Kulit Jeruk untuk Kecantikan, Mengatasi Komedo Hingga Penuaan Dini

Kulit Jeruk
Kulit jeruk untuk kecantikan, mengatasi komedo hingga penuaan dini. Foto: Net/Ist.

Kulit jeruk untuk kecantikan wajah yang ampuh mengatasi masalah komedo hingga penuaan dini. Seperti kita ketahui bahwa buah jeruk memiliki kandungan vitamin C tinggi dan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan, serta melawan penyakit.

Bahkan, bagian kulit jeruk yang biasanya kita buang juga mengandung nutrisi penting. Mengutip dari Times of India, nutrisi penting yang terkandung dalam kulit jeruk itu meliputi vitamin C, kalsium, folat, polifenol.

Kulit jeruk juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk membantu mengatasi masalah komedo, jerawat, mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari kulit buah jeruk bagi kecantikan. Seperti yang dilansir Mahargo, berikut ini ulasan lengkapnya.

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan Kulit

Menghilangkan Komedo

Baca Juga : Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan

Masker yang terbuat dari yogurt dan bubuk kulit jeruk dapat memberikan hasil luar biasa. Karena tidak cuma membuka pori-pori pada kulit wajah dengan menarik minyak berlebih dan kotoran keluar, tapi juga mampu mengurangi komedo pada wajah.

Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat kulit jeruk untuk kecantikan tidak hanya efektif mengatasi masalah komedo, tapi juga mampu mengurangi bekas luka secara signifikan.

Hal itu karena kulit buah yang satu ini memiliki sifat pemutih yang dapat bekerja untuk membantu mengatasi semua jenis noda di wajah dan menyamarkannya.

Mencerahkan Kulit Secara Alami

Tingginya kandungan asam sitrat dalam bubuk kulit jeruk yang membuatnya bermanfaat untuk mencerahkan kulit secara alami.

Baca Juga : Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah yang Cantik Alami

Untuk mendapatkan manfaatnya, bubuk kulit jeruk campurkan dengan sedikit air. Selanjutnya, gunakan ramuan tersebut sebagai masker wajah. Jika rutin menggunakannya, kamu bisa lihat perubahan yang terjadi pada kulit wajahmu.

Membuat Kulit Glowing Alami

Kulit jeruk untuk kecantikan salah satunya bisa kamu manfaatkan sebagai masker wajah. Dengan menggunakan masker wajah berbahan kulit jeruk, kulit wajah akan menjadi terlihat glowing.

Caranya, bubuk berbahan kulit jeruk ini aplikasikan dengan teratur ke bagian kulit wajah. Masker ini bisa membuat kulit wajah menjadi glowing secara alami. Bahkan, aromanya yang segar mampu membuat mood kita menjadi lebih ceria.

Melawan Penuaan

Manfaat kulit jeruk untuk kecantikan tak hanya mengatasi komedo atau membuat kulit menjadi cerah dan glowing alami, tapi juga mampu melawan penuaan.

Baca Juga : Keutamaan Masker Jeruk Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Kandungan antioksidan yang kuat dalam kulit jeruk dapat membantu mengatasi radikal bebas sebagai penyebab rusaknya sel-sel kulit yang sebelumnya sehat. Akibat paparan radikal bebas ini yang bisa menyebabkan kerutan serta pipi kendur.

Kulit jeruk mengandung kalsium yang tinggi sehingga sangat efektif melindungi kulit dari masalah penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaatnya, bubuk kulit jeruk masukkan ke dalam skincare yang kamu pakai.

Hal tersebut berfungsi untuk menjaga munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah. Dengan rutin memasukkan bahan alami tersebut ke dalam skincare harian mu, maka kulit wajah bisa terhindar dari munculnya masalah penuaan.

Mengurangi Peradangan

Sifat anti-inflamasinya menjadikan kulit jeruk sangat bermanfaat untuk membantu meredakan segala jenis peradangan.

Pasta berbahan serbuk kulit jeruk bisa kamu gunakan untuk mengatasi infeksi serta gatal-gatal akibat serangga maupun faktor lainnya.

Meremajakan Seluruh Tubuh

Manfaat dari kulit jeruk untuk kecantikan tidak selalu berfokus pada wajah saja, karena ternyata bermanfaat pula untuk meremajakan seluruh bagian tubuh.

Aroma jeruk yang lembut sangat menyegarkan sehingga bisa kamu gunakan untuk meremajakan seluruh tubuh. Cara mengaplikasikannya, bubuk kulit jeruk campurkan dengan air saat mandi. Kamu akan merasakan sensasinya yang menyegarkan tubuh sepanjang hari.

Mengembalikan Kilau Rambut

Kulit jeruk untuk kecantikan karena mengandung antioksidan yang bisa membantu mengembalikan kilau rambut. Jika kamu menerapkan cara ini pada bagian kulit kepala secara teratur, maka rambut pun selain berkilau juga akan membuat rambut terasa lembut.

Bahkan, kulit jeruk mampu mengendalikan rambut yang sebelumnya sulit diatur menjadi tampak berkilau secara alami dan hasilnya menakjubkan.

Itulah ulasan mengenai beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kulit jeruk. Selain menyehatkan, kulit buah tersebut juga sangat recommended. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah