Korban Keracunan Kupat Tahu di Ciamis Terus Bertambah, PKM Penuh

Korban Keracunan Kupat Tahu di Ciamis
Korban keracunan kupat tahu memenuhi PKM Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Korban keracunan kupat tahu di Desa Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terus bertambah. Bahkan jumlah pasien keracunan kini memenuhi ruang perawatan di Puskesmas Cigayam sehingga sebagian pasien akan dialihkan ke puskesmas terdekat lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Yoyo mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan investigasi langsung ke lapangan terkait adanya kasus keracunan makanan warga Desa Pasawahan.

Baca juga: Diduga Keracunan Makanan, 25 Warga Banjaranyar Ciamis Masuk PKM

“Saat ini kami tengah melakukan pemeriksaan serta mengambil sampel makanan, dimana dari keterangan beberapa pasien, mereka hampir sama mengaku usai memakan jajanan yang sama yaitu kupat tahu. Maka dari itu petugas kami akan melakukan uji lab terhadap sampel makanan yang sudah kita amankan,” katanya, Rabu (02/05/2021).

Yoyo mengatakan, jumlah pasien yang masuk ke Puskesmas Cigayam saat ini masih terus bertambah.

“Semalam ada 25 pasien, dan sekarang bertambah menjadi 35 pasien. Kemungkinan sebagian pasien akan kita pindahkan ke puskesmas terdekat lainnya, seperti PKM Banjarsari dan PKM Pamarican,” katanya.

Pemindahan sebagian pasien korban keracunan kupat tahu ini, lanjut Yoyo, mengingat kapasitas PKM Cigayam sudah tidak muat untuk menampung pasien.

“Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, maka untuk menghindari terjadinya kerumunan kita lakukan pemindahan sebagian pasien. Yang dirawat di PKM kita sesuaikan dengan kapasitas tentunya dengan jumlah yang dibatasi,” terangnya. (Suherman/R7/HR-Online)

Editor: Ndu