Manfaatkan Lahan Tidur, Gapoktan Gereba Ciamis Panen Raya Jagung

Gapoktan Gereba CIamis
Petani Gapoktan Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis panen raya jagung. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bina Tani Mandiri Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar panen raya jagung. Panen digelar di tanah Titisara, komplek Lamesari, Dusun Nanggerang, Rabu (02/06/2021).

Hadir pada acara tersebut, PPL desa Gereba, BP3K Kecamatan Cipaku, petugas POPT dan Kelompok Tani se-Desa Gereba. 

Ketua Gapoktan Bina Tani Mandiri Desa Gereba, Kecamatan Cipaku Omon, melalui Kasi Pelayanan Desa Gereba Usman Ali, mengatakan, panen raya jagung yang dilaksanakan oleh Gapoktan Bina Tani Mandiri merupakan panen raya pertama kali. 

“Sebelumnya lahan titisara ini ditanami tanaman kacang, jadi ini pertama kalinya panen raya jagung,” katanya Rabu (2/6/2021).

Usman menjelaskan, tanah titisara yang yang awalnya tidak produktif dan tidak ada yang mengolahnya, kini menjadi lahan yang produktif. 

“Alhamdulillah dengan adanya motivasi dari Pemerintah Desa dan Gapoktan Bina Tani Mandiri, masyarakat desa Gereba melalui kelompok tani dapat mengolah lahan yang awalnya tidur tidak diberdayakan kini menjadi lahan produktif pencetak uang,” katanya. 

Sebelumnya lahan seluas 1,5 hektare semula dibiarkan. Namun setelah Gapoktan Bina Mandiri Gereba Ciamis menanami kacang maupun jagung bisa menjadi tambahan sumber pendapatan para petani. 

Usman tidak mau menyebutkan keuntungan yang diperoleh. Namun dengan menanam kacang dan tanaman jagung di tanah titisara, maka penghasilan para petani pun bertambah. 

“Mudah-mudahan saja, semua yang dilakukan oleh Gapoktan Bina Tani Mandiri menjadi motivasi terhadap masyarakat lainnya. Sehingga setiap lahan tidur dan tidak produktif yang dapat diberdayakan dan menjadi salah satu sumber pendapatan penghasilan para petani,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Editor: Ndu