Koptan Situ Hiang di Pangandaran Siapkan Lahan untuk Bawang Merah

Situ Hiang
Kelompok Tani Situ Hiang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, usai mengikuti sosialisasi Diseminasi Inovasi Teknologi Pembenihan Komoditas Bawang Merah, Kamis (10/06/2021). Foto : Enceng/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Koptan Situ Hiang di Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menyiapkan lahan seluas 1 hektar untuk program pembenihan bawang merah.

Agar rencana program tersebut berjalan sesuai harapan, anggota Kelompok Tani Situ Hiang mengikuti sosialisasi Diseminasi Inovasi Teknologi Pembenihan Komoditas Bawang Merah dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat, Kamis (10/06/2021).

Yanto Sudianto, pemateri dari BPTP Jawa Barat, memaparkan tentang tata cara menanam bawang merah kepada semua anggota kelompok. Bahkan, rencananya Jumat (11/06/2021) pagi akan langsung mempraktekannya.

Baca Juga : Produsen Tempe Tahu di Pangandaran Tak Mau Pakai Kedelai Lokal

“Besok pagi kita akan langsung mengaplikasikannya pada lahan yang sudah Kelompok Tani Situ Hiang siapkan. Lokasinya di Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan,” kata Yanto.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Enjen Rohjena berharap para petani, terutama petani yang tergabung dalam Koptan Situ Hiang bisa memahami, dan mengaplikasikannya di lapangan. Agar rencana program pembenihan bawang merah berjalan sesuai harapan.

“Dengan adanya program tersebut kami berharap bisa meningkatkan ekonomi para petani Desa Pangkalan khususnya, dan petani Kabupaten Pangandaran pada umumnya. Adapun lahan yang tersedia luasnya 1 hektar dengan benih sebanyak 1500 kilogram,” kata Enjen. (Cenk/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah