HP Nokia 105, Ponsel Bentuk Jadul dengan Konektivitas 4G

HP Nokia 105
HP Nokia 105. Foto : GSM Arena

HP Nokia 105 memang belum resmi meluncur ke pasar ponsel global. Namun beredar kabar bahwa ponsel ini akan rilis pada bulan Juli 2021.

Tidak seperti vendor ponsel pada umumnya yang mengeluarkan smartphone canggih, Nokia malah memproduk HP keluaran terbaru dengan bentuk jaman dulu (jadul).

Vendor asal Finlandia ini meluncurkan seri 105 yang merupakan remake dari seri yang sama keluaran tahun 2019 lalu. Meski ‘ulangan’ dari seri sebelumnya, namun ada beberapa perubahan.

Spesifikasi HP Nokia 105

Sekilas jika melihat dari bentuknya masih terbilang jadul. Namun Nokia 105 ini sudah memiliki konektivitas 4G LTE.

Baca Juga : HP Nokia C20 Plus Siap Meluncur, Ponsel dengan Harga Terjangkau

Hal tersebut tentu berbeda dengan seri 105 keluaran tahun 2019, yang internetnya masih 2G atau bahkan 3G.

Ponsel besutan HMD Global ini merupakan HP dengan fitur yang sederhana sesuai dengan namanya.

Namun, dengan adanya dukungan konektivitas 4G VoLTE, maka HP Nokia 105 ini memungkinkan panggilan suara HD atau berkualitas tinggi. Sehingga, sebuah langkah besar dari Nokia untuk meningkatkan seri sebelumnya yang hanya kualitas audio 2G.

RAM dan Penyimpanan Internal

Meski termasuk ponsel jadul, namun Nokia 105 ini seperti pada umumnya menyediakan RAM dan penyimpanan internal.

Mengutip dari GSM Arena, untuk RAM dari seri ini adalah sebesar 128 MB. Sedangkan untuk penyimpanan internal kapasitasnya 48 MP.

Baca Juga : HP Nokia X10 dan X20 Resmi Diumumkan, Ini Harga Terbarunya

Selain itu, Anda bisa memperlebar penyimpanan dengan menggunakan slot microSD untuk menyimpan lagu MP3, yang besarannya sampai 32 GB.

Desain

Sementara jika melihat dari tampilan bodi, HP Nokia 105 4G ini sudah mengalami perombakan dari seri pendahulunya. Untuk desain yang sekarang ini tampil lebih menarik, dengan balutan warna hitam, biru dan merah.

Sedangkan untuk tampilan keyboard fisiknya, masih mengusung desain yang lawas dan khas dari HP Nokia.

Ponsel jadul besutan HMD Global ini memiliki dimensi 121 x 50 x 14,5 mm, dengan berat atau bobot hanya 80,2 gram saja.

Layar

HP Nokia 105 4G ini mempunyai layar dengan ukuran 1,8 inci QQVGA, dengan resolusi 120 x 160 piksel.

Tampilan menu dalam layar menggunakan ikon yang besar, sehingga pengguna bisa dengan mudah melihat, dan bahkan “Readout assist”, yang membacakan menu dengan jelas.

Desain menu seperti itu sengaja HMD Globa buat, agar pengguna yang sudah lanjut usia masih bisa melihat teks atau menu dari layar tersebut.

Baterai

Beralih ke bagian daya baterai, HP Nokia 105 4G membawa baterai dengan kapasitas 1.020 mAh. HMD mengklaim bahwa baterainya ini cukup untuk hari siaga, dan lebih banyak waktu untuk melakukan panggilan telepon.

Baca Juga : HP Nokia C1 Hadir di Indonesia, Harga Kurang Dari Rp 1 Juta

Sementara untuk pengisian daya ponsel seperti layaknya smartphone yang memakai  kabel microUSB.

Spesifikasi Lainnya

Sedangkan untuk hiburan, ponsel ini juga dilengkapi dengan radio FM on board, yang dapat bekerja tanpa perlu memasang headphone.

Selain itu, tersedia juga alat tambahan lainnya, yaitu lampu senter LED yang terpasang pada bagian sisi atas ponsel. Namun senter LED atau lampu kilat tersebut bukan untuk kamera.

Dari aspek software, HP Nokia 105 4G ini menjalankan sistem operasi Series 30+. Tersedia juga jack headphone standar 3,5 mm, serta speaker 3 in 1.

Sayangnya, sampai saat ini pihak HMD Global belum memberikan informasi resmi terkait dengan harga dari Nokia 105 4G ini. Begitu juga untuk jadwal penjualannya yang saat ini masih di negara-negara Eropa saja.

Sehingga, kehadiran atau penjualan dari HP Nokia 105 4G di Indonesia sampai saat ini belum ada informasi lanjut. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto