Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TasikmalayaMengkhawatirkan, Banyak Ibu Hamil di Tasikmalaya Terpapar Covid-19

Mengkhawatirkan, Banyak Ibu Hamil di Tasikmalaya Terpapar Covid-19

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Kasus Covid-19 yang terus meningkat. Kini ibu hamil di Tasikmalaya, Jawa Barat mulai terpapar Covid-19 jumlahnya pun mencapai puluhan.

Berdasarkan dari catatan rumah sakit bahwa ada peningkatan ibu melahirkan dengan kondisi Covid-19. Petugas pun menerapkan prosedur Level 3 untuk antisipasi terjadinya penularan. Sementara bayinya pun ikut menjalani isolasi di ruangan khusus.

Ibu hamil ini menjadi orang yang rawan akan terpapar Covid-19, karena kondisinya yang sedang mengandung sehingga imunnya menurun. Hal ini terlihat dari kasus ibu melahirkan dengan Positif Covid-19, yang terus mengalami peningkatan di RSUD Dr Soekardjo Kota Tasikmalaya.

“Iya ruangan persalinan dRSUD dr Sokardjo ini, pasien ibu hamil dan melahirkan ternyata ada juga terpapar Covid-19. Penanganannya ada ruang isolasi bagi ibu hamil termasuk bayinya yang baru lahir sambil menunggu hasil tes PCR setelah lahir,” ujar Budi, Wadir Pelayanan RSUD Dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Sabtu (19/6/2021).

Budi menjelaskan pasien ibu hamil yang baru datang masuk ke ruang Poned itu menjalani skrinin. Jika hasil antigen positif maka langsung masuk ruang persalinan khusus.

“Sejak bulan Januari terjadi peningkatan jumlah ibu hamil yang terpapar Covid-19 mencapai 19 orang. Febuari 20 orang ibu hamil, Maret 23 orang ibu hamil, April 27 orang ibu hamil dan Mei 43 ibu hamil positif Covid-19. Untuk mengantisipasi penularan terhadap perawat atau bidan, maka kami pun menerapkan prokes level 3,” tegasnya. (Apip/R9/HR-Online)

Editor: Dadang