Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruKhasiat Rebusan Daun Pandan Campur Jahe untuk Kesehatan

Khasiat Rebusan Daun Pandan Campur Jahe untuk Kesehatan

Khasiat rebusan daun pandan dicampur dengan jahe sudah terbukti mujarab untuk kesehatan tubuh. Karena, daun pandan memiliki kandungan flavonoid, polifenol, alkaloid, dan saponin sebagai senyawa kimia alami.

Oleh karena itu, daun pandan tidak bisa Anda sepelekan. Senyawa tersebut berperan sebagai antibakteri, sehingga daun pandan sangat ampuh untuk membantu mengatasi berbagai jenis penyakit.

Bahkan, cara mengonsumsinya pun sangat sederhana. Anda cukup membersihkan daun pandan, kemudian buat simpul daun pandan 10 atau 12 helai.

Selanjutnya rebus daun tersebut dalam panci selama sekitar 7 sampai 10 menit, dan didihkan menggunakan air selama 3 menit.

Agar khasiat kesehatan serta rasanya bertambah, Anda bisa campurkan jahe ke dalam rebusan daun pandan sebagai alternatif pilihan untuk rasanya.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi air rebusan daun pandan campur dengan jahe? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga : Manfaat Daun Pandan Wangi Atasi Kanker, Penenang Hingga Pengusir Rematik

6 Khasiat Rebusan Daun Pandan Campur Jahe

Meredakan Sakit Kepala

Jika terlalu sering mengalami sakit kepala, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan. Atau bisa juga daun pandan Anda gunakan untuk aroma terapi yang dapat menenangkan pikiran, sekaligus meredakan masalah sakit kepala.

Terapi Kanker

Khasiat rebusan daun pandan yang berikutnya yaitu untuk terapi penyakit kanker. Caranya, konsumsi teh berbahan daun pandan sehari 2 kali untuk melawan racun. Serta menghambat tumbuhnya sel-sel yang menjadi penyebab kanker.

Menurut sebuah penelitian, daun pandan mengandung efek antiproliferatife, antimiotic, dan apoptotic. Oleh karena itu, daun tersebut berpotensi untuk dipelajari lebih dalam lagi terkait fungsinya sebagai terapi alami penyakit kanker.

Baca Juga : Manfaat Rebusan Daun Suji untuk Kesehatan, Atasi Stroke Hingga Sipilis

Mengatasi Rasa Nyeri

Rasa nyeri ketika Anda mengalami sakit kepala, radang persendian, atau sakit telinga dapat teratasi dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan.

Karena, daun pandan memiliki khasiat yang mujarab untuk membantu meredakan sejumlah rasa nyeri akibat adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Mengatur Gula Darah

Berperan mengatur gula darah menjadi salah satu khasiat rebusan daun pandan yang bisa Anda dapatkan. Terutama bagi penderita penyakit diabetes.

Majalah Pharmacognosy pada tahun 2015 menerbitkan hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Thailand mengenai manfaat minuman ekstrak daun pandan.

Menurut hasil penelitian tersebut, mengonsumsi ekstrak daun pandan dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga : Manfaat Daun Turi Untuk Kesehatan Tulang, Kulit, dan Anti Radang

Hal itu terbukti bahwa, glukosa plasma yang peneliti ambil dari orang yang mereka teliti mengalami penurunan secara signifikan. Penurunan itu terjadi selama penelitian berlangsung.

Membantu Detoksifikasi

Detoksifikasi penting bagi mereka yang sehari-harinya aktif bergerak sehingga selalu terpapar polusi. Khasiat rebusan daun pandan bisa membantu proses detoksifikasi.

Radikal bebas yang ada dalam tubuh harus Anda lawan supaya tidak mengundang munculnya sejumlah penyakit akibat selalu terpapar radikal besar.

Mengatasi Rematik

Khasiat rebusan daun pandan ternyata dapat membantu mengatasi radang persendian atau rematik. Anda bisa melakukan upaya mengatasi masalah rematik ini dengan cara memotong daun pandan tiga lembar.

Kemudian setelah itu, masukkan daun pandan ke dalam minyak kelapa yang sedang direbus. Untuk mengatasi penyakit rematik, jika sudah dingin Anda tinggal oleskan ke bagian persendian yang terasa sakit.

Itulah 6 khasiat air rebusan daun pandan untuk kesehatan tubuh. Konsumsi secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, jika rasa sakit tersebut tak kunjung sembuh meski Anda sudah rutin dan sesuai aturan mengonsumsi air rebusan daun pandan, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah