HP Nokia C20 Plus Siap Meluncur, Ponsel dengan Harga Terjangkau

HP Nokia C20 Plus
HP Nokia C20 Plus. Foto : Net/Ist

HP Nokia C20 Plus merupakan smartphone terbaru yang akan rilis pada 16 Juni 2021. HMD Global memperkenalkan ponsel pintar ini adalah varian dari C20, yang rilis pada bulan April lalu.

Jika melihat dari namanya yang diberi embel-embel ”plus”, maka bisa dipastikan bahwa smartphone tersebut lebih baik dalam hal spesifikasinya ketimbang C20 (reguler).

Baca Juga : HP Nokia X10 dan X20 Resmi Diumumkan, Ini Harga Terbarunya

Mengutip dari GSM Arena, keunggulan dari Nokia C20 Plus daripada C20 adalah dari sisi kamera depan dan belakang, RAM, serta kapasitas baterai.

Spesifikasi HP Nokia C20 Plus

Saat ini memang smartphone besutan Nokia di Indonesia bahkan hampir di negara-negara lain, masih kalah pasaran dengan Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme, Huawei dan lainnya.

Padahal sebelum era smartphone keluar, ponsel-ponsel produk Nokia yang paling banyak penggunanya.

Sehingga, agar tetap eksis dan menarik pangsa pasar smartphone, HMD Global terus mengeluarkan produk terbarunya yang bisa menyaingi vendor lainnya. Seperti saat ini merilis HP Nokia C20 Plus, dengan spesifikasi menengah dan harga sangat terjangkau.

Dapur Pacu

Seperti varian regulernya, untuk seri Nokia C20 Plus juga membawa dapur pacu SoC Unisoc SC9863A, dengan fabrikasi 28 nm.

Baca Juga : Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Tablet Harga 2 Jutaan Segudang Kelebihan

Selain C20 Plus, prosesor Unisoc SC9863A juga menjadi andalan untuk smartphone Advan G5, Hisense Infinity H30lite dan lainnya.

Prosesor tersebut mendapat sokongan dari CPU Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55), dan GPU Mali-G52 MC2.

HP Nokia C20 Plus juga muncul dengan bantuan RAM berkapasitas 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Akan tetapi, jika Anda masih memerlukan penyimpanan yang lebih besar, bisa menambahkannya dengan menggunakan slot eksterbal microSD sampai 256 GB.

Sedangkan untuk bagian sistem operasi atau OS sudah menjalankan Android 11 (Go Edition), yang merupakan versi terbaru.

Layar

Sementara pada bagian layar, smartphone ini mengemas display berukuran 6,5 inci, dengan resolusi 720 x 1600 piksel dan aspek rasio 20:9. Pada bagian panel ponsel ini, masih standar dengan menggunakan IPS LCD.

HP Nokia C20 Plus juga hadir dalam cangkang atau bodi berbahan polikarbonat dengan desain bergelombang 3D. Sehingga dengan desain tersebut, Nokia mengklain bahwa smartphone ini membuatnya kuat dan kokoh.

Kamera

Sebagai smartphone kelas standar, maka pada bagian kamera juga tidak terlalu wah. Hal tersebut terlihat dari kamera belakang yang memang terpasang dual lensa. Namun kedua kamera tersebut hanya beresolusi 8 MP dan juga 2 MP.

Akan tetapi, tata letak dual camera tersebut menjadi kelebihan tersendiri. Pasalnya, dengan kamera 8 MP dan 2 MP itu berada di dalam lingkaran sebelah atas tengah.

Baca Juga : HP Oppo A16 Datang dengan Baterai 5.000 mAh dan Android 11

Sedangkan pada bagian depan terpasang satu lensa berkekuatan 5 MP. Desain dari kamera selfie pada HP Nokia C20 Plus tersebut memiliki lekukan seperti tetesan air.

Tidak ada kelebihan dari kamera depan dan belakangnya terutama untuk rekaman video. Karena hanya bisa sampai resolusi 720p@30fps.

Baterai

Sementara pada bagian daya baterai berkapasitas lumayan besar sampai 4950 mAh. Sayangnya, pada bagian port microUSB sebagai daya baterai hanya sampai 10W.

Untuk fitur lainnya, sayangnya HP Nokia C20 Plus tidak mempunyai fingerprint atau sensor pemindai sidik jari, tapi sektor keamanan sudah mendukung Face Unlock guna membuka kunci biometrik.

Kemudian, ponsel ini juga dilengkapi dengan jack headphone 3.5mm, Wi-Fi 802.11 b/g/n, bluetooth 4.2, dan FM Radio.

HP Nokia C20 Plus memiliki dua pilihan warna, yaitu hitam dan biru. Ponsel yang tersedia mulai 16 Juni di China ini, harganya sekitar 90 EUR atau kurang lebih Rp 1,5 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto