Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat Melindungi Pada Hari Kiamat Kelak

Membaca Surat Al-Kahfi Di Hari Jumat
Ilustrasi Membaca Surat Al-Kahfi Di Hari Jumat. Foto: Ist/Net

Membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat memang menjadi amalan sunnah yang bisa menambahkan pahala. Bukan hanya itu saja, nantinya jika kita sudah bisa mengamalkannya dengan niat hanya karena Allah SWT, In Syaa Allah kita akan mendapatkan banyak kebaikan dan keuntungan. Membaca Surat Al-Kahfi juga menjadi amal baik yang ringan untuk diamalkan.

Surat Al-Kahfi merupakan surat yang ke 18 dalam Al-Quranul Kariim. Ayatnya terdiri dari 110 yang mempunyai arti Gua. Surat ini juga turun di Kota Mekkah. Perlu menjadi pengetahuan untuk Anda Al-Kahfi adalah salah satu surat yang turun di Mekkah namun diawali dengan Alhamdulillah.

baca juga: Kandungan Surat At-Tin Menjelaskan Perbuatan Manusia dan Balasannya

Beberapa Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Bagi Anda yang belum terbiasa mengamalkan amalan sunnah pada hari Jumat ini, mari bersama kita coba mulai dari sekarang. Nabi Muhammad SAW sendiri juga memerintahkan untuk para umatnya untuk membacanya setiap hari Jumat. Tak ada salahnya juga jika Anda mengetahui apa saja manfaat atau keutamaanya untuk kebaikan dunia juga akhirat.

baca juga: Kandungan Surat Al-Falaq Mengajarkan Kita untuk Menjauhi Sifat Hasad

Diterangi oleh Cahaya Diantara Dua Jumat

Keutamaan membaca Al-Kahfi saat Jumat yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga. Pasalnya saat ini sudah banyak yang menjadikan amalan ini untuk materi dakwah. Siapapun yang bisa membaca sepuluh ayat pertama dan terakhir dalam surat Al-Kahfi maka akan diterangi oleh cahaya pada dua Jumat. Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan hal yang demikian?

Dalam sebuah Hadits menjelaskan bahwa:

baca juga: Keutamaan Membaca Surat Yasin, Bisa Permudah Segala Urusan

Terhindar dari Adanya Fitnah Dajjal

Menghafal memang menjadi hal yang tidak mudah bagi semua orang. Namun dengan Anda membaca-bacanya terus-menerus, maka lama-lama akan menjadi terbiasa dan bisa hafal sendiri. Percaya ataupun tidak silakan Anda buktikan sendiri. Janji Allah itu selalu benar, jika kelak ketika akhir zaman itu datang, maka akan muncul Dajjal yang mengaku sebagai Tuhan.

Padahal dari sekarang kita itu paham jika Tuhan kita hanya Allah Ta’alla. Lantas mengapa ada Dajjal? Untuk menguji keimanan kita pastinya. Sudahkah kita menyiapkan bekal untuk menghadapi Dajjal kelak? Apakah teman karib, ibu, bapak, kakak, juga suami bisa menolong kita kelak ketika menghadapi Dajjal. Sungguh tidak ada yang akan peduli kecuali diri kita sendiri.

Namun, perlu anda ketahui juga, jika salah satu keutamaan membaca Surat Al-Kahfi hari Jumat bisa menjauhkan kita dari fitnah Dajjal. Hal ini juga terdapat dalam hadits riwayat Muslim yang mempunyai arti “Siapapun yang bisa menghafalkan sepuluh ayat pertama Surat Al-Kahfi maka kelak ia akan terlindung dari adanya fitnah Dajjal (HR. Muslim).

Mendapatkan Ampunan Dari Allah

Setiap insan pastinya tidak luput dari sebuah kesalahan. Begitulah pandainya setan dalam menjebak manusia untuk melakukan perbuatan dosa kepada Allah SWT. Salah satu tujuan mengapa setan selalu menggoda manusia adalah kelak ketika berada di neraka mereka mendapatkan teman. Mau? Naudzubillahi Mindzalik.

Untuk itu, pastinya setiap manusia harus bertaubat kepada Allah supaya terhindar dari siksa api neraka. Hari Jumat juga menjadi salah satu waktu terbaik untuk memohon ampunan kepada Allah. Selain memperbanyak membaca doa kita juga bisa membaca Al-Kahfi hari Jumat. 

Sebagaimana dalam bunyi hadits :

Terhindar dari Adanya Gangguan Syetan

Keutamaan membaca Al-Kahfi di hari Jumat juga menjadi anjuran dari Baginda Nabi supaya kita bisa terhindar dari godaan Syaitan. Setan memang selalu menjadi tantangan berat dalam kehidupan. Semoga dengan kita rutin dan ikhlas juga niat karena Allah Ta’alla ketika membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, kita bisa mendapatkan beberapa keutamaan tersebut. Allahumma Aamiin. (Muhafid/R6/HR-Online)