Honda Monkey 70’s Ride Edition Kini Meluncur Sekitar Rp 79 Jutaan

Honda Monkey 70's Ride Edition
Ilustrasi Honda Monkey 70's Ride Edition. Foto: Ist/Net

Honda Monkey 70’s Ride Edition resmi meluncur. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Honda Monkey. Beberapa waktu lalu motor baru edisi spesial Honda Monkey diam-diam meluncur.

Honda Monkey 70’s yang merupakan versi custom dari koleksi Cub House. Untuk Anda yang belum mengetahuinya, CUB House adalah showroom motor Honda di Thailand.

Baca Juga : Honda RS 125 Fi 2021, Tampilan Menarik dan Lebih Irit

Tentunya yang sering mengeluarkan motor dengan edisi spesial. Seperti Honda Monkey Immortal Black Edition dan Honda Monkey Dragon Ball Edition yang lebih dulu meluncur.

Desain Honda Monkey 70’s Ride Edition

Honda Monkey 70’s ride yang tampil dengan balutan kelir putih. Tampak juga grafis stripe hitam dan merah pada tangkinya. Memang tampak berbeda dengan edisi spesial ini yang bernama Honda Monkey Immortal Black Edition. Honda Monkey tersebut yang secara desainnya oleh CUB House.

Rumah modifikasi spesialis motor Honda yang berada di Thailand. Honda Monkey Immortal Black Edition yang secara tampilannya gagah dengan balutan warna hitam glossy. Selain itu yang juga berpadu dengan beberapa part beraksen krom.

Tampak sekilas, perbedaan edisi spesial Honda Monkey ini pada desain liverynya. Pada mini bike edisi spesial ini, bagian tangki memiliki tulisan Honda Monkey. Tulisannya yang dikelilingi dengan stripe berwarna hitam merah.

Baca Juga : Honda Air Blade 2021 Resmi Meluncur, Harga Variatif

Hal itu juga berbeda dengan tangki versi standarnya. Tampak yang hanya terdapat logo Honda dan bagian bawahnya memiliki garis putih. Honda Monkey yang memiliki sentuhan gaya klasik terselip pada setiap sudutnya.

Pencahayaan Honda Monkey 70’s Ride Edition sudah menggunakan teknologi LED. Tidak hanya lampu utamanya, lampu belakang dan sein menggunakan teknologi dioda. Penerangan utama ada panel meter digital full LCD yang memiliki bentuk bulat.

Isinya lumayan lengkap, dengan desain serba bundar. Hal itu agar menampilkan nuansa motor klasik era 70 an yang tidak hilang.

Mesin

Honda Monkey 70’s Ride Edition masih menggunakan mesin yang sama dengan model standarnya. Menggunakan mesin single silindernya yang 125 cc. Mesin tersebut akan menghasilkan tenaga 8,9 dk di 7.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya  mencapai 10,5 Nm di 5.500 rpm.

Mesin Honda Monkey 70’s Ride dengan girboks manual 4-percepatan sebagai penyalur tenaganya. Untuk suplai bahan bakar menggunakan PGM-FI electronic fuel injection. Tentunya dengan sistemnya yang berpendingin udara.

Honda menyebutkan, tampilan mesin serupa dengan Honda Grom terbaru. Grom 125 memiliki kapasitas mesinnya 123,9 cc dengan karakter mesin overstroke. Namun menggunakan transmisi 5-percepatan.

Spesifikasi

Suspensi depannya masih Upside-Down dengan kelir senada warna bodi. Sedangkan suspensi belakangnya yang ganda dengan axle travel sepanjang 104mm. Diameter dan panjang langkah Honda Monkey 70’s Ride Edition sebesar 52,4 x 57,9.

Baca Juga : The All New Honda Dio, Hadir dengan Harga Lebih Murah

Dengan perbandingan kompresinya 9,3:1, tentunya cukup tangguh untuk ukuran motor kecil. Monkey memiliki jarak sumbu rodanya 1.155 mm. Sedangkan ketinggian jok dari permukaan tanah sekitar 776 mm.

Ground clearance Honda Monkey 70’s Ride yang sekitar 160 mm. Bagian joknya terbuat dari bahan karet dengan kepadatan tinggi. Hal itu untuk memberikan kenyamanan yang maksimal.

Fitur

Semua fitur dan bodywork Honda Monkey 70’s Ride Edition masih sama seperti variannya yang standar. Perbedaan utama hanya ada pada grafis yang tersematkan. Fitur-fiturnya yang tersedia termasuk canggih. Mulai dari headlamp dan stoplamp LED, serta pengereman  Honda Monkey 70’s Ride sudah ABS.

Selain itu juga sudah melengkapinya dengan Anti Theft Alarm & Answer Back System. Honda Monkey 70’s Ride Edition yang terbalut kelir putih. Tampak dengan grafis stripe hitam dan merah pada bagian tangki. Grafis ini tentunya memperkuat kesan motor tahun 1970-an.

Motor ini tidak memiliki desain yang cukup ekstrim. Namun masih mempertahankan tampilan orisinil dari Honda Monkey. Untuk harga, motor baru Honda Monkey 70’s Ride ditawarkan 73 juta VND atau sekitar Rp 45,8 jutaan. Harga tersebut lebih murah daripada Honda Monkey yang dijual di Indonesia.

Sekedar informasi, Honda Monkey di Indonesia ditawarkan seharga Rp 79.345.000 untuk OTR Jakarta. Motor mungil tersebut yang masih berstatus CBU dari Thailand. Apabila Honda Monkey 70’s Ride masuk Indonesia, pasti harganya akan lebih mahal.

Motor baru edisi spesial Honda Monkey 70’s Ride Edition kini resmi meluncur. Honda Monkey 70’s merupakan versi custom dari koleksi Cub House di Thailand. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto