Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Daun Kelor
Manfaat daun kelor untuk kecantikan. Foto: Net/Ist.

Manfaat daun kelor untuk kecantikan masih jarang diketahui oleh banyak orang. Daun kelor yang memiliki nama latin moringa oleifera kaya akan mineral dan vitamin. Bahkan, minyak, getah, kulit, biji, bunga hingga akarnya memiliki manfaat baik bagi kulit atau tubuh.

Oleh karena itulah, daun tersebut bisa digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit. Bagi kamu yang belum tahu mengenai manfaat daun kelor untuk perawatan wajah, langsung saja simak informasi berikut ini yang telah dirangkum harapanrakyat.com dari berbagai sumber.

5 Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Bagi kamu pemilik jenis kulit berminyak, pemakaian produk skincare yang mengandung daun kelor tentunya dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih.

Sifat antioksidan yang terkandung dalam daun kelor bisa membantu proses regenerasi kulit wajah. Bahkan, senyawa yang terdapat pada daun kelor juga mampu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Dengan begitu, produksi minyak berlebih bisa berkurang.

Baca Juga : Keampuhan Daun Kelor untuk Mencegah Penularan Covid-19

Membantu Mengurangi Tanda Penuaan

Manfaat daun kelor untuk kecantikan salah satunya membantu mengurangi tanda penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kelor bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit sebagai akibat dari radikal bebas.

Hal tersebut sangat penting lantaran terjadinya kerusakan akibat paparan radikal bebas bisa menyebabkan rusaknya jaringan kulit.

Kemudian, kandungan vitamin C dalam daun kelor juga dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang mati dan rusak. Begitu pula kandungan cytokinin pada daun tersebut bisa meningkatkan pertumbuhan sel kulit mati, serta mencegah kerusakan sel.

Menghidrasi Kulit

Dapat menghidrasi kulit menjadi salah satu manfaat daun kelor untuk wajah. Jika kamu memiliki kulit kering, maka daun kelor bisa melembabkannya. Kulit jadi lebih halus tanpa bersisik lagi.

Baca Juga : Daftar Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes, Penting Anda Ketahui!

Skincare dengan kandungan daun kelor kaya akan mineral, sehingga kulit yang sebelumnya kering dan kasar dapat teratasi.

Berkat adanya kandungan antioksidan, oleic acid, dan vitamin E dalam daun kelor yang membuatnya mampu menghidrasi kulit.

Mengurangi Jerawat dan Flek Hitam

Sifat anti-bacteria tinggi yang dapat membantu mencegah munculnya masalah jerawat pada kulit juga menjadi bagian dari manfaat daun kelor untuk kecantikan kulit wajah.

Selain jerawat, daun tersebut dapat membantu menghilangkan komedo, noda, bahkan flek hitam, sehingga wajah akan terlihat lebih bersih.

Masalah pori-pori besar pada wajah yang kerap menyumbat dan menyebabkan munculnya jerawat juga bisa kamu atasi dengan daun kelor. Karena, produksi kolagen akan meningkat sehingga pori-pori yang sebelumnya besar akan kembali mengecil.

Baca Juga : Manfaat Air Rebusan Daun Kelor Ampuh Cegah Kanker hingga Turunkan Kolesterol

Merawat Bibir

Daun kelor memiliki sifat melembabkan, karena itulah akan sangat baik jika kamu gunakan sebagai pelembab bibir yang kering. Kandungan senyawa dalam daun tersebut banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan serum bibir atau lip balm.

Terkadang bibir yang terasa kering hingga pecah-pecah bisa menimbulkan luka. Masalah ini juga dapat kamu atasi menggunakan serum bibir atau lip balm yang memiliki kandungan daun kelor. Sifat antiseptik dari daun kelor mampu membantu menyembuhkan luka pada bibir yang kering.

Itulah manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah yang wajib kamu ketahui. Biasanya produk skincare yang memiliki kandungan daun kelor akan cocok bagi semua jenis kulit. Jadi jangan ragu lagi untuk mencobanya ya! (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah