HP Vivo Y53s 5G, Meluncur dengan Qualcomm Snapdragon 480

HP Vivo Y53s 5G, Meluncur dengan Qualcomm Snapdragon 480
Ilustrasi HP Vivo Y53s 5G. Foto: Ist/Net

HP Vivo Y53s 5G baru saja meluncur di pasar China. Pemberian nama pada ponsel ini membingungkan. Pasalnya, Vivo Y53 telah rilis Maret 2017.

Pilihan penamaan jelas tidak bisa menjadi penerus langsung ponsel empat tahun lalu. Pertanyaan paling banyak adalah mengapa tidak memakai beberapa nomor lain?

Spesifikasi dan Harga HP Vivo Y53s 5G

Vivo kembali menambah jajaran ponsel terbarunya pada seri Y di negara asalnya, yakni China. Vivo Y53s 5G bila melihat dari spesifikasi dan harganya, maka masuk dalam kategori ponsel kelas menengah atau mid-range.

Baca Juga : HP Vivo 5G Tertipis di Indonesia Saat Ini, V21 dengan Layar Lega

Sangat sesuai dengan namanya, smartphone ini menggunakan konektivitas 5G. Kemungkinan besar, ponsel ini merupakan penerus langsung Y52 dari tahun lalu. Kemudian, seperti apakah spesifikasi dari Vivo Y53s 5G?

Layar

Smartphone ini menggunakan layar sentuh LCD FHD IPS 6,58 inch 1080 x 2400 pixels, layar sentuh Capacitive Touchscreen, serta Multi-touch. Kemudian pada layar memakai refresh rate 90 Hz.

Layar ponsel HP Vivo Y53s 5G berlekuk dengan bezel tipis di samping. Namun pada bagian dagunya lebih tebal. Pada bagian atas terdapat poni dengan gaya tetesan air yang menampung kamera selfie 8 MP.

Baca Juga : HP Vivo Y73 Terbaru, Harga dan Spesifikasi Terlengkap 

Sementara pada bagian belakang body terpatri modul kamera berbentuk persegi panjang. Memuat dua buah kamera dan LED Flash. Ponsel yang sudah memiliki dukungan 5G ini berukuran  163.95 x 75.3 x 8.5 mm.

Hadir dengan bobot seberat 189 gram. Pada sisi kanan ponsel terdapat tombol pengatur daya dan volume. Kemudian sudah terintegrasi dengan sensor fingerprint.

Kamera

Kamera utama HP Vivo Y53s  5G mempunyai resolusi sebesar 64 MP lensa f/1.79. Lensa satunya berupa makro 2 MP, yang bermanfaat untuk mengambil gambar dari jarak dekat. Lalu detail mengenai sensor sekunder kurang jelas.

Fitur kamera yang tersedia Digital Zoom, Auto Flash, Touch to Focus, dan Face Detection. Sementara shooting modes menggunakan HDR dan Continuos Shooting.

Lebih menariknya lagi, pengaturan kamera dari ISO Control dan Exposure Compensation. Sedangkan untuk kamera depan HP Vivo Y53s 5G beresolusi 8 MP. Penembak selfie tunggal ini mempunyai aperture f/2.0.

Performa

Vivo Y53s menggunakan chipset MediaTek MT6853 Dimensity 720 5G (7 nm). Pada sektor grafis memakai Mali-G57 MC3. Prosesornya Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A76 dan 6×2.0 GHz Cortex-A55) dengan architecture 64 bit.

Tenaga ponsel ini berasal dari Qualcomm Snapdragon SoC Octa-core. Chipset Vivo Y53s ini didukung Snapdragon 480 5G. Dukungan lain pada HP Vivo Y53s  5G berupa RAM 8 GB dan dua opsi memori internal. Penyimpanan internalnya hingga 128 GB dan 256 GB. 

Baterai

Soal daya tahan, Vivo Y53s mempercayakan pada baterai 5.000 mAh. Kemudian telah memakai dukungan pengisian daya cepat 18W. Di sisi lain, ponsel ini menjalankan sistem operasi OriginOS1.0 berbasis Android 11.

Pilihan konektivitas pada perangkat termasuk 4G LTE, 5G, Wi-Fi, Bluetooth, jack headphone, port USB Type-C, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : HP Vivo X60 Curved Screen Edition Meluncur dengan Tampilan Mewah

Kemudian Vivo Y53s juga menawarkan pembaca sidik jari yang terpasang di samping body. Sensor onboard termasuk accelerometer, sensor cahaya sekitar, serta sensor jarak.

Harga dan Ketersediaan

Sampai sejauh ini, Vivo Y53s baru akan jual secara pre order di China. Mulai tanggal 11 Juni yang akan datang. Penawaran untuk HP Vivo Y53s 5G sangat ramah anggaran. Apalagi untuk ponsel yang menghadirkan konektivitas 5G.

Harga yang dibanderol di China seharga 1.799 Yuan atau sekitar 4 juta. Kisaran harga tersebut untuk varian RAM 8 GB dan 128 GB untuk ROMnya. Dari harganya, terlihat memang sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang ponsel terbaru ini bawa.

Sementara untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB berkisar 1.999 Yuan atau sekitar 4,5 juta. Belum ada informasi resmi, apakah HP ini akan meluncur di pasaran Indonesia atau tidak. 

Ponsel terbaru dari Vivo ini tersedia dalam beberapa varian warna yang cantik dan menarik. Diantaranya pilihan warna tersebut adalah Iridescent, Sea Salt, dan Starry Night.

Vivo Y53s semakin ciamik dengan dukungan 5G yang kekinian. Ponsel akan membawa banyak keunggulan dan bekerja menggunakan chipset yang handal dari Qualcomm.

Kita nantikan pengumuman resmi untuk HP Vivo Y53s 5G. Dengan spek yang mumpuni, tentu siapa saja ingin membawa ponsel ini pulang bukan?. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto