HP Xiaomi J18s, Ponsel Lipat dengan Kamera Bawah Layar

HP Xiaomi J18s, Ponsel Lipat dengan Kamera Bawah Layar
Ilustrasi HP Xiaomi J18s. Foto: Ist/Net

HP Xiaomi J18s telah santer tersiar kabar mengenai berita ponsel tersebut. Xiaomi terus mengumumkan model smartphone yang berbeda. Salah satunya adalah ponsel lipat yang mengintimidasi pesaingnya dengan flagship 2021.

Perusahaan tersebut kini telah mempunyai jutaan pengguna. Baik di Indonesia maupun pasar global. 

Baca Juga : HP Xiaomi Mi 11i Terbaru, Hadir Dengan Snapdragon 888

Seperti yang sudah kita ketahui, beberapa bulan lalu Xiaomi memulai debutnya di segmen ponsel lipat. Mi MIX Fold hadir dengan tampilan sampul dan layar model lipat.

Spesifikasi HP Xiaomi J18s

Saat ini tampaknya Xiaomi tengah mempunyai rencana untuk segera meluncurkan produk lain berupa ponsel lipat. Kemungkinan Xiaomi akan mengerjakan dua ponsel kelas flagship terbaru. Perangkat ini mempunyai kode K8 dan J18s.

Berita tersebut berdasarkan postingan Stasiun Obrolan Digital di Weibo. Dimana Xiaomi tampaknya akan mengerjakan ponsel lipat dengan kamera selfie di bawah layar. Bocoran tersebut juga mengungkap spesifikasi lain mengenai HP Xiaomi J18s.

Menurut kebiasaan hingga saat ini, para vendor China sengaja membocorkan rencana mereka ke publik. Melalui akun pribadi yang dimiliki. 

Kiprah Xiaomi dalam industri smartphone dunia memang cukup sukses. Meskipun terbilang cukup muda daripada nama yang sudah besar seperti Samsung, Apple atau Huawei. 

Baca Juga : HP Xiaomi POCO X3 GT, Rebrand Redmi Note 10 Pro di Tiongkok

Namun, pertumbuhan Xiaomi sangat pesat. Bahkan menurut lembaga penelitian pasar IDC, Xiaomi mempunyai urutan ketiga penjualan ponsel terbanyak di dunia. Hal tersebut terjadi pada kuartal pertama tahun ini, untuk market sharenya 14,1%.

Ponsel lipat yang pertama meluncur adalah Mi Mix Fold pada bulan Maret. Kemudian, HP Xiaomi J18s diperkirakan menjadi ponsel lipat kedua. Keterangan lain menyebutkan jika J18s ini mendapat dukungan untuk refresh rate 90 Hz.

Kamera Depan Dalam Layar

Membahas tentang kamera, sebuah bocoran Xiaomiui mengungkapkan jika perusahaan sedang mengerjakan ponsel lipat dengan kode argo. Kemungkinan perangkat pertama tersebut menawarkan kamera depan dalam layar. Karena Xiaomiui mempunyai pendapat jika aro dan J18s merupakan perangkat yang sama.

Sebelumnya, Xiaomi telah mengumumkan teknologi kamera dalam layar generasi ketiga bulan Agustus lalu. Spesifikasi kamera HP Xiaomi J18s dapat menyembunyikan kamera di bawah layar dengan sempurna. 

Visual dari kamera bawah layar setara dengan gambar selfie dari lensa konvensional. Teknologi terbaru ini bisa terlihat melalui celah pada sub pikselnya. Area tampilan di atas kamera akan menghasilkan kerapatan piksel sama dengan bagian layar yang lain. 

Spesifikasi pengaturan kamera utama juga terungkap pada HP Xiaomi J18s ini. Dimana, berdasarkan berita yang beredar perangkat menawarkan kamera utama 108 MP. Fitur menariknya adalah lensa cair dengan zoom optik 3x dan sensor ultra wide. 

Refresh Rate Layar 90 Hz

Mi Mix Fold versi pertama mempunyai kecepatan layar luar 90 Hz. Sementara pada layar bagian dalam mendukung refresh rate 60 Hz. 

Namun, belum ada pernyataan resmi mengenai panel bagian dalam dari leaker. Apakah akan mendapatkan kecepatan refresh sama dengan panel luar atau tidak.

Baca Juga : HP Xiaomi Redmi K40 Game Enhanced Edition, Berikut Spesifikasinya

Akan tetapi,  HP Xiaomi J18s diklaim juga mendukung refresh rate 90 Hz. Baik itu pada panel luar maupun bagian dalam. Lalu ponsel tersebut mempunyai konfigurasi tiga kamera. 

RAM 12 GB, ROM 256 GB

Xiaomi menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 888. Kemudian mendapat dukungan dengan RAM 12 GB. Sehingga tidak akan mengalami kendala saat beralih antar beberapa aplikasi. 

Spesifikasi lain HP Xiaomi J18s pada penyimpanan internal sebesar 256 GB. Kapasitas tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan semua lagu, game, video dan banyak lagi. Jadi, tidak perlu merasa khawatir tentang batasan ruang. 

Figure penjualan serta pertumbuhan yang meningkat tajam, kemungkinan akan membuat vendor asal China ini menguasai industri smartphone dunia. Tercatat, pertumbuhan Xiaomi meningkat dari tahun lalu. Sesama vendor China mencatat pertumbuhan yang lebih baik.

Spesifikasi Xiaomi J18s sudah mulai bocor ke publik hingga saat ini. Namun lain halnya dengan smartphone baru lain K8. Sama sekali belum ada informasi sedikitpun.

HP Xiaomi J18s memiliki layar yang mampu menyamarkan kamera di bawahnya dengan baik. Untuk kamera depan dapat menghasilkan gambar serupa dengan kamera konvensional. Kamera akan melihat via celah di sub-piksel layar dengan kerapatan piksel yang sama seperti layar lainnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto