Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TasikmalayaInsentif Nakes Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya 8 Bulan Belum Cair

Insentif Nakes Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya 8 Bulan Belum Cair

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Sudah hampir delapan bulan insentif untuk tenaga kesehatan (nakes) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, yang menangani dan merawat pasien Covid-19 belum juga cair.

Padahal, nakes tersebut setiap harinya selalu berjibaku sebagai garda paling depan menangani serta merawat pasien yang terpapar virus Corona. Kini mereka harus mengelus dada dan hanya bisa bersabar. 

Salah seorang nakes yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, insentif tersebut belum dibayar dari bulan Oktober 2020 sampai Juni 2021.

“Tidak kunjung cairnya insentif untuk kami, kendalanya dari mana saya kurang begitu tahu,” ungkapnya kepada HR Online, Jumat (25/6/2021).

Ia berharap agar insentif tersebut segera cair. Sebab, nakes memiliki resiko yang berat. Terlebih, katanya, akhir-akhir ini Jawa Barat khususnya Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, untuk kasus Covid19 sedang melonjak lagi.

“Rasa takut jelas ada, karena kami juga manusia. Ketika kami berjibaku, segala dikorbankan. Akan tetapi uang lelah kami para nakes yaitu insentif sampai sekarang belum kunjung cair,” tuturnya.

Meskipun beberapa bulan insentif tak kunjung cair, namun ia bersama nakes lainnya tetap serius menangani pasien Covid-19.

“Tidak ada untuk berleha-leha. Soalnya ini bagian dari tangung jawab kami sebagai tenaga kesehatan,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa saat Wakil Gubernur Jawa Barat datang ke Kabupaten Tasikmalaya, akan lebih memperhatikan honorer nakes.

“Kami sangat alhamdulillah sekali. Itu yang para nakes harapkan. Pokoknya kami mengucapkan terima kasih tak terhingga buat pemerintah, yang sangat memperhatikan nasib kami,” ucapnya.

Akan tetapi, sambungnya, ia memohon jangan hanya ucapan belaka, namun harus dengan bukti nyata.

“Jadi tolong buat pemerintah, perhatikan untuk jasa lelah keringat kami yang setiap waktu selalu berjuang,” pungkasnya.

Tanggapan Dinkes Pemkab Tasikmalaya Terkait Insentif Nakes Belum Cair

Sementara Itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, dr. Heru Suharto, mengaku sudah mengusulkan terkait nakes yang insentifnya belum cair 8 bulan lamanya tersebut.

“Kami dari pihak dinas hanya merekap saja. Namun Kita sudah usulkan ke pemerintah pusat. Mudah-mudahan segera cair. Bahkan, kabupaten lain pun sama menunggu sebetulnya,” singkat Heru. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto