Longsor di Tasikmalaya Rusak 2 Rumah, Penghuninya Mengungsi

Longsor di Tasikmalaya Rusak
Dua rumah rusak akibat longsor di Desa/Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Foto: Apip

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Longsor yang terjadi di Kampung Sayuran, RT 1, RW 1, Desa/Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat merusak dua rumah warga, Rabu (2/6/2021) pagi.

Salah satu rumah bahkan nyaris ambruk akibat tertimpa material longsor. Sementara itu, penghuni salah satu rumah terpaksa dievakuasi ke tempat saudaranya yang lebih aman.

Meskipun demikian, tidak ada korban jiwa akibat longsor di Tasikmalaya tersebut, penghuni rumah yang rusak berhasil menyelamatkan diri. Namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya mengatakan, kejadian longsor ini akibat hujan lebat sejak sore hingga malam hari. 

“Satu rumah yang rusak akibat longsor tersebut dihuni oleh 2 KK. Kemudian yang satu rumah terancam dihuni oleh 1 KK dan sudah dievakuasi ke rumah saudaranya,” ungkapnya di lokasi, Rabu (2/6/2021).

Lanjut Jembar, longsor terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, pihaknya mendapatkan laporan dari para relawan dan dari warga setempat.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini kita bersama Tim Gabungan dari TNI, Polisi, BPBD, Tagana, Dinas sosial, BTB, Baznas, perangkat desa dan dibantu warga kita membenahi rumah tersebut sama-sama,” ucapnya.

“Tidak ada korban jiwa semuanya selamat, yang terancam akibat longsoran ini hanya ada 2 rumah yang di bawah. namun di atasnya juga terancam 2 rumah,” sambungnya.

Sementara itu, penghuni rumah yang terancam longsor Sambas mengaku mendengar suara gemuruh. Saat itu ia bersama keluarganya langsung lari menyelamatkan diri.  

“Kami saat kejadian tersebut langsung keluar rumah. Bawa keluarga, Alhamdulillah bisa selamat,” kata Sambas. (Apip/R7/HR-Online)

Editor: Ndu