Kelebihan dan Kekurangan Stang Jepit, Pecinta Modifikasi Wajib Tahu

Stang Jepit
Kelebihan dan kekurangan stang jepit, pecinta modifikasi wajib tahu. Foto: Net/Ist.

Kelebihan dan kekurangan stang jepit sepertinya wajib diketahui oleh pecinta motor modifikasi. Istilah stang jepit juga sudah tidak asing lagi bagi anda yang suka memodifikasi sepeda motor. Karena penggunaan komponen tersebut bisa membuat tampilan motor semakin terlihat lebih sporty.

Bagian kanan dan kiri stang jepit terpisah. Biasanya pemasangan komponen yang satu ini menjepit langsung pada pipa shockbreaker bagian sisi atas dan pada bagian bawah segitiga. Selain itu, posisi stang juga dapat diatur oleh penggunanya sesuai kebutuhan.

Alasan pengguna motor modifikasi yang memakai stang jepit (handlebar clip-on atau stang clip-on) biasanya karena ingin motornya memiliki performa riding paling baik di kelasnya.

Bagi anda yang ingin sepeda motornya menggunakan stang jepit, ada baiknya simak dulu mengenai kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini ulasan lengkapnya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Ini Kelebihan dan Kekurangan Stang Jepit Sepeda Motor

Kelebihannya Membuat Tampilan Motor Menarik

Baca Juga : Modifikasi Stang Motor, Kenali Jenisnya Sebelum Membeli

Kelebihan yang pertama jika menggunakan stang jepit adalah bisa membuat tampilan motor jadi menarik. Bagi pecinta motor sport tentunya penampilan menjadi hal wajib yang harus mendapat perhatian.

Salah satunya memperhatikan bagian stang. Dengan menggunakan komponen tersebut bisa membuat tampilan motor terlihat lebih mengesankan.

Desain Keren

Kelebihan dan kekurangan stang jepit yang perlu anda ketahui. Mengulas kelebihannya yang kedua yaitu memiliki desain keren. Desainnya bisa custom sesuai dengan selera anda.

Biasanya pemilihan desain untuk stang jepit akan mempertimbangkan berdasarkan gaya utama yang diusung oleh motor tersebut.

Mampu Mengurangi Hambatan Udara

Baca Juga : Lampu Variasi Motor, Menjadikan Berkendara Anda Lebih Keren

Stang jepit mampu mengurangi hambatan udara. Ini menjadi salah satu kelebihan dari stang jepit. Ketika memakai stang standar, hembusan angin saat di perjalanan biasanya terasa menyiksa dada.

Tetapi hal itu tidak akan terjadi jika anda menggantinya menggunakan stang jepit. Karena komponen tersebut dapat membantu anda menangkal angin. Sehingga sangat cocok anda gunakan untuk perjalanan malam.

Selain itu, kelebihan menggunakan stang jepit juga membuat tubuh anda terhindar dari hembusan angin secara langsung ke dada. Karena posisi tubuh saat berkendara jadi menunduk.

Bisa Tingkatkan Performa Motor

Membahas kelebihan dan kekurangan stang jepit memang wajib anda ketahui. Terutama bagi pecinta motor modifikasi. Sebagai kelebihan lainnya dari penggunaan komponen ini yaitu bisa meningkatkan performa kendaraan,

Ini menjadi salah satu keunggulan yang menakjubkan dari stang jepit. Kelebihan tersebut bisa terasa ketika motor melintasi tikungan. Tentu saja ini akan membuat penggunanya menjadi lebih percaya.

Baca Juga : Lampu Tembak Motor Terbaru dengan Kualitas Terbaik

Dengan menggunakan stang jepit membuat pengendaranya akan lebih mudah ketika melewati jalan tikungan tajam. Sehingga bisa meminimalisir risiko kecelakaan.

Bahkan, penggunanya juga akan mampu menyesuaikan kecepatan dalam berkendara supaya bisa tetap aman selama menempuh perjalanan.

Kekurangan Stang Jepit Membuat Getaran Lebih Terasa

Kelebihan dan kekurangan stang jepit. Jika melihat kekurangannya, menggunakan stang jepit akan membuat getaran menjadi lebih terasa.

Tentunya kondisi tersebut banyak yang tidak menyukainya, dan mereka lebih menyukai motor yang tenang. Oleh karena itu tidak disarankan mengganti stang bawaan pabrik dengan stang jepit.

Badan Menjadi Kelelahan

Menggunakan stang jenis ini memang dapat mengurangi hembusan angin secara langsung ke tubuh. Namun hal itu pun bisa menyebabkan badan terasa lebih capek. Sebab posisi tubuh pengendaranya jadi membungkuk. Posisi ini bisa menyebabkan punggung terasa sakit.

Terlebih jika anda menggunakannya untuk perjalanan jauh, tentunya anda akan merasa lebih lelah. Terkecuali bagi mereka yang sudah terbiasa.

Shock Depan Boros

Mengetahui kelebihan dan kekurangan stang jepit memang penting bagi anda pecinta motor custom. Adapun yang menjadi kekurangan lainnya jika menggunakan komponen tersebut yaitu bisa membuat shock depan boros.

Hal itu karena alat tersebut tidak mampu menahan berat bobot dalam jangka waktu lama. Sebab penggunaannya harus diturunkan dari posisi awal, walaupun hanya beberapa sentimeter.

Terutama jika melintasi kondisi jalan yang rusak. Shock depan tentunya harus mampu bekerja lebih keras lagi, dan hal inilah yang membuatnya jadi lebih boros.

Jika anda menginginkan shock depan sepeda motor lebih awet, tentu tidak disarankan untuk menggantinya dengan stang jepit. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah