KTM 250 Adventure Akan Segera Hadir, Motor Baru Rakitan Gresik

KTM 250 Adventure Akan Segera Hadir, Motor Baru Rakitan Gresik
Ilustrasi KTM 250 Adventure. Foto: Ist/Net

KTM 250 Adventure akan hadir dari rakitan Gresik. PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) sebagai distributor dari KTM di Indonesia. Nantinya yang akan mengenalkan tiga motor terbarunya. Ketiga motor tersebut rakitan lokal di Gresik, Jawa Timur.

Kabar tersebut yang disampaikan oleh President Director PT PJLM Kristianto Goenadi. Ketiganya berstatus CKD (Completely Knocked Down) atau rakitan secara lokal. Pabrik KTM di Gresik yang memproduksi sepeda motor dengan kapasitas mesinnya 400 cc ke bawah.

Baca Juga : KTM 1290 Super Adventure S, Spesifikasi Kendaraan Touring Petualang

Seperti Duke 200 cc, Duke 250 cc, RC 390 dan Duke 390 cc. Model pertamanya yang diproduksi secara lokal yaitu KTM 390 Adventure. Saat ini giliran sang adik 250 Adventure.

Desain KTM 250 Adventure

Sebenarnya KTM ini yang lebih dulu meluncur di Malaysia pada Desember 2020. Untuk segi penampilan, motor adventure ini memang terlihat sangat mirip dengan sang kakak yaitu KTM 390 Adventure.

Tetap menggunakan ciri khas utamanya, memiliki bagian lehernya yang panjang. Letak lampu utamanya tampak lebih menjorok jauh ke depan. Apabila mengukurnya dengan jarak antara tangki motornya. Tampak secara keseluruhan desainnya yang memang khas motor adventure Eropa.

Mulai dari desain bodi motor, lampu utamanya, dan rangka utama. Selain itu juga subframe, knalpot, sampai bagian velg motor KTM Adventure ini. Tampak serupa dengan sang kakaknya, namun ada sedikit berbeda.

Bagian headlamp atau lampu utama masih memakai bohlam biasa. Layaknya KTM Duke 250 yang belum lengkap dengan LED seperti 390 Adventure

Mesin

KTM ini menggunakan mesin dengan kapasitasnya 248,8 cc, 1 silinder 4 tak, DOHC, berpendingin cairan. Dengan girboks 6 kecepatan plus assist and slipper clutch. KTM Adventure ini memiliki tenaganya mencapai 22 kW.

Tenaga KTM 250 Adventure yang setara dengan 29,9 HP (metric). Sedangkan pada torsi maksimalnya sebesar 24 Nm.  Tenaga dan torsinya yang mantap pastinya. Hal ini mengingat bobot KTM Adventure ini hanya sekitar 156 kg.

Motor satu silinder 248,8 cc yang secara desain tampak mirip dengan kakaknya Adventure 390. Ternyata mesin ini sama penggunaannya di KTM 250 Duke. Selain itu juga Husqvarna Vitpilen 250 dan Husqvarna Svartpilen 250.

Baca Juga : KTM 390 Adventure, Mesin 4 Tak dengan Satu Silinder Kapasitas 373,2 cc

Meskipun KTM Adventure merupakan adik dari 390 Adventure. Namun ada banyak perbedaan pada kedua motor tersebut.

Spesifikasi

Berbeda dengan KTM 390 Adventure yang sudah menggunakan full LED di headlampnya. Bagian instrumen digital juga berbeda, pada versinya 250 menggunakan LCD biasa. Sedangkan pada versi 390 yang sudah TFT. Traction Control di KTM Adventure ini juga hilang. Tidak seperti versi kakaknya yang memiliki fitur tersebut.

Sistem suspensi depan KTM 250 Adventure yang masih menggunakan USD WP Apex 43mm. Namun tidak dapat menyesuaikan atau settingnya yang sesuai keinginan. Suspensi belakang monoshock WP Apex sudah memperoleh penyesuaian preload.

Suspensi KTM Adventure untuk depan dengan travel mencapai 170 mm. Sedangkan untuk suspensi belakangnya menggunakan monoshock dengan travel mencapai 177 mm.

Pada pengereman KTM ini dengan cakram depan 320mm dan belakang 230mm. Dengan menggunakan ABS dua channel Bosch 9.1 MB. Untuk urusan kaki kakinya, KTM Adventure ini dengan ban diameter 19 inci untuk depan. Sedangkan bagian belakang berukuran 17 inci.

Baca Juga : KTM 500 EXC-F 2020 Sudah Mengaspal, Motor Enduro yang Siap Melibas Medan ON-OFF

Rem cakram bagian depan belakangnya bermerk Bybre, yakni dari Brembo. Sektor transmisinya juga sudah menggunakan slipper clutch. Untuk membuat kopling dan perpindahan gigi motor yang lebih ringan dan mulus.

Model untuk profil ban yang dipakai pun layaknya motor adventure yang berkotak-kotak. Walaupun profilnya termasuk masih rapat, dengan velg model cast wheel. Kemudian, motor ini memang posisinya untuk lebih banyak digunakan di jalan aspal. Apabila dibandingkan dengan jalan off road.

Untuk kapasitas tangki BBM KTM 250 Adventure yang mencapai 14,5 liter. Kapasitas tersebut yang termasuk cukup besar. Untuk ukuran motor sekelas 250 cc dengan konfigurasi mesinnya 1 silinder. Dengan satu kali terisi penuh, motor ini bisa berkendara dengan jarak lebih dari 400 km.

Fitur

Mengenai fiturnya, cukup banyak fitur menarik yang hadir pada motor petualang dari pabrikan Austria ini. Salah satu hal yang menarik pada penggunaan speedometer full digital dengan desain barunya. Bukan hanya itu saja, lampu sein serta lampu belakang sudah terpasang jenis LED. Hanya yang membedakan memang lampu utama masih memakai bohlam biasa.

Motor KTM Adventure ini yang sudah lebih dulu meluncur di Malaysia. Harga yang dijual sekitar RM 21.500 atau sekitar Rp 74,4 juta.

Kini akan hadir KTM 250 Adventure rakitan lokal di Gresik, Jawa Timur. Tampak secara keseluruhan desainnya yang memang khas motor adventure Eropa. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto