Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaGaya HidupManfaat Timun Suri Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat timun suri ternyata sangat besar, baik untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan tubuh. Selain mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh, buah ini juga kaya zat fitokimia yang baik untuk kulit wajah.

Timun suri merupakan salah satu jenis buah sayuran yang masuk dalam famili cucurbitaceae atau labu-labuan. Bentuk buah yang satu ini sangat mirip dengan mentimun agak besar, meskipun bukan jenis timun (cucumis sativus).

Meski bentuk buahnya memanjang seperti mentimun, namun mentimun suri bukan timun (cucumis sativus). Secara sitologi dan morfologi ia tidak sama dengan mentimun.

Buah ini populer juga dengan sebutan mentimun suri, timun betik, atau barteh. Buah ini justru lebih dekat dengan melon (C. melon) atau blewah. Apalagi bentuknya yang memanjang dan besar.

Karena itu pula buah ini juga banyak orang yang mengolahnya menjadi minuman penyegar untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang tinggi dan nutrisinya sangat baik untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Dalam buah ini terdapat kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Anda akan temukan zat-zat penting seperti kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, flavonoid, serat, dan saponin dalam buah timun suri ini.

Baca Juga : Selama Ramadan, Penjual Timun Suri di Ciamis Dapat Rejeki Melimpah

Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Rasanya yang enak dan menyegarkan memang membuat buah ini cocok sebagai minuman penghilang dahaga. Dengan berbagai kandungan nutrisinya, berikut berbagai manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh yang wajib anda tahu.

Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi tidak terpenuhinya pasokan darah yang penting untuk mengalirkannya ke seluruh tubuh. Akibatnya, penderita anemia akan sering mengalami pusing, lunglai, dan lemas.

Untuk memenuhi pasokan darah yang kita butuhkan, orang yang mengalami anemia perlu mengonsumsi makanan mengandung zat besi.

Salah satunya adalah mengonsumsi timun suri, karena terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Dengan begitu aliran darah yang terhambat karena tubuh kekurangan suplai oksigen akan teratasi. 

Baca Juga : Bulan Ramadhan, Penjual Timun Suri di Banjar Laris Manis

Membantu Menghidrasi Tubuh

Dengan kandungan airnya yang banyak membuat manfaat timun suri berguna untuk membantu tubuh memenuhi kebutuhan air. Ini berguna untuk dapat mencegah dehidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Oleh sebab itu, buah ini sangat cocok kita konsumsi ketika berbuka puasa dan sehabis berolahraga. Menyajikan buah ini bersama es batu juga sangat cocok.

Akan tetapi kalau setelah olahraga hindari mengonsumsi timun suri dengan es batu. Hal ini karena dapat mengakibatkan jantung berdetak lebih cepat dan pastinya tidak baik bagi kesehatan.

Timun suri juga mengandung kalium dalam jumlah yang cukup sehingga sangat bagus dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Sebagai Sumber Antioksidan

Manfaat timun suri yang selanjutnya adalah mengandung antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi. Antioksidan ini merupakan satu molekul yang dapat memperlambat proses oksidasi molekul lain dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel lebih cepat bagi tubuh.

Baca Juga : Buah Impor Mahal dan Langka di Pasar Manis Ciamis

Jenis antioksidan dan nutrisi penting yang bisa kita temukan dari buah timun suri antara lain seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, magnesium, mangan, kalium, dan juga silica.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi dalam timun suri, menjadikan buah ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan imun tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Keutamaan dan manfaat timun suri juga baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Buah ini juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang sangat ampuh dalam menjaga kesehatan tulang serta gigi.

Selain dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi, kandungan kalsium dalam timun suri juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan fungsi otot, jantung serta melancarkan sistem peredaran darah.

Sementara fosfor, memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan energi, mengurangi nyeri, menyaring racun pada ginjal serta memelihara jaringan sel dalam tubuh.

Oleh sebab itu, Anda yang sering nyeri sendi, perlu mengonsumsi timun suri untuk meringankan gejala dan dampak nyeri sendi yang Anda rasakan.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sebagaimana yang kita tahu bahwa salah satu penyebab masalah pencernaan terjadi adalah kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Seperti gangguan sembelit atau kesulitan buang air besar.

Nah, timun suri ini merupakan buah kaya kandungan air dan serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Untuk Anda yang sering mengalami sembelit wajib melancarkan sistem pencernaan dengan mengonsumsi buah ini secara rutin.

Itulah berbagai manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi secara rutin akan untuk mendapatkan banyak keutamaan untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar. (R11/HR-Online)

- Advertisment -