Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruHeboh Hinaan Terhadap Anak Artis, Kenalilah Perkembangan Anak Balita

Heboh Hinaan Terhadap Anak Artis, Kenalilah Perkembangan Anak Balita

Perkembangan anak balita seringkali tak menjadi perhatian para orang tua karena belum banyak yang mengetahui. Padahal  hal tersebut sangat penting untuk Anda ketahui dalam masa keemasannya.

Perkembangan anak terutama pada usia dini sangat penting dalam pertumbuhan hingga besar nantinya. Dengan mengetahuinya Anda bisa mengetahui apakah telas sesuai atau belum.

Sehingga saat terlihat ada sedikit gejala atau hal yang Anda ras atak sesuai, dapat segera mengetahuinya. Dengan demikian Anda bisa berkonsultasi pada dokter anak dan mengetahui solusinya.

Terkadang penampilan seorang anak tak dapat menjadi patokan akan perkembangannya. Seperti apa yang tengah ramai menjadi pembicaraan para netizen di dunia maya.

Heboh mengenai penampilan anak dari salah satu selebriti negeri ini yaitu Sandy Aulia. Banyak yang mengkritik dan mengira jika buah hati sang artis tak sesuai dengan perkembangan yang seharusnya.

Apalagi jika anak masih berusia dini atau balita, masih banyak yang tak mengetahui ciri perkembangan yang baik. Padahal hal tersebut sangat penting saat anak usia 1 hingga 5 tahun.

Perkembangan anak balita kini menjadi perhatian penting bukan hanya orang tua juga pemerhati lainnya. Karena pada usia dini perkembangan yang baik dan sesuai akan mendukung pertumbuhannya di masa depan.

Meskipun umumnya perkembangan yang baik terlihat melalui penampilan sang anak. Namun, tak semua anak mengalami hal yang sama dengan hasil dari pertumbuhannya.

Apalagi jika Anda hanya melihat melalui sebuah foto di media sosial. Bisa jadi sang anak sedang enggan melakukan pose, sehingga telihat seperti tak berkembang dengan baik.

Kriteria Perkembangan Anak Yang Baik

Dalam melihat perkembangan anak usia dini atau balita, bisa melalui beberapa ciri atau kategori. Dengan demikian Anda lebih mudah untuk mengetahui apakah buah hati telah sesuai.

Agar Anda tak salah dalam menilai pertumbuhan serta perkembangan anak balita, berikut kriterianya. Dengan melihat beberapa hal berikut, Anda dapat mengetahui lebih pasti lagi.

Nafsu Makan

Umumnya akan makan dengan lahap pada makanan yang Anda berikan. Hal tersebut membuktikan jika ia memiliki sistem pencernaan  juga nafsu makan yang baik.

Jika tiba-tiba anak mengalami kesulitan atau enggan makan, bisa jadi  sedang mengalami sakit atau hal lainnya. Anda bisa memeriksa kesehatan atau berkonsultasi dengan dokter.

Tumbuh Dengan Baik

Kriteria atau ciri untuk nak berkembang dengan baik adalah pertumbuhannya. Pertumbuhan yang berkaitan dengan berat serta tinggi badan sesuai dengan grafik.

Anda bisa melihat melalui kartu menuju sehat atau KMS sejak anak baru lahir. Jika berada di bawah garis merah, Anda perlu mewaspadainya.

Perkembangan Sesuai Usia

Kemampuan sensorik, motorik serta kognitif harus sesuai dengan usia buah hati Anda. Memperhatikan sejak anak duduk, merangkak, berjalan hingga bicara sesuai waktu atau usianya.

Saat ada tahapan atau yang tak sesuai dengan seharusnya, Anda bisa mulai berkonsultasi dengan dokter anak. Bisa jadi anak mengalami penghabatan karena penyakit atau hal lainnya.

Anak Aktif dan Ceria

Anak yang sehats sert berkembang atau tumbuh dengan baik dapat terlihat dengan jelas. Aktif, ceria serta lincah menjadi salah satu perkembangan anak balita yang baik dan sesuai.

Mudah Menyesuaikan Diri

Anak yang sesuai pertumbuhannya akan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Mampu beraktivitas dengan bebas serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Mengajarkan anak bagaimana berkomunikasi dan berlaku dengan oranglain merupakan tugas orang tua. Tugas Anda untuk mengajarkan semua itu pada buah hati.

Fisik Yang Sehat

Dari fisik anak, Anda bisa juga melihat pertumbuhan yang baik seperti mata bersih juga berbinar. Kontak mata yang responsif saat Anda akan bicara berhadapamn menjadi salah satu tandanya.

Bukan itu saja, bibir serta lidah memiliki warna merah dan tak ada bercak-bercak putih. Anda harus mengajari anak bagaimana menjaga kesehatan mulut dan gigi, contohnya menggosok gigi.

Kesehatan kulit kepala serta rambut, harus Anda perhatikan juga. Memiliki rambut bersih, tidak kusam serta berkilau menjadi salah satu ciri anak mengalami pertumbuhan yang baik.

Cara Mengoptimalkan Perkembangan

Agar Anak balita Anda dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal, dapat melakukan beberapa cara ini. Tak sulit karena berkaitan dengan kegiatan serta kehidupan sehari-hari.

Pemenuhan Gizi

Cara utama dalam mengoptimalkan perkembangan anak balita adalah melalui kebutuhan gizinya. Pastikan Anda memberikan asupan makanan atau susu sesuai dengan porsi gizi serta nutrisi lainnya.

Stimulasi

Selain pemenuhan gizi anak, memberikan stimulasi melalui permainan dapat sangat membantu. Berikan yang sesuai usia agar anak dapat bereksplorasi dengan lebih optimal lagi.

Apalagi saat ini ada banyak permainan yang bisa Anda gunakan untuk memberikan stimulasi yang tepat. Anda bisa juga melihat atau membaca artikel mengenai cara yang tepat untuk hal tersebut.

Luangkan Waktu Anda

Kehadiran serta keberadaan Anda sebagai orang tua sangat penting untuk perkembangan anak balita. Karena kedekatan  sangat penting dalam  membantu pertumbuhan dengan meluangkan waktu unutuk sang buah hati.

Aspek Penting Dalam Perkembangan Anak Balita

Bukan hanya penampilan atau fisik anak saja yang penting dalam pertumbuhan anak balita. Terdapat pula aspek penting lainnya untuk Anda perhatikan.

Kondisi Fisik Serta Motorik Anak

Motorik halus merupakan kemampuan anak dalam memegang atau menggunakan sebuah benda. Menggunakan pensil, sendok, garfu dan masih banyak yang bisa Anda latih.

Sedangkan motorik kasar bisa Anda lakukan dengan mangeajri anak melalui olah raga. Kelenturan, kelincahan, koordinasi serta keseimbangan merupakan salah satu kemampuan yang perlu anak miliki.

Hal lainnya adalah perkembangan fisik seperti tinggi, berat badan juga lingkar kepala. Selain itu Anak dapat menjaga keselamatan dirinya sendiri adalah salah satu tanda tumbuh yang baik.

Agama Serta Moral

Di Indonesia, anak sejak usia balita telah mendapat pelajaran mengenai agama serta moral yang baik. Anda dapat mengajarkan apa yang sesuai dengan agama melalui ibadah serta berkomunitas.

Melalui ajaran agama, anak akan belajar untuk peduli dan mau menolong pada sesama. Selain itu mengajarkan anak untuk bersikap jujur, hormat, sopan serta menghargai oranglain.

Semua itu jika Anda ajarkan sejak anak usia dini atau balita, akan menempel hingga dewasa. Mempraktikkan ajaran agama serta moral baik akan berpengaruh pada pertumbuhannya.

Bahasa

Mengajarkan anak bagaimana berbahasa yang baik kepada orang tua, teman maupun orang lain. Kemampuan berbahasa menjadi salah satu hal penting dalam perkembangan anak balita.

Kemampuan Sosial Emosional

Seiring dengan perkembangan usia anak, Ia akan mampu mengenali kemampuan yang ada padanya. Mengetahui perasaan sendiri serta mampu menyesuaikan juga mengendalikan diri saat berada dalam sebuah lingkungan.

Semua hal tersebut akan dapat membantu anak unutk belajar bertanggung jawab serta bersosialisasi dengan yang lainnya. Termasuk mau mendengar dan menghargai pendapat temannya.

Seni

Hal penting lainnya dalam tumbuh kembang anak usia balita adalah mampu mengekpresikan diri. Memiliki kemampuan untuk bereksplorasi serta mengekspresikan diri dalm sebuah hal seni.

Menggambar, kerajinan, musik atau lainnya merupakan wujud dari kemampuan imajinatif anak. Selain itu anak akan dapat menghargai karya dari teman atau pun orang lain.