Iz*One Akan Debut Ulang Sebagai Grup?

Iz*One Akan Debut Ulang Sebagai Grup?
Iz*One Akan Debut Ulang Sebagai Grup?

Iz*One tengah menjadi perbincangan hangat khususnya pecinta grup musik K-Pop. Bagaimana tidak, pasalnya grup yang belum lama ini bubar sesuai kontrak, beredar rumor akan debut ulang.

Para penggemar yang tergabung dalam Wizone memang merasa sedih atas bubarnya grup di bulan April kemarin. Meskipun memang sesuai kontrak, tetap saja fans tak rela melihat member terpisah dan tidak berkarir lagi dalam satu grup yang sama.

Kabar tentang debut ulang kelompok ini tentu menarik perhatian banyak orang. Terlebih para agensi ikut mengomentari rumor tersebut dan kian membuat kemungkinan debut Iz*One lebih biesar.

Tentang Grup Iz*One

Bernama Iz*One, mereka adalah grup vokal yang beranggotakan wanita asal. Anggota dalam grup ini memiliki kebangsaan Korea Selatan dan juga Jepang. Mereka terbentuk di bawah agensi bernama CJ E&M.

Grup ini terbentuk lewat acara kompetisi survival yang tayang di TV tahun 2018 lalu yakni Produce 48. Beranggotakan 12 orang yang mana proses penentuannya melalui pengambilan suara secara langsung. Nama anggota antara lain Jang Won Young, Jo Yu Ri, Sakura Miyawaki, Choi Ye Na, Kim Min Ju.

Selain itu terdapat Lee Chae Yeon, Ahn Yu Jin, Kwon Eun Bi, Nako Yabuki, Hitomi Honda serta Kang Hye Won. Tanggal debut mereka berlangsung tepat 20 Oktober 2018 silam dengan pengelola sejumlah pihak. Antara lain Off the Record Entertainment, Swing Entertainment dari Korea Selatan serta Verna Lossom yang ada di Jepang.

Nama grup sendiri terpilih lewat pemunguntan suara umum secara daring selama acara berlangsung. IZ sendiri numeronim untuk penyebutan angka 12, yakni jumlah anggota grup. Sedangkan ONE sebagai pertanda jika 12 anggota menjadi satu dalam grup yang terbentuk lewat Produce 48.

Sementara itu keberadaan simbol * dalam nama menjadi lambang tanda astrologi yang berasal dari zodiak. Penayangan acara Produce 48 berlangsung lewat chanel Mnet mulai dari 15 Juni sampai 31 Agustus tahun 2018.

Saat itu terdapat 96 trainee sebagai perwakilan dari sejumlah agensi asal Korea Selatan. Sedangkan anggota Jepang berasal dari AKB48 Group. Sebelum tampil dan debut sebagai Iz*One, beberapa anggota sudah aktif dalam dunia hiburan sehingga tak jarang publik sudah mengenalnya.

Momen Debut Girlband

Debut grup Iz*One berlangsung dengan peluncuran extended play di tanggal 29 Oktober tahun 2018 yang berjudul Color Iz. Untuk single utama dalam mini album ini berjudul La Vie en Rose. Mereka mengadakan konser showcase debut dengan judul Color * Iz Show-Con.

Konser showcase berlangsung sehubung dengan perilisan album di kawasan Olympic Hall Seoul Korea Selatan. Hebatnya, tiket showcase itu terjual habis hanya dalam kurun waktu satu menit saja. Sementara itu, pertunjukan musik pertama grup tayang di M Countdown Mnet di tanggal 1 November.

Mereka berhasil mengumpulkan kemenangan program musik perdana mereka satu minggu kemudian dalam M Countdown. Kemudian 10 hari pasca debut, mereka berhasil memecahkan rekor sebagai girl grup tercepat yang menerima kemenangan.

Album mini grup tercatat terjual lebih dari 34 ribu unit banyaknya di hari pertama perilsian. Sehingga menjadi rekor baru dalam jumlah album tertinggi terjual di hari pertama perilisan serta debut girl grup. Selain itu, video musik lagu utama La Vie en Rose berhail meraih angka tayang hingga 4,5 juta dalam waktu 24 jam perilisan di YouTube.

Sehingga menjadikannya video musik debut yang paling banyak pemirsa tonton dari musisi Korea yakni Iz*One.

Tanggapan Agensi Mengenai Debut Ulang

Kabar mengenai debut ulang Iz*One rupanya bukan sekedar isapan jempol ataupun sekedar gosip saja. Bahkan laporan tersebut rupanya berasal dari pihak agensi yakni CJ ENM sendiri. CJ ENM memang menjadi agensi tetap grup bernaung sejak debut sampai bubar di bulan April kemarin.

Melansir dari salah satu sumber terpercaya, pemberitaan debut ulang sudah muncul sejak tanggal 18 Juni lalu. Beredar kabar jika pembahasan sedang CJ ENM lakukan beserta semua agensi tempat bernaung mantan member grup.

Pembahasan mengenai debut ulang muncul pasca para member menunjukkan keinginan untuk melanjutkan kegiatan sebagai satu grup. Bukan hanya para member, agensi tempat bernaung anggota juga menunjukan keinginan serupa.

Sehingga hal inilah membuat CJ ENM terdorong untuk mendebutkan kembali grup asuhannya. Akan tetapi belum terdapat detail lebih lanjut mengenai apa yang tengah agensi kerjakan terkait debut ulang. Perwakilan CJ ENM membetulkan jika mereka sedang diskusi dengan seluruh agensi anggta Iz*One.

Dengan begitu bisa terdapat sejumlah kemungkinan yang hadir. Namun sampai saat ini, berlum terdapat keputusan yang dapat mereka konfirmasi. CJ ENM menjelaskan jika kemungkinan debut grup kembali terjadi karena banyaknya permintaaan dari penggemar yakni WIZ*ONE.

Bahkan Wizone bukan sekedar berharap saja. Mereka hingga menggalang dana agar bisa mendebutkan kembali girl band kesayangan yang sudah bubar. Namun perwakilan CJ ENM menegaskan tentang penggalangan dana yang penggemar lakukan.

Ia berkata jika kalaupun grup akan kembali, proyeknya sendiri akan memperoleh suntikan dana dari agensi bukan berasal dana penggemar. Tentunya Iz*One banyak mendapatkan cinta dari para penggemarnya.

Nasib Para Member Setelah Resmi Bubar

Sebelum beredar kabar debut ulang, Iz*One resmi bubar di tanggal 29 April tahun 2021 lalu. Publik pun bertanya-tanya nasib para member setelah aktivitas grup sudah berakhir. Ketiga member asal Jepang untuk sementara kembali ke negara asalnya.

Sementara itu member Korea tengah mempersiapkan langkah selanjutnya untuk berkarir di kancah musik Korea Selatan. Ketiga member asal Jepang yakni Yabuki Nako, Honda Hitomi serta Miyawaki Sakura kembali ke negara asalnya.

Ketiga member tersebut akan beristirahat sebelum melakukan langkah berikutnya di dunia industry hiburan. Bahkan belum ada kabar apakah mereka melanjutkan di Korea ataupun berkarir di Jepang. Sempat beredar rumor jika mereka akan melakukan promosi di Korea Selatan.

Apalagi terdapat laporan jika Miyawaki Sakura akan bergabung dalam agensi Big Hit entertainment, namun belum ada konfirmasi. Sementara itu, dua anggota asal Korea Selatan yakni Kim Chaewon serta Kwon Eunbi kembali ke agensi mereka yakni Woollim Entertainment.

Pihak agensi sendiri juga menyatakan jika belum terdapat rencana masa depan terkait aktris mereka. Choi Yena juga kembali ke agensinya yakni Yuehua Entertainment. Tetapi ia sudah mempunyai aktivitas perdananya pasca berakhirnya aktivitas grup.

Choi Yena mengambil peran sebagai salah satu anggota dalam acara spin off besutan tvN yakni Amazing Saturday, Idol Dictation Contest. Di sisi lain, agensi tempat Lee Chaeyeon bernaung hanya mengeluarkan penyataan sederhana yakni masih berdiskusi.

Jang Wonyoung bersama Ahn Yujin juga kembali ke agensi Starship Entertainment. Mereka juga beristirahat sebelum berdiskusi terkait aktivitas masa depan bersama perusahaan. Sementara Kim Minju juga kembal ke Music Works dan melanjutkan karirnya menjadi aktris.

Terakhir ada anggota Jo Yuri yang akan melanjutkan karirnya sebagai salah satu aktris. Tetapi ia akan pindah ke agensi baru, karena Stone Music Entertainment sudah resmi tutup oleh CJ ENM.

Meskipun sistem voting Produce 48 terbukti hasil manipulasi untuk sejumlah peserta, tetap saja Wizone berharap jika Iz*One akan debut ulang.