HP Realme C21Y Telah Menerima Sertifikasi NBTC dan TUV Rheinland

HP Realme C21Y Telah Menerima Sertifikasi NBTC dan TUV Rheinland
Ilustrasi HP Realme C21Y. Foto: Ist/Net

HP Realme C21Y telah menerima sertifikasi dari Telekomunikasi Penyiaran Nasional Thailand (NBTC) danTU Rheinland. Ponsel ini menggunakan nomor model RMX 3261. Berdasarkan sertifikasi yang ada, telah mengungkapkan spesifikasi dan ponsel akan menuju ke Thailand dan beberapa pasar lainnya. 

Spesifikasi HP Realme C21Y

Pada minggu lalu, Realme memperlihatkan kode model RMX 3261 di FCC. Sedangkan untuk saat ini semua orang dapat mengetahui ponsel tersebut mempunyai nama HP Realme C21Y. Hal tersebut karena smartphone telah mendapat sertifikasi dari NBTC Thailand.

Namun, otoritas Thailand tidak membocorkan spesifikasi apa pun dari C21Y. Selain memberitahukan jika ponsel tersebut merupakan smartphone 4G.

Baca Juga : HP Realme Codename Quicksilver Akan Pakai Snapdragon 778G 5G

Akan tetapi bila melihatnya dari daftar FCC, maka menyertakan sketsa desain. Sehingga terlihat ponsel mengemas layar berlekuk dan menampilkan pulau kamera berbentuk persegi pada bagian belakang. Pulau tersebut menampung tiga kamera utamanya. 

Selain itu, handset menunjukkan beberapa spesifikasi dan skema utama di Komisi Komunikasi Federal (FCC). Dukungan untuk konektivitas LTE, daftar NBTC dari Realme C21Y.

Desain

Realme tengah mengerjakan smartphone seri C dengan julukan HP Realme C21Y. 

Desain Realme C21Y apabila melihatnya dari sertifikasi FCC, maka terungkap jika mempunyai takik tetesan air. Kemudian pada cangkang belakang mempunyai modul kamera berbentuk persegi. 

Unik kamera pada bagian belakang bodi ini memiliki tiga kamera dan lampu kilat LED. Kemudian terdapat pula pemindai sidik jari pada bagian belakang. 

Baca Juga : Harga HP Realme C12 Terbaru di Indonesia Berikut Spesifikasinya

Selanjutnya pada tepi kanan perangkat mempunyai tombol power dan volume rocker. Sedangkan pada tepian kiri terpasang kartu nano-SIM dan kompartemen kartu SIM dengan slot kartu microSD khusus.

Dimensi HP Realme C21Y 173,9 x 75,96 mm dengan bobot 185 gram.  Kemudian untuk ukuran layar 6,5 inch dan dukungan resolusi 1080 x 2400 piksel. Rasio layar-ke-tubuh 83,9% dan fitur tambahan lainnya berupa kecepatan refresh 90 Hz 600 nits.

Tipe layar menggunakan layar sentuh kapasitif IPS LCD 16 juta warna. 

Baterai

Kapasitas baterai yang mendukung HP Realme C21Y adalah 4.880 mAh. Kemudian disertai dengan pengisian cepat 18W. Kemungkinan menggunakan jenis baterai Lithium Polymer.

Spesifikasi lain adalah  Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 5.0, GPS, Port headphone 3,5 mm dan pengeras suara. Beserta dengan fitur tambahan accelerometer, gyro, proximity dan kompas.

Performa

Pada performa, Realme membenamkan UI 2.0 berbasis Android 11 OS. Ponsel dapat berjalan dengan cepat berkat chipset MediaTek Dimensity 700 5G – 7 nm.  Selain itu, dukungan berikutnya adalah CPU Octa-core (4 x 2.2 GHz Cortex-A76 dan 4 x 2.0 GHz Cortex-A55) serta GPU Mali-G57 MC2.

Kamera

Pada sektor kamera, sudah dapat dipastikan jika HP Realme C21Y memakai triple camera. Hal tersebut berdasarkan bocoran pada sertifikasi yang mendukung. 

Baca Juga : HP Realme RMX3261 Terungkap Desain dan Sertifikasi FCC

Kamera utama 48 MP, f/1.8, (lebar), 2 MP, f/2.4, (makro) dan 2 MP, f/2.4, (kedalaman). Fitur yang ada Lampu Kilat LED, HDR dan Panorama.

Sementara kamera utama tersebut bisa Anda gunakan untuk video 1080p@30fps. Sedangkan untuk kamera depan tunggal 8 MP f /2.0 lebar. Fitur yang disematkan HDR dan video 1080p@30fps.

Harga dan Ketersediaan

Dalam memperkenalkan jajaran HP entry-level terbaru, Realme cukup agresif. Apalagi HP Realme C21Y telah lolos beberapa sertifikasi ternama. Jadi tidak hanya satu lembaga resmi saja, ponsel ini telah terdaftar di FCC dan TUV Rheinland. 

Realme kemungkinan akan hadir dengan harga terjangkau. Mengingat perangkat ini datang dari keluarga C-series. 

Pasalnya C-series dari smartphone Realme menyasar kelas menengah ke bawah, sehingga harapannya tidak dipatok dengan harga terlalu tinggi. 

Generasi sebelumnya, telah rilis dan masuk pasar Indonesia beberapa waktu lalu. Generasi tersebut adalah Realme C21 dengan chipset MediaTek Helio G35.

Realme dengan model RMX 3261 sebelumnya telah menerima sertifikasi dari IMEI, TKDN, BIS dan Indonesia Telecom. Kami banyak berharap jika ponsel ini akan muncul dengan kebocoran spesifikasi lebih banyak beberapa hari mendatang. Kita nantikan saja kehadirannya di pasar global.

Selain itu, tersiar berita tentang smartphone Realme C25s di Malaysia dan segera meluncur di India bulan ini. Kemungkinan menggunakan beberapa varian RAM. Seperti RAM 4 GB dan memori internal 64 GB serta 4 GB + ROM 128 GB.  Pilihan ponsel ini dalam beberapa warna menarik, terdapat Water Blue dan Water Grey. 

HP Realme C21Y mempunyai kisaran harga di India Rs 17,920. Tampaknya ponsel ini akan segera rilis dalam beberapa hari ke depan. Pasalnya beberapa sertifikasi telah mendukungnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto