Kelebihan iOS 15; Pengguna iPhone Wajib Tahu!

Kelebihan iOS 15; Pengguna Wajib Tahu!
Kelebihan iOS 15; Pengguna Wajib Tahu!

Perusahaan Apple akhirnya mengumumkan bahwa Sistem operasi iOS 15 pada 7 Juni 2021. Apple mengumumkan sistem perangkat terbarunya ini dalam ajang Worldwide Developer Conference 2021.

Sistem baru ini akan menghadirkan beberapa Fitur terbaru yang membawa sejumlah peningkatan teknologi iPhone. Dengan hadirnya iOS 15 ini juga memberikan peningkatan pada FaceTime dan iMessage yang sudah terdesain dengan apik.

Selain itu pada iOS ini beberapa Notifikasi juga hadir dengan jenis yang baru. Pada kesempatan kali ini pihak Apple memberikan pembaruan yang luar biasa.

Sistem terbari milik perusahaan Apple tersebut saat ini menjadi beta pengembang dengan peluncuran sistem secara publik yang resmi rilis pada bulan Juli. Sedangkan untuk sistem sendiri akan rilis secara umum pada musim gugur.

Sistem iOS 15 ini sangat kompatibel dan memungkinkan dengan semua produk iPhone termasuk model iPod touch yang saat ini beru berjalan dengan iOS 14. Hal ini berarti bahwa pengguna iPhone 6s dan juga iPhone SE generasi pertama akan menerima pembaruan di akhir tahun 2021 ini.

iOS 15 ini akan membawa sejumlah perubahan baru pada iPhone. Beberapa pembaruan yang dibawa iOS 15 ini adalah perubahan besar pada Facetime.

Dalam Facetime ini akan ada audi spasial sehingga pengguaan Facetime akan lebih alami dan juga terkesan hidup. Sehingga pengguna akan lebih nyaman.

Beberapa kelebihan lain juga turut dibawakan oleh iOS 15 ini yang wajib pengguna iPhone tahu.

Apa itu iOS 15?

iOS 15 merupakan pembaruan perangkat dari merk dagang paling terkenal Apple. Seri ini merupakan Seri perangkat lanjutan setelah sebelumnya mengeluarkan seri iOS 14.

Perangkat memang menjadi kebutuhan utama setiap pengguna ponsel. Perangkat merupakan kunci kecerdasan dari sebuah ponsel.

Memang baik Andoid sampai iOS akan terdapat pembaruan perangkat untuk memutakhirkan teknologi sesuai dengan kebutuhan fungsi. Pembaruan perangkat ini bertujuan untuk menyeragamkan perangkat baik perangkat baru maupun perangkat lama dari suatu merk dagang.

Muncul perangkat iOS 15 ini seiring dengan rumor akan rilis ponsel merek  iPhone dengan seri iPhone 13. Sebelumnya iPhone 12 merupakan iPhone keluaran paling baru dari merk dagang Apple yang sempat menggemparkan karena harganya yang Fantastis.

Dalam hal peningkatan dari iOS ke 14 sampai dengan iOS 15 ini berfokus pada Privasi. Sistem terbaru ini memperluas pemrosesan di perangkat untuk dapat lebih membatasi potensi sirkulasi data.

Selain itu iOS 15 ini memberikan penggunanya informasi yang lebih banyak dari pada versi sebelumnya. Informasi yang tersedia di iOS 15 ini berisi tentang apa saja dan pihak ketiga merupakan penyedia informasi ini.

Beberapa pihak juga menyebut kan bahwa sistem terbaru ini menggunakan Mode Do Not Disturb atau Mode jangan ganggu. Sehingga dengana danya Mode ini dapat meningkatkan daya Fokus dari pengguna.

Penerapan mode Do Not Disturb ini merupakan pencegahan terhadap banyaknya gangguan. Beberapa Ponsel memang cenderung akan sangat mudah mengalami gangguan konsetrasi karena adanya pesan yang masuk dan juga tampil di layar.

Sehingga bagi setiap ponsel yang menerapkan sistem ini dapat langsung menikmati mode do not disturb ini. Saat ini pada iPhone 6 masih belum dapat melakukan Update.

Namun untuk seri 6S yang sudah meluncur sejak tahun 2015 ini masih tetap dapat menerapkan iOS 15 dan mendapat keistimewaan Update secara berkala.

Daftar iPhone yang menggunakan iOS 15

Selain perangkat 6S terdapat juga sejumlah perangkat iPhone lainnya yang dapat langsung menerapkan iOS 15. Secara sederhana pengguna dapat mengetahui bahwa Versi untuk keluaran di atas 6s pasti dapat menerapkan Sistem terbaru ini.

Daftar perangkat iPhone yang mendapatkan pembaruan iOS 15 yang telah mendapatkan dukungan dari versi sebelumnya yakni iOS 14. Berikut daftar perangkat yang mendapatkan dukungan sistem iOS 15,

  1. Seri iPhone 12, seluruh seri iPhone 12 akan mendapatkan dukungan sistem ini, Termasuk juga iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max.
  2. iPhone 11, seluruh seri dari iPhone 11 ini juga mendapatkan dukungan dari sistem terbaru ini termasuk juga iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max.
  3. iPhone XS dan juga iPhone XS Max.
  4. Seri iPhone X dan iPhone XR.
  5. iPhone 8 dan juga iPhone 8 Plus
  6. iPhone 7 dan iPhone 7 plus.
  7. Seri iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.
  8. iPhone SE generasi pertama dan juga generasi kedua.
  9. iPod Touch generasi ketujuh.

Kelebihan iOS 15

Fitur Do Not Distrub

Dengan adanya fitur Do Not Disturb yang ada pada iOS 15 ini maka lebih memungkinkan untuk menggunakan ponsel dengan lebih fokus. Dalam fitur Do Not Disturb ini bukan berarti seluruh notifikasi tidak akan muncul.

iOS 15 akan menyotir kolom notifikasi ke dalam sebuah grub sehingga pengguna dapat mengetahui grub mana atau pesan penting mana yang akan menjadi prioritas. Tentunya hal ini tidak akan menjadi hal yang menyebalkan karena pengguna akan lebih slow respon terhadap hal-hal yang kurang penting.

Hal ini karena ketika pengguna mulai mengaktifkan Mode Do Not Disturb maka Apple akan memberitahu teman anda. Pada teman anda akan muncul pemberitahuan bahwa anda sedang menggunakan mode jangan ganggu.

Namun jika pesan tersebut memang sangat penting, maka pihak Apple akan memberikan sebuah jalan untuk orang yang menghubungi anda dengan melewati mode jangan ganggu.  Mode jangan ganggu ini turut mendapatkan dukungan dengan penambahan mode mutakhir lainnya yakni Work Mode In Focus, selain itu ada pula personal mode dan sleep mode.

Widget dan App Library  

Keunggulan selanjutnya yakni widget dan App Library, kini pada iOS 15 pengguna dapat menempatkan Widget di sela-sela aplikasi dan home screen. Selain itu Library app kini secara otomatis dapat mengatur aplikasi dalam beberapa kategoru seperti produktivitas, game, dan juga aplikasi recent added.

Pada iOS 15 ni ikon App Library ini terletak pada Dock sehingga semakin memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai aplikasi yang dibutuhkan.

Fitur Multitasking

iOS 15 juga membawa perubahan penggunaan yang Multitasking. Saat ini pengguna dapat menggunakan kedua aplikasi secara bersamaan.

Apple memiliki tols tersendiri untuk dapat mempermudah memasukkan aplikasi ke dalam tampilan Multitasking. Sehingga kini melalui iOS 15 ini pengguna dapat melakukan banyak kegiatan dengan aplikais yang memiliki banyak jendela seperti Pages dan juga Safari

Adanya Picture in Picture

Picture in Picture ini juga menjadi salah satu kelebihan yang dari perangkat ini. Picture in Picture ini adalah fitur yang mana pengguna dapat menonton video sambil tetap menjalankan aplikasi lainnya.

Terdapat Aplikasi Translate

Kini ponsel iPhone dengan iOS 15 ini memiliki aplikasi translate. Sehingga aplikasi ini dapat menerjemahkan sebanyak 11 bahasa baik penggunaan secara concversation maupun offline.