Jenis Hewan Vertebrata yang Paling Populer di Dunia

Jenis Hewan Vertebrata yang Paling Populer di Dunia
Deretan jenis hewan Vertebrata yang paling populer di dunia. Foto : Net/Ist

Anda pasti pernah mendengar istilah vertebrata. Namun apakan Anda bisa menyebutkan jenis hewan Vertebrata yang paling populer?

Istilah lain dari Vertebrata merupakan hewan yang memiliki tulang belakang. sedangkan lawan dari vertebrata adalah invertebrate, yang artinya tidak bertulang belakang.

Pengenalan hewan bertulang belakang saat mempelajari mata pelajaran Biologi di bangku sekolah dasar atau SD.

Baca Juga : Ciri-ciri Hewan Vertebrata dan Klasifikasi Superkelas

Sementara perbedaan yang paling menonjol dari hewan jenis vertebrata dengan invertebrata, yaitu pada bagian bentuk tubuhnya.

Sesuai dengan namanya, Vertebrata umumnya mempunyai bentuk tubuh yang kokoh. Hal tersebut karena ditunjang oleh tulang rangka. Sementara hewan invertebrata mempunyai cangkang pelindung untuk melindungi tubuhnya.

Perbedaan lainnya adalah hewan yang masuk dalam jenis brtulang belakang ini mempunyai organ tubuh yang lebih lengkap ketimbang invertebrata. Hewan Vertebrata mempunyai banyak organ dengan beragam fungsi guna menyokong kehidupannya.

Deretan Jenis Hewan Vertebrata Terpopuler

Hewan bertulang belakang sendiri dikelompokkan menjadi beberapa spesies. Yaitu antara lain mamalia, reptil. Aves atau burung, ikan serta amfibi.

Ikan

Ikan atau pisces merupakan salah satu jenis hewan yang mendapat julukan sebagai vertebrata. Hewan yang tinggal di daerah perairan ini bernafas dengan menggunakan insang, yang berperan sebagai pengambil oksigen yang terlarut ke dalam air.

Sementara sirip yang ikan miliki ini berguna sebagai alat bantu renang, agar bisa lebih mudah bergerak dalam air.

Jenis hewan Vertebrata yang paling populer ini juga memiliki sisik serta lendir pada bagian luar tubuhnya.

Baca Juga : Hewan Vertebrata dan Avertebrata, Klasifikasi dan Contohnya 

Sedangkan cara ikan berkembang biak adalah dengan bertelur, yang mana pembuahannya terjadi di bagian luar tubuh.

Fakta lain dari ikan adalah jantungnya hanya mempunyai satu ventrikel saja. Karena hal inilah ikan masuk dalam kelompok sebagai salah satu hewan berdarah dingin, yang suhu tubuhnya menyesuaikan suhu lingkungan tempat tinggalnya.

Amfibi

Amfibi merupakan salah satu jenis hewan vertebrata yang memiliki kemampuan tinggal dalam dua tempat sekaligus, yakni darat dan juga air.

Hewan vertebrata yang satu ini bernafas dengan menggunakan paru-parunya. Sama halnya seperti pisces atau ikan, amfibi juga merupakan hewan berdarah dingin, yang tidak mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Salah satu jenis amfibi yang terkenal di kalangannya lainnya adalah katak. Katak yang mempunyai rongga mulut, paru-paru dan kulit yang tidak bersisik, serta dilapisi oleh lendir ini, hanya memiliki satu ventrikel dan berkembangbiak dengan cara bertelur. Proses pembuahan dari katak ini dilakukan di luar bagian tubuhnya.

Reptilia

Hewan melata juga termasuk sebagai salah satu hewan vertebrata yang cukup populer. Nama reptilia sendiri adalah dari bahasa latin yakni “repere”, yang artinya melata.

Ciri dari si reptilia ini adalah kulit yang bersisik, dapat tinggal baik darat dan air, serta bergerak dengan cara melata atau merayap.

Sama seperti amfibi dan pisces, hewan reptil melakukan perkembangbiakkan dengan cara bertelur. Beberapa contoh hewan reptile yang terkenal adalah biawak, buaya, ular, kadal, penyu, dan masih banyak lagi.

Aves

Jenis hewan Vertebrata terkenal lainnya adalah Aves atau nama lain dari burung. Seperti yang sudah kita ketahui, burung merupakan hewan yang hidup di darat.

Burung juga memiliki tubuh yang penuh dengan bulu, memiliki sayap yang berfungsi untuk terbang dan mengatur suhu tubuh. selain itu, hewan yang satu ini juga berjalan dengan menggunakan kedua kaki. Fakta lain dari burung adalah bernafas dengan menggunakan paru-paru.

Baca Juga : Contoh Kingdom Animalia dan Klasifikas dalam Kerajaan Makhluk Hidup

Berbeda dengan vertebrata jenis lainnya, burung memiliki jantung dengan empat ruangan yang sempurna dengan dua serambi dan dua bilik.

Mamalia

Jenis hewan vertebrata yang satu ini jelas sudah tidak asing lagi. Nama mamalia adalah bersumber dari bahasa latin yakni “mammae”, yang artinya buah dada.

Hewan yang termasuk dalam spesies mamalia sebagian hidup di darat dan sebagian lagi hidup di air.

Spesies mamalia memiliki kulit dan bulu yang halus serta terdapat banyak kelenjar pada dalam kulitnya. Kelenjar-kelenjar yang ada pada hewan mamalia, antara lain kelenjar lemak, kelenjar keringat, kelenjar susu, dan masih banyak lagi.

Itulah jenis hewan Vertebrata yang paling populer dan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto