Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruJalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang Perlu Anda ketahui

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang Perlu Anda ketahui

Jalur penerimaan mahasiswa baru kini telah mulai terlaksana, meskipun masih ada beberapa yang belum. Bagi Anda yang baru saja lulus dari SMA atau sederajat dan akan melanjutkan kuliah, inilah saatnya untuk mendaftar.

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi cita-cita hampir semua lulusan SMA. Meskipun ada juga yang ingin langsung bekerja dengan alasan tertentu seperti biaya atau lainnya.

Namun, melanjutkan ke perguruan tinggi atau kuliah tentu tak semudah Anda mengatakannya. Terutama jika Anda ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri dengan pertimbangan biaya lebih rendah serta kebanggaan.

Saat Anda dapat melanjutkan atau berkuliah di perguruan tinggi negeri apalagi termasuk dalam daftar populer pasti sangat membanggakan. Bukan hanya untuk diri sendiri juga orang tua dan keluarga.

Bahkan tak sedikit yang rela mengeluarkan sejumlah uang agar dapat berkuliah di kampus populer seperti ITB, UI, UNPAD, UGM dan masih banyak lagi. Namun, semua itu tak perlu Anda lakukan jika mengetahui cara atau jalur untuk mahasiswa baru.

Di Indonesia terdapat beberapa cara atau jalur yang bisa Anda pilih dan lakukan agar dapat berkuliah di kampus tersebut. Tentunya Anda harus membekali diri dengan prestasi serta kemampuan dalam menyelesaikan soal ujian.

Jalur penerimaan mahasiswa baru yang bisa Anda coba ikuti ada beberapa. Bukan hanya lebih rendah biaya juga ada sebagian yang memberikan Anda beasiswa full.

Ada pula jalur yang diperuntukkan bagi Anda yang memiliki prestasi atau pun kepastian bekerja setelah selesai kuliah. Saat ini ada banyak jenis serta cara agar Anda dapat berkuliah di perguruan tinggi negeri.

Meskipun saat ini cara penerimaan mahasiswa baru telah jauh berkembang, akan tetapi pada dasarnya sama. Anda harus memiliki kemampuan atau pintar agar dapat diterima pada perguruan tinggi tersebut.

Cara Penerimaan Terkini

Menjadi mahasiswa baru apalagi di perguruan tinggi negeri idola seperti ITB tentu sangat membanggakan. Meskipun usaha yang sesungguhnya baru akan Anda mulai untuk mendapat masa depan cerah.

Saat ini Anda bisa mencoba untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri dengan cara kekinian. Ada beberapa cara yang digunakan untuk lebih memudahkan calaon mahasiswa baru.

Sebuah cara yang disesuaikan serta memanfaatkan teknologi yang ada dan serba digital. Sangat berbeda dengan beberapa tahun yang lalu saat semua masih dilakukan secara manual.

Kini cara dalam mengisi atau mengikuti tes untuk penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Hal tersebut membuat lebih mudah serta dalam berbagai proses sejak awal hingga pengumuman kelulusan.

Bahkan Anda tak perlu lagi repot melihat langsung hasil pengumuman ke kampus atau membeli surat kabar lagi. Hanya dengan memasukkan nomor peserta ujian pada website atau situs yang disediakan, Anda dapat langsung melihat hasilnya.

Semua dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komputer dan digital, sehingga semua pihak mendapat kemudahan. Hanya dengan sebuah ponsel pintar dan koneksi internet, Anda bisa melihat hasil tes sambil duduk santai di rumah.

Jalur penerimaan mahasiswa baru yang kini ada terdapat beberapa pilihan yang umumnya berbasis komputer. Semua data calon mahasiswa akan terkoneksi secara langsung sehingga prosesnya lebih cepat.

Anda tak perlu menunggu lama serta pergi keluar rumah, karena kini terdapat situs khusus untuk hal tersebut. Hasil yang berdasarkan pada sistem digital dengan keakurat yang jauh lebih baik.

Jenis-jenis Penerimaan di Perguruan Tinggi

Anda yang tengah menanti untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi dapat mencoba beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru. Anda bisa memilih jalur mana yang akan dilakukan agar dapat mewujudkan impian.

Diantara beberapa jalur penerimaan yang ada, ada pula yang memiliki kelebihan. Kelebihan tersebut terkait biaya juga masa kerja nantiny, berikut beberapa caranya.

SNMPTN

Merupakan singkatan dari seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Menjadi jalur yang paling banyak dan pertama Anda lakukan untuk dapat berkuliah.

Jalur penerimaam ini berdarkan pada nilai raport, prestasi akademis serta nilau ujian nasional. Jalur ini hanya dapat Anda ikuti jika memenuhi persyaratan serta kuota berdasarkan pada akreditas sekolah asal.

Persyaratan yang harus Anda penuhi agar dapat mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru yang ini. Sayart tersebut adalah :

  1. Telah lulus SMA atau sederajat pada tahun ini.
  2. Memiliki nomor NISN serta telah terdaftar di PDSS.
  3. Memiliki prestasi akademik yang baik juga konsisten.
  4. Termasuk dalam daftar kuota terbaik  berdasarkan akreditas sekolah Anda.
  5. Memenuhi syarta tertentu lainnya dari perguruan tinggi yang ada.

SBMPTN

Singkatan dari seleksi bersama  masuk perguruan tinggi negeri dan menjadi alternatif berikutnya. Jalur ini menggunakan tes tertulis secara nasional dan dapat diikuti oleh siapa pun.

Anda yang tak dapat mengikuti SNMPTN umumnya langsung memilih untuk melakukan ujian berikutnya yaitu SBMPTN. Lebih murah, efisien serta fleksibel karena dapat lintas daerah.

Pendaftaran SBMPTN serta UTBK selalu bersamaan, Anda langsung memilih lokasi tes, PTN serta jurusan yang Anda inginkan. Saat ini pendaftaran untuk SBMPTN serta UTBK secara online sehingga lebih mudah.

Ada ketentuan khusus yang perlu Anda perhatikan dalam mengikuti SBMPTN, diantaranya adalah :

  1. Materi tes atau ujian yang akan Anda hadapi adalah Tes Potensi Skolasti juga TKA Saintek atau TKA Soshum.
  2. Peserta hanya dapat mengikuti satu kali tes.
  3. Pelaksanaan tes akan berlangsung dalam dua gelombang serta dua sesi setiap harinya selama 14 hari.
  4. Pengumuman hasil tes akan Anda terima secara individu.

Mandiri

Jalur penerimaan mahasiswa baru berikutnya adalah mandiri. Merupakan tes yang biasanya Anda ikuti setelah tak lulus pada SBMPTN.

Jalur atau tes yang hanya perguruan tingi tersebut adakan sendiri. Anda bisa mencari informasi mengenai hal tersebut di situs resminya.

Anda bisa juga mendatangi bagian administrasi pada kampus tersebut. Bisa juiga langsung membeli formulir pendaftaran dan mengikuti tes yang telah ada terjadwal nantinya.

Beasiswa

Saat ini ada banyak perguruan tinggi, perusahaan, pemerintah atau juga yayasan untuk para mahasiswa. Anda bisa mengetahui jalur beasiswa ini melalui berbagai situs atau laman internet.

dengan menggunakan jalur ini Anda tak perlu khawatir akan besarnya biaya kuliah saat ini. apalagi berkuliah membutuhkan dana yang cukup besar.

Kedinasan

Saat ini ada banyak perguruan tinggi kedinasan yang bisa Anda pilih untuk melanjutkan pendidikan. Ada yang memberikan biaya gratis, subsidi atau pun berbayar dan jumlahnya cukup besar.

Namun semua biaya yang harus Anda keluarkan selama berkuliah di perguruan tinggi kedinasan sebanding dengan hasilnya. Karena umumnya telah tersedia pekerjaan saat Anda lulus dari perguruan tinggi tersebut.

Itulah beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang ada saat ini dan Anda b isa memilih salah satunya. Memilih perguruan tinggi serta bidang studi atau jurusan sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Mempersiapkan diri untuk mengikuti tes masuk sejak sekarang juga jurusan yang sesuai. Anda bisa mulai mencari tahun perguruan tinggi serta jurusan pada laman internet