Konsol Game Populer Yang Ada Hingga Sekarang

Konsol game populer saat ini mulai terlupakan akibat dari banyaknya game online pada ponsel. Tergeser dengan kemudahan bermain game hanya dengan satu perangkat kecil.

Bermain game selalu menjadi sebuah hiburan bagi banyak kalangan tanpa melihat batasan umur. Sejak dahulu saat game masih menggunakan alat atau konsol yang cukup besar hingga kini cukup dengan sebuah ponsel serta koneksi internet.

Game mampu membawa suasana menjadi lebih menyenangkan juga menghibur saat lelah atau bosan. Berbagai game tersedia dan dapat Anda mainkan sendiri atau pun bersama teman dan keluarga.

Salah satu cara bermain game yang sejak lama dan hingga sekarang masih banyak adalah konsol. Cara ini dapat memberikan pengalaman bermain game yang lebih maksimal.

Bukan sekedar itu saja, kualitas suara lebih jernih serta grafik yang tajam menjadi kelebihannya. Bagi beberapa orang, bermain game dengan konsol jauh lebih menyenangkan  dan memberikan sensasi berbeda.

Saat ini ada banyak produk konsol game populer baik yang berukuran cukup besar serta terpasang di rumah atau pun portable. Sehingga Anda dapat dengan mudah bermain game kapan pun tanpa repot dengan perangkat besar.

Meskipun begitu ada beberapa konsol yang mulai terlupakan dan tersingkir karena memiliki saingan seperti pc game dan mobile game.

Namun tak sedikit pula yang justru bertahan dan makin banyak yang memainkannya. Bahkan beberapa perusahaan justru mengeluarkan produk terbaru dengan kelebihan untuk menarik pengguna.

Game dengan menggunakan konsol kini dapat pual unutk memainkan  permainan pc atau pun android. Sehingga Anda tak perlu repot lagi menyentuh layar ponsel yang ukurannya cukup kecil.

Konsol hingga kini masih memiliki peminat dalam jumlah yang tak kalah banyak dengan pc atau pun mobile. Terdapat kelas atau gengsi tersendiri karena harganya pun cukup mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

Daftar Konsol

Nintendo Switch

Konsol yang satu ini pasti Anda kenal atau bahkan memilikinya juga. Merupakan konsol tipe hybrid yang mampu berfungsi sebagai handheld maupun home console.

Merupakan konsol yang portabel dengan daya tahan antara 4, 5 hingga 9 jam tergantung dari game yang Anda mainkan. Kelebihan lainnya adalah Anda dapat menghubungkannya ke layar televisi saatbermian di rumah.

Terdapat game yang khusus atau eksklusif rilis untuk konsol ini dan tak boleh Anda lewatkan. The Legend of Zelda : Breath of the Wild atau Animal Crossing : News Horizons bisa menjadi pilihan bermain.

And abisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 2 TB agar dapat lebih memiliki banyak game. Dengan terdapat kertu memori serta Anda bisa membelinya terpisah.

PlayStation 5

Konsol game populer ini merupakan seri terbaru yang memiliki ketajaman dan kecepatan yang lebih dari seri sebelumnya. Dengan kelebihan dari segi sistem juga mampu memainkan semua game pada Playstation 4.

Game yang terdapat pada library atau pun disc bisa Anda pindahkan ke dalam bentuk digital. Keunggulan lainnya adalah teknologi ultra high speed pada SSD yang membuat Anda tak merasakan saat waktu loading.

Bukan itu saja, pada PlayStation 5 ini juga memiliki tampilan grafis 8K yang lebih tajam dari pada seri sebelumnya. Seri ini merupakan yang paling banyak minati, hingga tak heran menantinya sangat tak sia-sia.

Nvidia Shield TVMedia

Konsol lainnya dari produsen grafis serta produk gaming yang terkenal adalah Nvidia Shield TVMedia. Telah terdapat controller serta penyimpanan sebesar 16 GB, akan tetapi dengan memanfaatkan GeForce Now taka akn cepat penuh.

Apalagi Anda dapat berlangganan cloud gaming dengan game berjenis AAA dan bermainsecara streaming. Sebuah pengalaman bermain game secra maksimal dengan media streaming.

Xbox Series X

Meskipun hadir dalam bentuk atau desain yang sederhana, akan tetapi jangan pernah meremehkannya. Memiliki sistem pendingin sehingga tak cepat panas saat sedang Anda gunakan.

Sengaja memilih desain kubus yang bertujuan agar memperlancar perputaran udara. Terdapat pula sebuah kipas yang sunyi agar Anda dapat tetap fokus bermain game.

Paad seri terbaru dari Xbox ini telah terdapat tombol share pada controllernya. Sehingga Anda dapat merekam permainan sekaligus mengambil tangkapan layar atau screenshoot.

Dengan fitur ini, Anda dapat membagikannya pada teman. Sebaliknya, Anda pun dapat menerima hasil atau karya dari teman lainnya.

Super NES Classic Edition

Konsol game populer yang satu ini mendapat predikat sebagai terbaik sepanjang masa. Merupakan generasi atau seri kedua dari Nintendo Electronic System.

Produk dari Nintendo ini tak pernah mengecewakan paar penggemarnya, terbukti dengan penjualan yang cukup tinggi. Pada konsol ini telah terdapat 21 game klasik yang bisa membuat Anda asyik bermain.

Selain bernostalgia dengan game klasik tersebut, terdapat pula star fox 2 yang khusus ada pada seri konsol ini. Game yang belum pernah dan tak akan Anda temukan pada platform mana pun.

Oculus Quest 2

Anda akan mendapat pengalaman bermain game dengan speaker built in serta teknologi 3D. Selain visual, suara atau audio pun akan mengikuti pergerakan Anda saat bermain game.

Apalagi visual tersebut bisa juga orang lain nikmati dengan membagikannya ke layar televisi. Sebelumnya Anda harus membiasakan diri dalam menggunakan VR sebelum memutuskan untuk memiliki konsol ini.

Kelebihan dan Kekurangan Dari Konsol

Bermain game saat ini memiliki banyak pilihan bukan hanya sekedar pada ponsel pintar saja. Bermain menggunakan pc, laptop atau justru konsol bisa sangat menyenangkan dan ketagihan.

Berbagai media atau pun perangkat yang ada tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. Begitu pula dengan konsol game populer, berikut ini kelebihan serta kekurangan yang ada.

Kelebihan :

  1. konsol membuat bermain game online multiplayer lebih mudah. Saat ini semua konsol telah menyediakan atau memberikan kemudahan saat ingin bermain bersama yang lain.
  2. Konsol atau game sengaja hadir untuk tujuan refreshing, mengisi waktu luang serta menghilangkan penat.
  3. Pada konsol game umumnya menggunakan sebuah joystick. Dengan demikian menjadi lebih optimal dari pada mouse pada game pc atau pun memencet layar.
  4. Lebih banyak game yang hadir untuk konsol dari pada pc, sehingga Anda memiliki banyak pilihan.
  5. Pada beberapa game multiplayer telah tersedia update secara otomatis seperti game GTA V.

Selain kelebihan, ada pula kekurangan dari konsol game populer yaitu :

  1. meskipun ada beberapa konsol terbaru yang memiliki grafis tajam, akan tetapi umumnya masih kalah dengan pc atau laptop. Karena pada pc Anda dapat mengatur pola grafis sesuai keinginan.
  2. Harga game konsol umumnya cukup mahal, sehingga Anda perlu mempertimbangkannya kembali. Seperti pada PlayStation 4 Non Jailbreak yang harga CD game nya antraa 200 hingga 500 ribu rupiah.
  3. Terdapat fitur atau konten yang harus dibeli agar dapat terbuka. Seperti DLC atau downloadable content, Anda harus membeli suatu konten agar dapat membuka fitur tertentu.
  4. Tak semua game dapat Anda mainkan pada konsol berbeda. Karena terdapat game yang hanya atau khusus untuk Anda mainkan pada konsol jenis tertentu saja.