Kisah SNS dan Tiktoker Ciamis: Galang Dana Netizen, Bantu Nini Sunirah

Tiktoker Ciamis
Nini Sunirah bersama Ncep Billal. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kisah Nini Sunirah yang tinggal sebatang kara di sebuah rumah tak layak huni membuat sejumlah netizen terharu. Adalah komunitas SNS (Sejatinya Sahabat) dan Tiktoker Ncep Billal dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang mewujudkan rumah layak huni bagi Nini Sunirah.

Sebelumnya, HR Online memuat kisah Nini Sunirah di Dusun Cacaban, Desa Tanjungsari, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis. Saat itu, ia tinggal di rumah tanpa listrik. Sehingga jika malam, keadaan rumah Nini Sunirah gelap gulita. 

Untuk membantu penerangan di dalam rumah, Nini Sunirah menggeser genteng agar cahaya dari luar bisa masuk.

Selain itu, keadaan rumah yang berdinding anyaman bambu juga bolong-bolong. Nini Sunirah menutupnya dengan kain agar kalau malam tidak kedinginan.

Nini Sunirah juga tinggal sendirian di rumahnya tersebut, karena suami dan anaknya sudah meninggal dunia.

Baca Juga: Derita Nini Sunirah di Ciamis, Gelap Gulita Tinggal di Rutilahu Tanpa Listrik

Kini nasib baik menghampiri Nini Sunirah, pasca pemberitaan tersebut, bantuan datang terus menerus. Penerangan untuk rumah Sunirah juga sudah ada. Bahkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis juga sempat mendatangi Nini Sunirah. 

Kepala Dusun Cacaban Kohar, mengatakan, ia tak henti-henti mengantar tamu yang datang ingin berjumpa dengan Nini Sunirah.

“Sekarang lumayan sibuk, banyak yang datang ingin bantu. Alhamdulillah,” katanya.

Salah satu bantuan untuk Nini Sunirah datang dari komunitas SNS dan Tiktoker Ciamis Ncep Billal yang akhirnya mewujudkan rumah layak huni bagi Nini Sunirah.

Pembina Komunitas SNS Asep Rio Sudrajat, mengatakan, komunitasnya baru berdiri 4 bulan, namun fokus komunitasnya memang untuk membantu secara sosial.

“Awalnya ada yang menunjukkan rumah Emak Sunirah ini, melihat dari foto saja saya merasa sedih, akhirnya saya hubungi Ketua SNS untuk survei dan membantu Emak Sunirah ini,” kata Asep Rio kepada HR Online, Selasa (1/6/2021).

“Saya bersama komunitas SNS ini bertekad untuk membantu si Emak sampai tuntas, sampai rumahnya benar-benar terbangun, dan segala kebutuhan si Emak terpenuhi,” katanya.

Baca Juga: Tangis Histeris Esih Dapat Bantuan Rutilahu dari Bupati Ciamis

Asep Rio bahkan sempat menawari Nini Sunirah sebuah TV untuk menemaninya agar tidak kesepian. “Tapi jawabannya itu bikin terharu, Emak mah maunya kenyang makan dan mau tasbih, mukena, mau ibadah. Dari sana saya menitikkan air mata,” ungkapnya.

Asal Mula Tiktoker Ciamis Bantu Nini Sunirah

Paling Kiri: Pembina SNS Asep Rio Sudrajat dan Ncep Billal bersama Babinsa, Babinmas, Kepala Dusun, dan anggota komunitas SNS di lokasi rumah Nini Sunirah. Foto: Istimewa

Komunitas SNS juga menjalin komunikasi dengan content creator asal Cikoneng, Ciamis Ncep Billal. Billal bersama Ketua SNS mendatangi rumah Nini Sunirah kemudian membuat video yang menceritakan kehidupan Nini Sunirah.

“Saat saya mendatangi Emak Sunirah itu, lihat wajahnya itu saya sudah langsung terenyuh,” katanya saat dihubungi HR Online.

Billal kemudian meminta izin untuk membuat video. Video tersebut kemudian ia unggah di akun YouTube Gema TV. 

“Responnya biasa saja, paling ada beberapa yang menitipkan donasi. Saya berpikir bagaimana ini membantu Emak ini. Saya waktu itu belum open donasi, karena memang takutnya saya dianggap memanfaatkan,” katanya.

Saat ia mendapatkan adsense dari YouTube, ia pun bertekad menyumbangkannya untuk Nini Sunirah. Billal juga kemudian mengunggah video Nini Sunirah di akun Tiktok-nya @ncepbillal_art.

Tak menyangka warganet merespon video Tiktok tentang Nini Sunirah. Warganet mendorong Billal untuk open donasi.

Dari sanalah Billal kemudian melakukan open donasi, Billal membuat video Nini Sunirah dengan mencantumkan alamat dan nomor rekening.

“Baru 30 menit saya upload videonya, itu sudah terkumpul sekitar 40 juta. Bahkan komentar dan pesan ke WA saya itu terus masuk,” katanya.

Pada Sabtu (29/5/2021) pagi, Bilal bersama Asep Rio dan komunitas SNS mendatangi kembali Nini Sunirah. Ia menyerahkan bantuan dari warganet. 

Selanjutnya Senin (31/5/2021) warga setempat mulai bergotong royong membangunkan rumah untuk Nini Sunirah. 

Billal mengaku bersyukur bisa membantu Nini Sunirah. Ia mengakui sejak dirinya mengunggah kisah Nini Sunirah subscriber YouTube Gema TV terus bertambah. Begitu juga dengan follower-nya di Tiktok. Dari awal hanya ratusan, saat ini sudah mencapai 50 ribu lebih follower.

“Ini sudah rezekinya Emak Sunirah, rezeki saya juga. Saya berpikir bagaimana caranya membantu,” katanya. (Ndu/R7/HR-Online)