Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita BanjarKemenkumham Jabar Hijaukan Lapas Kota Banjar dengan Pohon Durian

Kemenkumham Jabar Hijaukan Lapas Kota Banjar dengan Pohon Durian

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Jawa Barat (Jabar), bersama Rumah Sedekah Mustika Kota Banjar serta Pemkot Banjar melaksanakan gerakan penanaman pohon atau penghijauan dengan menanam pohon durian.

Gerakan penghijauan dengan penanaman pohon tersebut berlangsung di area sarana asimilasi dan edukasi (SAE) Lapas Kelas II B Banjar, Selasa (1/6/2021).

Kakanwil Kemenkumham Jabar Sudjonggo mengatakan, agenda penanaman pohon tersebut sebagai upaya memanfaatkan lahan perkebunan yang ada di area Lapas menjadi sarana asimilasi dan edukasi (SAE).

Sehingga dengan adanya perkebunan sebagai sarana asimilasi dan edukasi (SAE) tersebut dapat menunjang kemandirian warga binaan selama menjalani proses pembinaaan.

“Hari ini kita adakan penghijauan penanaman puluhan pohon durian sebagai Sarana Asimilasi dan Edukasi warga binaan” kata Sudjonggo.

Lanjut Sudjonggo mengatakan, selain sarana asimilasi pembinaan kemandirian warga binaan, salah satu tujuan penanam pohon tersebut untuk merawat lingkungan. Termasuk juga mengelola area perkebunan dengan komoditas yang dapat menghasilkan.

Menurutnya, program tersebut sangat positif dan bermanfaat untuk dikembangkan. Karenanya, ia meminta pihak Lapas Banjar agar memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pelaksanaan asimilasi ini.

Sudjonggo berharap Rumah Sedekah Mustika Kota Banjar dapat memperluas jaringan. Bukan hanya di Lapas Banjar saja, tapi dapat membantu Lapas lainnya khususnya di Jawa Barat.

“Ini bisa menjadi wadah untuk membina kemandirian dan mendidik warga binaan sebelum mereka keluar dan kembali ke masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Banjar, Muhammad Maulana memberikan apresiasi kepada Rumah Sedekah Mustika atas bantuan kerja sama penanaman pohon tersebut.

Menurutnya bantuan yang diberikan oleh Rumah Sedekah Mustika tersebut merupakan wujud implementasi dalam mencapai hakikat pemasyarakatan serta menjadi sarana bagi warga binaan dalam memperbaiki kehidupannya.

“Bantuan pohon durian ini akan menjadi sarana dalam memberikan hidup kehidupan dan penghidupan warga binaan menuju lebih baik lagi,” katanya. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img