Membuat CV Pakai HP Mudah dan Cepat dengan Desain Menarik

membuat CV pakai HP
Ilustrasi membuat CV pakai HP. Foto: Ist/Net

Membuat CV pakai HP saat ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari kerja. Curriculum Vitae merupakan salah satu berkas yang paling penting dalam melamar pekerjaan.

Dengan berkas ini dapat mengantarkan para pelamar kerja untuk maju ke tahap seleksi berikutnya. Pada umumnya, setiap pelamar kerja akan mempersiapkan CV dengan matang bahkan jauh-jauh hari.

Hal ini bertujuan agar para rekruter tertarik pada saat membaca CV serta berpeluang besar untuk lolos ke tahap seleksi selanjutnya. Untuk menarik recruiter, para jobseeker akan memasukkan berbagai data diri, skill, pengalaman kerja serta desain yang terbaik.

Baca Juga : Cara Membuat Kontak Darurat pada HP Android Praktis dan Mudah

Akan tetapi tidak semua orang dapat berkesempatan membuat CV melalui perangkat komputer atau laptop. Seringkali CV harus dibuat dengan segera.

Maka sebagai alternatifnya, smartphone dapat menjadi salah satu perangkat yang dapat Anda manfaatkan dalam membuat CV. Karena lebih cepat, mudah serta hasilnya pun tidak kalah menarik.

Cara Membuat CV Pakai HP Mudah

Berikut ini beberapa cara membuat CV dengan memanfaatkan smartphone antara lain:

Melalui Aplikasi Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi desain yang cukup mudah untuk Anda gunakan. Selain itu, Canva dapat Anda gunakan melalui aplikasi ataupun browser pada komputer, laptop atau HP. Cara menggunakan aplikasi Canva untuk membuat CV pakai HP antara lain:

  • Sebelum menggunakan aplikasi Canva, buka aplikasi tersebut pada notes HP, kemudian tulis data diri, pengalaman, pendidikan serta skill yang Anda miliki.
  • Setelah semua informasi lengkap, kemudian buka web browser serta masuk dalam laman Canva.
  • Selanjutnya login atau sign up dan ketikkan curriculum Vitae pada tab search. Pilih layout CV yang sederhana.
  • Sesuaikan layout serta memasukkan foto yang sesuai untuk CV. Kemudian copy informasi dari notes ke dalam template CV
  • Anda juga dapat mengunggah foto dari smartphone serta menambahkan objek tambahan. Hasil desain akan secara otomatis tersimpan dalam bentuk draft serta langsung terunduh serta tersimpan pada smartphone Anda.

Resumaker

Pilihan aplikasi lain dalam proses membuat CV pakai HP adalah Resumaker. Aplikasi ini hanya dapat digunakan bagi para pengguna Android. Selain itu, Resumaker juga sangat mudah untuk membuat CV yang Anda perlukan. Berikut ini cara menggunakan CV dengan menggunakan Resumaker antara lain:

  • Langkah pertama unduh aplikasi Resumaker pada Google Play Store
  • Kemudian pilih menu Create CV atau Resume
  • Selanjutnya Anda dapat memilih template terlebih dahulu. Terdapat berbagai jenis template menarik yang dapat Anda pilih melalui aplikasi ini.
  • Langkah berikutnya Anda dapat mengisi data pribadi pada masing-masing menu yang telah disediakan.
  • Setelah melengkapi keseluruhan data, Anda dapat mengunduh CV tersebut dalam bentuk PDF.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat CV pakai HP dengan desain menarik tanpa memerlukan waktu yang lama. Selain itu, Anda juga tetap dapat mengatur layout, menambahkan objek baru sesuai dengan referensi serta memilih bentuk font.

CV Creator

Sama halnya dengan aplikasi sejenis lainnya, dalam CV Creator, pengguna dapat langsung memasukkan data diri.

Selanjutnya pengguna dapat memilih berbagai jenis template yang sangat menarik, profesional serta mempunyai desain yang keren. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus mendownload aplikasi terlebih dahulu. CV Creator tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

Intelligent CV

Pilihan aplikasi untuk membuat CV pakai HP selanjutnya adalah dengan menggunakan Intelligent CV. Dengan tampilan sederhana, maka Anda tidak akan merasa kebingungan dalam menggunakan aplikasi ini. Anda dapat mengganti ke bahasa Indonesia apabila Anda merasa kebingungan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Aplikasi ini hanya tersedia dalam versi Android. Untuk membuat CV melalui aplikasi ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengisi data-data yang diperlukan. Seperti identitas, pengalaman kerja, pendidik, keahlian serta referensi atau rujukan.

Baca Juga : Cara Membuat Email di HP Android, Apa Saja Manfaatnya?

Selanjutnya, Anda dapat memilih berbagai template yang tersedia. Kemudian unduh dokumen berformat PDF setelah Anda selesai menyusun CV Anda. Untuk menggunakan aplikasi Intelligent CV, Anda tidak perlu mendaftarkan email Anda.

Terdapat beragam kelebihan bagi Anda dalam membuat CV pakai HP. Anda dapat lebih menghemat waktu dalam mengatur format serta dalam proses mengedit. Selain itu, Anda pun akan memperoleh hasil yang memuaskan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto