Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBerita TerbaruJangan Mengucek Mata, 5 Bahaya Ini Mengintai Kesehatanmu!

Jangan Mengucek Mata, 5 Bahaya Ini Mengintai Kesehatanmu!

Jangan mengucek mata jika kamu merasakan gatal karena ada bahaya yang mengintai kesehatanmu. Mungkin mengecek sudah menjadi bagian dari refleks kamu saat mata terasa gatal, kelelahan, kelilipan, atau bahkan mengantuk.

Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, tahan jika mata kamu terasa gatal. Lalu, segera atasi dengan memeriksakannya ke dokter spesialis mata.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini dampak dari menggosok mata yang mengintai kesehatan. Hindari sebelum hal-hal buruk terjadi pada matamu.

Hati-hati Jangan Mengucek Mata, Ini Bahayanya

Ketika mengucek mata, mungkin kamu akan merasa sedikit lega lantaran mata tidak kering lagi, dan gatal juga hilang. Tapi sayangnya, dampak dari kebiasaan itu bisa buruk terhadap kesehatan matamu.

Sedikitnya ada 5 bahaya yang mengancam kesehatan jika kamu terlalu sering mengucek mata. Apa saja bahayanya? Langsung simak ulasan berikut ini;

Baca Juga : Apa Penyakit Mata Glaukoma Bisa Sembuh Total?

Kerusakan pada Kornea Mata

Mengucek mata yang sering dilakukan secara kasar dan berulang-ulang berisiko menyebabkan terjadinya kerusakan pada kornea mata.

Hal ini biasanya terjadi saat kelilipan atau ada benda asing masuk ke mata, Menggosok mata dapat menyebabkan tergoresnya kornea mata. Istilah kondisi seperti ini disebut abrasi kornea.

Kemudian, pada saat mengucek mata, besar kemungkinan ada bulu mata kamu yang masuk lalu ikut menggores kornea saat kamu mengucek mata.

Keratokonus

Jangan mengucek mata karena bisa menyebabkan rusaknya kornea yang berujung adanya perubahan pada bentuk kornea.

Baca Juga : Penyakit Mata Glaukoma, Ini Jenis, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Kondisi tersebut dikenal dengan istilah keratokonus, yaitu kondisi ketika bentuk kornea mata mengalami pengerucutan keluar dan penipisan.

Pengerucutan kornea mata atau keratokonus ini bisa terjadi jika kamu terlalu sering mengucek mata. Sehingga cahaya bisa berbelok ke arah yang salah.

Hal itu dapat menyebabkan terjadinya penurunan penglihatan. Kalau sudah terjadi seperti itu, maka pemakaian kacamata sudah tidak bisa lagi menjadi solusi.

Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan lensa kontak yang khusus, atau bahkan harus menjalani transplantasi kornea.

Iritasi dan Mata Bengkak

Bahaya lain yang mengintai selain berisiko terjadinya abrasi kornea yaitu iritasi hingga membuat mata bengkak. Kondisi ini muncul akibat adanya tekanan atau gesekan benda asing yang terjadi pada mata.

Baca Juga : Sakit Kepala Cluster, Gejala Penyakit Hingga Pengobatan Secara Alami

Oleh sebab itu jangan mengucek mata, karena iritasi juga bisa menyebabkan pembengkakan. Kondisi ini merupakan respon tubuh atas terjadinya iritasi mata. Tak jarang pembengkakan juga akan menimbulkan rasa nyeri pada mata.

Konjungtivitis

Konjungtivitis yaitu kondisi mata yang memerah akibat peradangan yang terjadi pada konjungtiva, dan selaput tipis mata. penyebabnya bisa berbagai hal, seperti adanya infeksi virus, alergi, bakteri, atau iritasi pada.

Sebab itulah jangan mengucek mata lantaran risiko mata terkena infeksi dan iritasi bisa meningkat. Sehingga sangat mungkin akan terjadi konjungtivitis.

Meningkatkan Risiko Penularan Penyakit

Mata bisa menjadi gerbang utama masuknya penularan berbagai bakteri, jamur, bahkan infeksi virus. Apalagi jika mengucek mata dengan kondisi tangan yang belum dicuci. Risiko tertular penyakit pun akan meningkat.

Dalam kondisi pandemi saat ini, pemerintah melalui Kemenkes RI terus mengimbau kepada masyarakat agar menghindari menyentuh bagian wajah, seperti mulut, hidung dan mata.

Terutama menggosok bagian mata, hal ini sebagai bentuk dari pencegahan penularan virus Corona (Covid-19). Oleh karena itu, jangan mengucek mata karena bahayanya mengancam kesehatanmu.

Jadi, bukan tanpa alasan ketika WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa seseorang bisa terinfeksi virus maupun bakteri melalui droplet atau cipratan cairan/liur yang menempel pada tangan. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -