spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruManfaat Wudhu Bagi Kesehatan Beragam dan Pastinya Menguntungkan

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Beragam dan Pastinya Menguntungkan

- Advertisement -

Manfaat air wudhu bagi kesehatan nyatanya sangat beragam. Akan tetapi, banyak dari kita yang kurang paham, menyepelekan, atau bahkan malah belum mengetahuinya.

Bagi umat Islam, pastinya mereka sudah sangat akrab dengan wudhu. Karena dalam 1 x 24 jam, kita tidak bisa terlepas dari wudhu. Biasanya, kita wudhu ketika hendak melaksanakan sholat atau kegiatan yang lainnya.

Profesor Leopold mengatakan bahwa bagian tubuh yang harus dibasuh ketika berwudhu mempunyai jutaan sel saraf yang akan bereaksi.

Lebih-lebih lagi ketika siang, pagi, ataupun sore hari. Pada saat itu saraf yang terkena rangsangan air akan rileks sehingga membuat bahagia juga bersinar.

Beberapa Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan yang Menguntungkan

Karena mempunyai banyak manfaat, tidak ada salahnya juga jika Anda mencoba mengetahui. Supaya ketika berwudhu Anda juga bisa mendapatkan manfaat wudhu bagi kesehatan tersebut. Selain itu, juga supaya Anda bisa melakukan wudhu tersebut dengan baik juga benar. Pastinya juga sesuai dengan urutannya.

Wudhu untuk Ginjal

Bagaimana bisa manfaat wudhu bagi kesehatan ginjal, padahal ginjal bukan salah satu anggota tubuh yang harus terkena air ketika kita wudhu?

Memang iya, akan tetapi saking dahsyatnya wudhu itu bisa membantu untuk mengeluarkan toksin atau racun yang berada dalam ginjal.

Prosesnya itu terjadi ketika air bekas wudhu yang menyentuh kulit Anda, maka kelenjar keringat akan langsung menyedot toksin yang berada di dalam darah.

Lalu membuangnya melalui bulu-bulu halus yang tumbuh di kulit. Darah yang terkena basuhan air wudhu akan tertarik keluar kemudian disapu bersih oleh air wudhu yang berikutnya. Maa Syaa Allah banget, Maha Suci Allah atas segala kekuasaannya.

Membersihkan Hidung

Untuk manfaat wudhu bagi kesehatan yang satu ini, pastinya tidak asing jika Anda mendengarnya. Pasalnya, ketika kita berwudhu pun, hidung juga menjadi bagian anggota tubuh yang harus kita bersihkan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa anggota tubuh yang satu ini rentan untuk terkena ataupun kemasukan kotoran. Faktanya hidung itu bisa menyaring kotoran yang masuk karena di dalamnya terdapat bulu-bulu halus yang tumbuh.

Walaupun begitu, alangkah lebih baiknya juga jika Anda juga mencucinya. Dengan Anda mencuci, pastinya kotoran yang menempel pada bulu hidung akan terbuang. Sehingga hidung tetap sehat, bersih, dan terhindar dari kotoran.

Baik untuk Menstimulasi Saraf Pusat

Mengenai manfaat wudhu bagi kesehatan yang bagus untuk menstimulasi saraf pusat ini, seorang Profesor yang bernama Leopold Werner Von Ehrenfels dari Austria sudah membuktikannya. Ia mengatakan bahwa wudhu itu memiliki kedahsyatan yang tersendiri.

Tanpa kita sadari dan ketahui sebelumnya, ketika kita membasuh kaki, tangan, dan dahi bagian kanan itu bisa membangunkan syaraf dan mensimulasikannya pada tubuh. Allah memang Maha Segalanya diatas segalanya yang ada di dunia dan seluruh isinya. Allahu Akbar.

Membantu Mencegah Sakit pada Gigi dan Gusi

Ternyata air wudhu itu bisa menjaga kebersihan juga kesehatan mulut kita lho. Selain itu, wudhu juga bisa membebaskan mulut dari kerumunan kuman jahat plus menghindarkan dari serangan penyakit gigi bahkan gusi. Sudah tahu belum mengenai manfaat wudhu bagi kesehatan tersebut?

Kapan terjadinya proses tersebut? Ya, tepat sekali ketika berkumur yang menjadi proses pembersihan sisa-sisa makanan dalam mulut akan menjadi lebih sempurna. Alasannya adalah, air itu bisa menembus sela-sela dan gusi.

Menormalkan Detak Jantung

Kemudian faedah wudhu bagi kesehatan yang selanjutnya adalah membuat kenormalan jantung untuk berdetak lebih stabil. Hal ini juga sudah diteliti oleh Dokter Ahmad Syauqi yang memang ahli dalam penyakit jantung di London.

Membantu Menyembuhkan Insomnia

Insomnia merupakan salah satu masalah yang mengganggu kesehatan kita. Seharusnya kita menggunakan waktu untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Namun karena insomnia, waktu untuk istirahat berkurang.

Akan tetapi, manfaat wudhu bagi kesehatan bisa membantu untuk menyembuhkan insomnia. Caranya juga sangat mudah, sebelum tidur, alangkah lebih baiknya jika Anda wudhu terlebih dahulu. Hal tersebut juga amalan yang dilakukan oleh Baginda Rasul Muhammad SAW.

Membebaskan Dari Adanya Kuman Jahat

Kuman jahat yang ada dalam tubuh bisa berkembang di mana saja. Bahkan di atas bantal, kasur, dan sprei sekalipun. Oleh sebab itu, Anda tetap harus tetap menjaga juga mengontrol supaya tetap bersih.

Cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan wudhu. Faedah wudhu bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh adalah membebaskan dari kuman walaupun Anda sudah tertidur pulas. Nah, beberapa manfaat wudhu bagi kesehatan tersebut bisa membantu Anda lebih dekat kepada Allah.

- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -