Jenis Olahraga untuk Melangsingkan Badan, Mudah Dilakukan Sendiri

Jenis Olahraga
Jenis olahraga untuk melangsingkan badan yang mudah dan bisa dilakukan sendiri. Foto: Net/Ist.

Jenis olahraga untuk melangsingkan badan yang bisa kamu pilih ada banyak. Semuanya bisa dilakukan sendiri karena olahraga ini sangat mudah, bahkan menjadi favorit banyak orang.

Salah satu yang menjadi tren saat ini adalah menjalani gaya hidup sehat. Melalui olahraga, kamu bisa mendapatkan goals hidup sehat. Apalagi beberapa jenis olahraga ini dapat kamu lakukan sendiri dengan menggunakan peralatan minim.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 olahraga favorit yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah.

5 Jenis Olahraga untuk Melangsingkan Badan

Jogging

Jogging kerap diartikan sebagai olahraga lari yang kecepatannya per jam (mph) kurang dari 6 mil. Jenis olahraga ini menjadi favorit banyak orang karena mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Namun, tak sedikit pula orang yang menganggap kalau jenis olahraga ini kurang efektif dalam meningkatkan stamina. Sebab jogging terkadang tak bisa meningkatkan detak jantung.

Baca Juga : Diet Lemon, Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit

Meski begitu, olahraga ini dapat membantu menguatkan otot tubuh, tulang, dan sendi. Atau bisa juga sebagai latihan dengan intensitas rendah sebelum melakukan olahraga yang intensitasnya lebih tinggi, seperti halnya olahraga lari.

Lari

Jenis olahraga untuk melangsingkan badan yang berikutnya adalah lari. Olahraga ini selalu direkomendasikan karena paling mudah dan murah untuk dilakukan sehari-hari.

The Journal of Adolescent Health dalam penelitiannya mengungkap bahwa, rutin berlari setiap pagi jari selama selama 30 menit dapat memperbaiki fungsi psikologis dan kualitas tidur seseorang.

Bahkan, lari juga termasuk olahraga kardio yang sangat baik untuk membantu menurunkan kelebihan berat badan.

Renang

Berenang menjadi salah satu jenis olahraga untuk melangsingkan badan. Selain itu, berenang juga sangat baik bagi kesehatan seluruh tubuh karena mengharuskan semua anggota tubuh bergerak melawan arus air.

Baca Juga : Untuk Wanita yang Ingin Perut Langsing dan Seksi, Ini Tipsnya

Gerakan-gerakan tubuh saat berenang akan membangun kekuatan otot dan stamina, termasuk bisa menyehatkan jantung.

Buat kamu sedang menjalani diet untuk melangsingkan badan, berenang bisa menjadi solusi tepat sebagai olahraga untuk membakar kalori yang berlebih.

Jika kamu melakukannya secara rutin dan juga teratur, olahraga renang dapat mencegah munculnya sejumlah penyakit, seperti jantung, gula darah hingga stroke. Biasanya setelah berenang tubuh pun akan terasa segar dan rileks.

HIIT Workout

Latihan interval dengan intensitas tinggi atau High Intensity Interval Training (HIIT) merupakan salah satu olahraga favorit saat pandemi. Karena jenis olahraga ini bisa dilakukan dalam rumah dengan durasi waktu cukup 10 sampai 15 menit saja.

Dengan demikian, HIIT menjadi salah satu jenis olahraga untuk melangsingkan badan yang bisa kamu pilih. Selain dapat kamu lakukan sendiri, juga tidak membutuhkan waktu lama untuk membakar kalori berlebih.

Dalam sebuah penelitian tahun 2015, jenis olahraga ini terbukti mampu membakar kalori 25 hingga 30 persen lebih ketimbang olahraga lari, bersepeda, atau angkat beban.

Baca Juga : Ubah Gaya Hidup Tak Sehat Jika Anda Ingin Terlihat Awet Muda

Bahkan, melakukan HIIT sangat tepat untuk mereka yang mengalami masalah obesitas maupun yang ingin lebih fokus menghilangkan lemak dalam tubuhnya.

Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga favorit lainnya yang bisa melangsingkan badan dan dapat kamu lakukan sendiri. Olahraga ini merupakan perpaduan yang harmonis antara tubuh, jiwa, dan pikiran.

Saat melakukan yoga fokusnya tak selalu pada gerakan, tapi juga berkonsentrasi menenangkan pikiran. Selain itu, kita juga melihat ke dalam diri kita sendiri.

Jenis olahraga ini pun tak hanya sekadar stretching, tapi merupakan olahraga yang efektif untuk membantu melangsingkan badan.

Itulah 5 jenis olahraga favorit yang dapat kamu lakukan sendiri untuk menurunkan berat badan berlebih. Cocok bagi kamu yang mengalami masalah obesitas. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah