Manfaat Jahe untuk Perawatan Kecantikan, Atasi Jerawat Hingga Iritasi

Manfaat Jahe
Manfaat jahe untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Foto: Net/Ist.

Manfaat jahe untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit wajah dari mulai mengatasi jerawat hingga masalah iritasi. Pasalnya, jahe mengandung senyawa antioksidan. Sangat baik untuk kesehatan dan juga sebagai bahan alami perawatan kecantikan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jahe untuk perawatan kecantikan.

5 Manfaat Jahe untuk Perawatan Kecantikan Kulit Wajah

Melawan Bakteri Penyebab Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang pada umumnya muncul di wajah. Senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam jahe bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat.

Baca Juga : Manfaat Jahe Merah yang Berkhasiat Atasi Pegal Linu Hingga Ejakulasi Dini

Selain itu, jahe juga bisa melawan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat, sekaligus membantunya supaya lebih cepat mengering.

Caranya, kamu cukup menghaluskan jahe, lalu campurkan dengan madu sebanyak dua sendok makan. Kemudian simpan dalam lemari es beberapa menit. Kalau sudah dingin, kamu tinggal oleskan campuran kedua bahan alami tersebut pada bagian wajah yang berjerawat.

Sebagai Scrub Alami untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat jahe untuk perawatan kecantikan yang berikutnya yaitu dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan tampak cerah.

Cara mengaplikasikan jahe sebagai scrub alami, cukup haluskan jahe dengan cara diparut. Setelah itu, oleskan dengan gerakan yang lembut ke permukaan kulit wajah.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Jahe, Salah Satunya Mencegah Kanker

Mengontrol Produksi Minyak di Wajah

Selain mengatasi jerawat dan mengangkat sel kulit mati, manfaat jahe untuk perawatan kecantikan salah satunya untuk mengontrol produksi minyak pada kulit wajah.

Karena, minyak berlebih yang ada di wajah menjadi salah satu penyebab munculnya masalah jerawat. Terlebih jika kulit wajah tercampur kotoran dan bakteri yang kemudian menjadi jerawat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba menggunakan jahe sebagai cara alami perawatan wajah tanpa khawatir kulit wajah jadi kering.

Memudarkan Flek Hitam pada Kulit Wajah

Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi masalah flek hitam pada kulit wajah yang mengganggu penampilanmu. Karena tak sedikit wanita yang tidak percaya diri gara-gara flek hitam yang muncul di wajah.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih untuk Sinusitis, Mengobati Tanpa Efek Samping

Apalagi jika flek hitam yang muncul pada bekas jerawat berupa bercak hitam sedikit kecoklatan. Meski tanpa perawatan laser, flek hitam yang muncul dapat kamu atasi dengan menggunakan jahe.

Caranya, cukup campurkan parutan jahe dengan teh hijau. Kemudian oleskan secara rutin pada bagian wajah yang terdapat flek hitam. Hasilnya, bercak-bercak hitam itu pun akan berangsur memudar.

Melembabkan Kulit Kering yang Rentan Iritasi

Manfaat jahe untuk perawatan kecantikan dapat melembabkan kulit wajah yang kering dan rentan mengalami iritasi. Hal itu karena jahe memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi.

Kedua senyawa tersebut mampu menenangkan kulit wajah yang kering dan rentan iritasi. Agar kelembaban kulit tetap terjaga, kamu bisa mencoba menggunakan jahe sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan jahe secara rutin dengan beberapa cara tersebut. Maka kamu pun akan terhindar dari masalah yang mengganggu kecantikan dan kesehatan kulit wajah. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah