Minggu, Desember 5, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Olahraga Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat olahraga secara rutin bagi kesehatan tubuh ternyata sangat besar. Lebih baik melakukannya dengan skala ringan dan sebentar namun teratur, ketimbang lama tapi sesekali saja.

Sesekali pasti anda pernah melihat atau ingin memiliki kebugaran tubuh yang baik seperti para olahragawan. Kesehatan fisik dan daya tahan tubuh para atlet sangat tinggi. Jarang terlihat mereka lesu atau lemah.

Hal ini karena mereka sering berlatih dan berolahraga untuk membantu menjaga kesehatan tubuhnya, sehingga menjadi lebih prima dan fit.

Olahraga ini sendiri memang memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kebugaran tubuh. Anda yang bukan seorang binaragawan atau atlet profesional, tentu saja tetap memerlukan olahraga secara teratur.

Namun, melakukan olahraga sebaiknya tidak hanya sesekali saja. Akan lebih optimal keutamaannya jika anda meluang waktu 20 hingga 30 menit setiap hari atau dua hari sekali.

Ini jauh lebih baik daripada berolahraga 1 hingga 2 jam namun beberapa bulan sekali. Hal ini karena aktivitas fisik yang rutin kita lakukan akan membuat sel tubuh dan aliran darah menjadi lancar dan tidak kaku.

Baca Juga : Manfaat Olahraga Skipping Untuk Kesehatan yang Bisa Anda Rasakan

Manfaat Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga sebaiknya anda jadwalkan sebagai salah satu kebutuhan penting untuk tubuh anda. Sehingga nantinya anda bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik dari aktivitas fisik ini.

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga secara rutin yang wajib anda tahu. Selain baik untuk meningkatkan kebugaran tubuh, melakukannya secara teratur akan memberikan efek yang lebih nyata untuk kesehatan.

Menyehatkan Jantung

Manfaat dari olahraga yang satu ini sangat penting untuk anda ketahui. Olahraga sangat baik untuk membantu anda memiliki kondisi jantung yang sehat.

Tentu saja ini sangat baik bagi anda agar terhindar dari kolesterol dan penyakit yang berhubungan dengan masalah kardiovaskular.

Dengan berolahraga akan membuat aliran darah menjadi normal serta kesehatan jantung anda menjadi lebih terjaga, dan bekerja secara lebih normal.

Baca Juga : Olahraga Sebelum Sarapan Bermanfaat untuk Program Diet

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Hal lainnya yang bisa menjadi manfaat jika melakukan olahraga secara rutin untuk kesehatan tubuh adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang anda miliki.

Dengan berolahraga yang terjadwal selain melancarkan aliran darah juga aliran oksigen ke dalam tubuh anda. Ini sangat baik agar metabolisme tubuh anda bisa lebih sehat dan kerja sistem otak akan lebih lancar.

Menormalkan Tekanan Darah

Yang terjadi jika tekanan darah anda terlalu tinggi, maka stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang akan bersiap mengintai anda. Begitu pula jika anda memiliki tekanan darah rendah.

Maka akan menjadikan kesehatan tubuh dan aktivitas anda menjadi lebih terganggu. Dengan olahraga, tekanan darah dalam tubuh akan lebih teratur dan normal. Selain itu, pembuluh darah menjadi lebih lancar sehingga resiko aterosklerosis dapat kita hindari.

Merampingkan Tubuh

Manfaat olahraga secara rutin selanjutnya yang bisa anda dapatkan adalah mampu merampingkan tubuh anda. Buat anda yang sedang melakukan diet menurunkan berat badan, wajib memasukkan olahraga dalam jadwal anda.

Baca Juga : Olahraga untuk Meninggikan Badan, Ini Jenis yang Efektif

Lemak-lemak jahat yang mengumpul pada bagian perut, paha, kaki dan lainnya bisa terbakar dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Hal ini karena ketika berolahraga maka yang terjadi tubuh akan lebih sering membakar kalori. Ini tentu saja akan mendukung sukses usaha anda dalam menjalankan program penurunan berat badan.

Menambah Tinggi Badan

Manfaat olahraga secara rutin yang tak kalah penting lainnya adalah mampu meninggikan badan. Bagi anda yang sering minder dengan kurangnya tinggi badan yang anda miliki, bisa anda atasi dengan sering melakukan olahraga yang baik dan juga teratur.

Berolahraga akan merangsang pertumbuhan pada otot tubuh anda. Sehingga nantinya tinggi tubuh anda akan ikut naik seiring dengan aktivitas olahraga yang anda lakukan.

Membakar Kalori dalam Tubuh

Berolahraga juga dapat membakar kalori berlebih pada bagian tubuh anda. Kalori yang berlebih ini jika berkumpul pada tubuh akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Obesitas tentu saja akan sangat merugikan kesehatan anda. Kegemukan yang berlebihan pada obesitas merupakan pemicu berbagai jenis penyakit yang mematikan. Karena itu penting melakukan olahraga secara teratur.

Demikianlah berbagai manfaat olahraga secara rutin untuk kesehatan dan mendukung program diet. Namun agar hasilnya optimal anda perlu membuat jadwal dan melakukannya secara teratur dan disiplin. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -