indonesia.

Rafflesia Arnoldii

Anda pasti pernah memperlajari bunga ini saat di bangku sekolah. Telah terkenal hingga ke seluruh dunia dan James Arnold adalah orang yang menemukannya pada tahun 1818.

Mendapat julukan bunga raksasa karena ukuran yang mencapai 105 cm pada diameternya. Memiliki bobot hingga 11 kg dan termasuk pada genus tanaman parasit karena tak meiliki daun serta batang.

Saat mekar, bunga ini akan mengeluarkan bau tak sedap yang fungsinya untuk memancing lalat. Lalat ini sangat penting dalam membantu proses penyerbukan.

Anggrek Larat

Bunga berikutnya yang tak kalah cantik dan langka dengan lainnya. Memiliki nama ilmiah Dendrobium bigibbum dan banyak terdapat di Pulau Larat, Maluku.

Banyak tumbuh pada pohon-pohon besar di hutan belantara atau pun celah tebing kapur. Dengan ciri khusus pada bagian bunga yang berwarna ungu pucat dan ungu tua.

Edelweis Jawa

Heboh bunga Edelweis mengingatkan kembali banyak orang akan keunikan yang ada padanya. Menjadi simbol dari cinta abadi karena memiliki waktu mekar yang sangat lama.

Banyak terdapat di kawasan konservasi pada gunung-gunung yang menjadi tujuan para pendaki. Jangan pernah mencoba memetiknya karena akan mendapat sanksi berupa denda dan kurungan.

Bunga Bangkai atau Kibut

Kebanyakan orang dan mungkin juga termasuk Anda mengira jika bunga bangkai adalah Rafflesia Arnoldii. Sesungguhnya ada jenis lainnya yang memiliki sebutan sama yaitu Kibut.

Bunga ini banyak terdapat di Pulau Sumatera dengan manfaat baik unutk kesehatan. Memiliki nama ilmiah Amorhophallus titanium dan termasuk dalam suku talas-talasan karena terdapat umbi pada bagian tengah.

Anggrek Hitam

Indonesia memiliki banyak varietas Anggrek yang juga termasuk dalam daftar bunga langka. Anggrek hitam adalah salah satu yang banyak mendapat perhatian dengan nama ilmiah Coelogyne pandurata.

Anggrek ini banyak dan tumbuh subur di Kalimantan Timur serta Papua. Bunga yang terkenal karena keeksotisannya, hingga tak heran harga jualnya sangat mahal.

Terdapat sedikit perbedaan dari anggreek hitam Kalimantan dengan Papua. Terletak pada bagian corak serta kelopak bunganya.

Kantong Semar

Tumbuhan yang termasuk dalam bunga insektivora karena sering menyantap kumbang, lalat juga serangga lainnya. Meskipun tak seperti heboh bunga Edelweis, akan tetapi memiliki usia hidup yang terbilang lama.

Beberapa spesies dari bunga ini memiliki ukuran besar dan dapat hidup hingga 15 tahun jika perawatannya tepat. Keunikan lainnya adalah mampu memakan tikus meskipun membutuhkan waktu lama untuk mencernanya