Keuntungan Menjadi Single, Ternyata Lebih Menyenangkan

Keuntungan Menjadi Single
Keuntungan Menjadi Single, Tenyatta Lebih Menyenangkan. Foto: Ist/Net

Ada beberapa keuntungan menjadi single atau lajang di saat banyak teman sudah menikah. Khususnya untuk kamu yang berada pada rentang usia 20-an akhir dan 30-an, tidak perlu minder atau malu. Nikmati saja status dan kebebasanmu, kamu pun bisa belajar dan mengembangkan diri sendiri.

Menikah itu indah, tapi hidup melajang pun akan jauh lebih indah bila kamu bisa melihat sisi positifnya. Status lajang tidak selalu dikaitkan pada kesepian dan menyendiri. Dengan statusmu saat ini, kamu memiliki kebebasan untuk bersosialisasi dengan jangkauan yang lebih luas.

Baca Juga: Tips Hidup Tenang di Usia Muda, Miliki 5 Prinsip Ini

Jangan Galau, Ini Keuntungan Menjadi Single!

Hidup melajang ternyata memberi dampak positif pada kondisi finansial, relasi, dan kesehatan. Berikut ini manfaat yang bisa kamu dapat hanya ketika masih melajang.

Kebebasan Waktu dan Finansial

Keuntungan menjadi single yang pertama, kamu bisa menikmati serta mengatur waktu dan uang untuk diri sendiri. Kamu memiliki kendali penuh atas semuanya, tanpa ada yang mengekang.

Jika mereka yang sudah menikah wajib meluangkan waktu untuk pasangan, maka kamu bebas melakukan apa pun yang disukai. Jika mereka yang sudah punya pasangan harus menetapkan budget untuk makan berdua, maka kamu hanya perlu menggunakan uang untuk diri sendiri.

Lebih Memahami Diri Sendiri

Karena terbiasa hidup melajang, maka kamu lebih tahu apa yang kamu inginkan untuk diri sendiri dan pasanganmu kelak. Banyak orang terjebak dengan pasangan yang salah karena gengsi menyandang predikat jomblo. Fenomena memilih pasangan secara acak ini sering terjadi tanpa disadari.

Baca Juga: 4 Benda yang Menjadi Sarang Kuman, Wajib Dibersihkan Rutin

Dengan terbiasa hidup melajang, kamu bisa menentukan standar dan kriteria pasangan ideal versi diri sendiri. Jangan terpengaruh dengan standar ideal di sosial media yang seringkali menjebak, karena setiap orang memiliki kebutuhan dan tanggungan yang berbeda-beda.

Mampu Membedakan Karakter Orang

Banyak bertemu dan berinteraksi dengan berbagai macam orang adalah salah satu keuntungan masih single. Kamu yang masih melajang di usia 20-an akhir dan 30-an cenderung lebih berpengalaman dalam kehidupan sosial. Kamu pun jadi bisa membedakan mana orang yang tulus, hanya mengutamakan kepentingannya, atau yang berpotensi toxic.

Membedakan karakter orang juga berpengaruh pada kelangsungan karir atau bisnismu. Kamu bisa memprioritas orang-orang yang tertarik pada produk atau keahlianmu. Dengan begitu, pekerjaan atau bisnis bisa berjalan lancar.

Memiliki Ekspektasi yang Realistis

Ekspektasi yang terlalu tinggi akan membuat orang kecewa pada pasangannya. Seringkali, ekspektasi tinggi inilah yang menjadi pemicu konflik pada hubungan. Perpisahan akhirnya terjadi akibat ketidakmampuan memenuhi harapan satu sama lain.

Kamu yang masih melajang di usia 20-an akhir dan 30-an, sudah bisa mengatur ekspektasi terhadap cinta. Kamu tidak mengharapkan kriteria yang muluk-muluk dan tidak realistis.

Selain manfaat di atas, keuntungan menjadi single membuat kamu lebih tenang dan dewasa dalam menghadapi kekecewaaan. Kamu bisa bangkit dari kegagalan dan mencari solusi dengan baik karena terbiasa bertanggung jawab atas diri sendiri. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu