Manfaat Daun Serai untuk Diet dan Mengatasi Anemia

manfaat daun serai
Segudang manfaat daun serai. Foto: Ist/Net

Manfaat daun serai untuk kesehatan tubuh ternyata sangat besar. Bahkan herbal ini berkhasiat untuk diet menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, hingga mengatasi anemia. Cara menggunakannya juga mudah.

Bahan alami yang memiliki nama latin Cymbopogon citratus ini merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari Asia selatan terutama India dan Sri Lanka. Serai juga menjadi salah satu bahan alami yang penting untuk aneka masakan.

Tanaman serai yang populer juga dengan sebutan sereh ini sangat populer bagi masyarakat Asia, mulai dari Thailand, Vietnam, hingga Indonesia. Masakan Asia sering menggunakan daun ini untuk menyedapkan makanan.

Serai atau sereh merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak keunggulan. Selain untuk berbagai macam resep makanan, sereh juga merupakan bahan alami yang kaya akan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat daun serai karena kaya kandungan nutrisi. Seperti zat anti kanker, anti bakteri dan anti inflamasi dengan kandungan tinggi. Apalagi minyak atsirinya yang kaya zat aktif yang penting untuk pengobatan.

Tanaman ini mampu menghasilkan aroma khas yang menguatkan rasa pada masakan. Seperti yang ada pada lemon dan daun jeruk yang juga berguna menambah cita rasa dari masakan.

Baca Juga : Menanam Serai di Rumah, Cara Alami Hindari Gigitan Nyamuk

Beragam Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan

Serai ternyata sudah lama menjadi bagian penting dalam kegiatan adat istiadat seperti untuk menginang. Kebanyakan orang yang menginang mampu memiliki gigi yang kuat dan sehat.

Tanaman serai yang memiliki daun dan batang yang bermanfaat ini, baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja khasiatnya? Berikut ini beragam manfaat daun serai bagi kesehatan yang sebaiknya anda tahu.

Anti Kanker

Manfaat yang pertama dari daun sereh untuk kesehatan tubuh anda ini adalah sebagai salah satu bahan alami, dan bermanfaat untuk membantu mengatasi sel kanker dalam tubuh anda.

Sereh sangat bermanfaat untuk mempertahankan jaringan sel kanker baik yang ada pada tubuh anda, dan juga bisa berpotensi untuk membantu menyembuhkan kanker secara permanen dengan cara rutin meminum air rebusan dari sereh ini.

Baca Juga : Aroma Parfum Sesuai Zodiak, Maksimalkan Karakteristik Anda

Membersihkan Infeksi Bakteri dan Jamur

Manfaat daun serai juga dari kandungannya yang mampu untuk membersihkan infeksi jamur dan bakteri dari dalam tubuh anda. Dalam sereh terkandung zat antiseptik yang sangat berkhasiat.

Selain berguna untuk membantu detoksifikasi, herbal ini juga berkhasiat untuk menghilangkan infeksi akibat bakteri dan jamur. Baik yang menyerang bagian kulit maupun organ tubuh lainnya.

Anemia

Zat besi merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi tubuh agar tidak terjangkit penyakit anemia. Sebaiknya anda konsumsi sereh yang kaya akan kandungan zat besi alami dengan rutin dan tidak berlebihan.

Tanaman herbal ini juga terbukti bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit anemia secara efektif. Dengan menggunakan bahan alami ini tentunya bisa dengan sangat mudah untuk anda lakukan di rumah.

Baca Juga : Resep Minuman Bandrek Khas Bandung Nikmat, Berkhasiat Bagi Tubuh

Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun serai lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh adalah untuk menurunkan berat badan. Ini tentunya kabar yang baik bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkn berat badan.

Daun serai sangat baik untuk detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Cara kerja ini akan mampu memberikan efek diuretik yang bisa membantu melancarkan buang air besar.

Sehingga proses ini akan membantu mempercepat penurunan berat badan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh anda.

Menurunkan Kolesterol

Hal lainnya yang bisa anda dapatkan dari daun serai adalah untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh anda. Terlebih untuk anda yang senang makanan berlemak dan mengandung kolesterol.

Tanaman sereh kaya akan kandungan zat anti kolesterol dan anti aterosklerosis yang baik untuk oksidasi LDL dalam darah anda.

Dengan mengonsumsi herbal ini akan membantu mencegah terjadinya pembentukan plak pada saluran pembuluh darah secara alami dan sehat. Jadikan serai sebagai bumbu setiap masakan anda.

Dengan segudang manfaat daun serai untuk kesehatan ini anda bisa menjadikannya sebagai salah satu bahan alami yang anda konsumsi dalam masakan. Anda juga perlu memasukkan bumbu ini dalam menu diet sehat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah