Kaki Berkeringat Dingin, Waspadai Penyebabnya dari Penyakit Berbahaya

kaki berkeringat dingin
Waspadai penyebab kaki berkeringat dingin. Foto: Ist?Net

Kaki berkeringat dingin sebenarnya merupakan kondisi yang normal dan sering kita alami. Namun mengenal faktor penyebabnya, penting untuk penaganan yang efektif. Apalagi kondisi ini bisa berhubungan dengan suatu penyakit yang berbahaya.

Kaki menjadi terasa berkeringat atau kedinginan jika ada perbedaan suhu tubuh dan lingkungan. Kondisi ini bisa terjadi ketika suhu badan normal akan tetapi suhu lingkungan menurun lebih rendah dari suhu ruangan yang seharusnya.

Akan tetapi, jika hal ini bukan karena perbedaan suhu namun Anda tetap merasakan kaki yang dingin sebaiknya waspadalah. Ada beberapa hal yang bisa menjadi kemungkinan faktor penyebab gangguan ini.

Faktor Penyebab Kaki Berkeringat Dingin

Kaki yang berkeringat memang sering kita alami. Selain karena suhu lingkungan, gangguan ini juga bisa terjadi pada orang yang sering menutup kakinya. Kurang lancarnya sirkulasi udara pada kaki bisa menyebabkan gangguan ini.

Namun, jika Anda sering mengalami kondisi ini tanpa sebab yang jelas sebaiknya waspadalah. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kaki berkeringat dingin yang perlu Anda tahu.

Baca Juga : Penyebab Bau Kaki dan Cara Mudah Menghilangkannya

Masalah Sirkulasi Darah

Selain terjadi karena suhu, masalah sirkulasi darah dalam tubuh juga bisa menjadi hal lain yang menyebabkan kaki berkeringat.

Seseorang yang sering mengalami masalah sirkulasi darah yang buruk akan sering mengeluhkan tangan dan kaki kedinginan. Hal ini terjadi karena kurangnya darah hangat yang mengalir pada area ekstremitasnya.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi salah satu penyebab hal ini terjadi. Seperti kurang bergerak, duduk terlalu lama, kebiasaan merokok, dan gaya hidup yang suka mengonsumsi makanan junk food dan alkohol.

Mengalami Anemia

Anemia merupakan kondisi yang terjadi ketika seseorang memiliki sel darah merah normal yang terlalu sedikit dalam tubuhnya. Kasus anemia baik sedang atau berat dapat menjadi salah satu penyebab kaki berkeringat dingin.

Baca Juga : Penyebab Tangan Berkeringat, Waspada Gejala Kardiovaskuler dan Penyakit Berbahaya

Anemia terjadi karena berbagai hal. Termasuk karena kekurangan zat besi, vitamin B12, asam folat, atau penyakit ginjal kronis.

Untuk mengatasi gangguan ini Anda bisa mengubah pola konsumsi dengan makanan sehat. Anda juga perlu mengonsumsi suplemen sesuai dengan anjuran dokter.

Gangguan Sistem Saraf

Kerusakan sistem saraf bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Trauma atau cedera, peradangan yang parah, atau beberapa kondisi medis tertentu dapat menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Kerusakan sistem saraf ini dapat mengakibatkan keringat serta beserta beberapa gejala tambahan termasuk mati rasa dan kesemutan.

Mengalami Diabetes Mellitus

Orang yang menderita diabetes mungkin beresiko mengalami masalah sirkulasi darah. Sehingga kondisi ini juga dapat menyebabkan kaki berkeringat dingin.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keringat Dingin yang Paling Ampuh dan Mudah

Kadar gula darah yang tinggi dan cenderung tidak stabil juga dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah arteri.

Kondisi inilah yang akan menjadikan pasokan darah menuju jaringan berkurang. Sehingga efek sampingnya adalah mudah mengalami kedinginan pada bagian kaki.

Gejala lain yang biasanya mengiringi sensasi rasa kedinginan pada bagian kaki yang penderita diabetes alami adalah kesemutan, mati rasa atau sensasi terbakar pada bagian kaki dan tungkai. Gejala ini akan semakin memburuk pada malam harinya.

Stres atau Cemas

Berada dalam kondisi stres atau cemas juga dapat menyebabkan kaki berkeringat dingin. Hal ini sebenarnya merupakan suatu respon alami bagi tubuh orang yang mengalami stress terhadap  kemampuan tubuh memompa adrenalin ke dalam aliran darah.

Ketika sirkulasi terjadi, adrenalin menjadi penyebab pembuluh darah mengkerut, dan hal ini akan berakibat terhadap berkurangnya aliran darah pada area tubuh paling luar.

Respons inilah yang nantinya akan menyimpan suatu energi serta mempersiapkan segala kerusakan tubuh yang mungkin terjadi sebagai akibat dari kondisi stress yang tinggi.

Hipotiroidisme

Kelenjar tiroid yang kurang aktif sehingga menghasilkan kadar hormon tiroid yang rendah dapat mengakibatkan terjadinya masalah hipotiroidisme. Hal ini akan dapat berdampak negatif pada proses metabolisme tubuh.

Gangguan pada metabolisme tubuh ini akan sangat berpengaruh terhadap detak jantung, suhu tubuh serta sirkulasi darah. Sehingga segala hal yang berkaitan dengan hipotiroidisme dampak akhirnya mengakibatkan kaki menjadi terasa kedinginan.

Itulah beberapa faktor penyebab kaki berkeringat dingin yang perlu Anda waspadai. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghindari gaya hidup tak sehat dan melakukan olahraga secara rutin untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh dan sirkulasi darah. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah