Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari yang Banyak Orang Belum Tahu

manfaat bangun pagi
Segudang manfaat bangun pagi. Foto: ist/Net

Manfaat bangun pagi tentunya sangat banyak. Namun, kebanyakan orang terutama mengaitkan keutamaan ini dengan ajaran agama yang normatif. Padahal bangun pagi juga sangat baik dari sisi kesehatan tubuh yang banyak orang belum tahu.

Untuk orang yang terbiasa bangun siang, bangun pagi memang terasa sulit. Apalagi kondisinya saat itu masih dingin sehingga lebih nyaman berada dalam dekapan bantal dan selimut.

Jika Anda selama ini belum terbiasa bangun pagi sebaiknya perlu mulai membiasakan bangun pagi dari sekarang. Karena ternyata bangun pagi banyak gunanya terutama untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Manfaat Bangun Pagi Setiap Hari

Tidak hanya berkaitan dengan manajemen waktu, bangun pagi setiap hari juga sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Berikut informasi selengkapnya tentang manfaat bangun pagi setiap hari yang perlu Anda tahu!

Menjadikan Mood Lebih Baik

Bangun lebih pagi diyakini dapat memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap mood selama satu hari penuh. Sebagai informasi, tubuh memiliki ritme sirkadian. Ritme sirkadian tubuh ini secara alami mengkondisikan tubuh untuk bangun ketika sinar matahari muncul, dan tidur ketika hari sudah mulai gelap.

Baca Juga : Malas Bangun Pagi Pertanda Orang Bahagia? Tapi Bisa Jadi Gejala Dysania

Nah, Anda yang bangun lebih pagi artinya sudah sinkron dengan ritme sirkadian tubuh. Sehingga tubuh dapat mensetting perasaan yang lebih baik, karena tidak perlu menyesuaikan lagi dengan ritme sirkadiannya.

Lebih Produktif

Pada pagi hari, otak masih fresh dan pastinya belum terdistraksi dengan banyak hal. Sehingga Anda bisa jauh lebih produktif ketika bangun lebih awal. Anda juga bisa berkonsentrasi lebih maksimal ketika bangun lebih pagi.

Khususnya untuk Anda yang bekerja di luar rumah, manfaat bangun pagi yang akan Anda sangat rasakan sangat banyak. Terutama adalah bisa mempersiapkan segala keperluan bekerja lebih baik. Sehingga tidak ada barang, perlengkapan atau berkas yang tertinggal.

Utamanya jika Anda adalah orang yang sering lupa, bangun lebih pagi adalah sebuah keharusan. Karena untuk meminimalisir keterlambatan dan potensi terdapatnya barang yang tertinggal.

Manajemen Waktu Lebih Baik

Karena bangun lebih awal, Anda bisa memanajemen waktu secara lebih baik. Setelah bangun tidur, Anda bisa langsung membagi waktu Anda untuk bekerja sampai sore harinya.

Baca Juga : Posisi Tidur Ini Bisa Bikin Anda Segar Saat Bangun Pagi

Dengan manfaat bangun pagi ini Anda tidak akan membuang-buang waktu. Karena akan lebih leluasa dalam mengelolanya dan waktu untuk bekerja menjadi lebih jelas.

Menariknya lagi ketika bangun lebih pagi otak dan badan jauh lebih semangat. Hal ini karena tubuh memang sudah terkonsentrasi untuk produktif sejak pagi.

Berbeda dengan sore hari yang energinya memang sudah cenderung berkurang sementara malam harinya tubuh sudah terkonsentrasi untuk istirahat.

Memiliki Waktu Untuk Olahraga

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan ketika bangun lebih awal adalah memiliki lebih banyak waktu melakukan aktivitas. Salah satunya untuk olahraga atau jalan santai.

Olahraga di pagi hari memberikan lebih banyak keuntungan, salah satunya menjadikan tubuh lebih siap bergerak dan lebih semangat.

Oleh sebab itu bagi, Anda yang punya aktivitas padat, pastikan Anda bangun lebih pagi. Sempatkan olahraga meski 5-10 menit saja karena dengan begitu tubuh Anda akan jauh lebih siap untuk bergerak. Selain itu, dengan olahraga sirkulasi darah ke seluruh tubuh juga akan jauh lebih lancar.

Baca Juga : Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Meningkatkan Potensi Sukses yang Lebih Besar

Sebuah studi menunjukkan bahwa, manfaat bangun pagi juga ada kaitannya dengan kesuksesan. Sejumlah penelitian menemukan fakta bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki potensi untuk melakukan aktivitas jauh lebih banyak.

Ini akan membuat banyaknya aktivitas yang bisa kita kerjakan. Sehingga akan lebih banyak pula hal yang berhasil kita selesaikan ketimbang mereka yang tidak bangun pagi.

Studi lain juga menunjukkan bahwa, orang-orang yang bangun lebih pagi memiliki kepribadian proaktif. Sehingga mereka akan lebih mudah mencapai target yang sudah ditetapkan.

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan dengan sistem kejar target, harus mengupayakan bangun lebih awal. INi penting untuk memanajemen waktu dan membuat diri Anda lebih proaktif.

Dengan bangun lebih pagi, Anda juga berpotensi memiliki banyak kesempatan dan waktu. Utamanya untuk menyelesaikan semua tanggung jawab pekerjaan yang memang harus Anda pikul.

Banyak sekali bukan manfaat bangun pagi untuk Anda? Oleh sebab itu, jangan remehkan bangun pagi. Pastikan Anda berusaha tidur atau istirahat lebih awal agar dapat bangun lebih pagi dari biasanya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah